Kulonprogo baru-baru ini menjadi primadona baru pariwisata di Jogja. Banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru yang mendadak viral dan hits di media sosial. Salah satunya adalah Air Terjun Curug Sidoharjo yang merupakan air terjun tertinggi di Kulonprogo di kawasan Perbukitan Menoreh. Panorama keindahan alam yang dimiliki air terjun dengan keunikannya ini menjadi daya tarik utama para wisatawan.

Obyek wisata ini masih dalam tahap pengembangan sehingga belum dikelola secara profesional oleh pemerintah maupun warga sekitar.

Sekilas Tentang Air Terjun Curug Sidoharjo

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dan hanya ramai dikunjungi ketika mulai pertengahan musim penghujan. Karena air yang mengalir dari ketinggian air terjun ini hanya mengalir ketika musim hujan dan akan kering ketika musim kemarau. Curug Sidoharjo memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan merupakan air terjun tertinggi di wilayah ini. Jika Anda naik ke sisi atas air terjun, pemandangan yang lebih indah dengan hamparan pemandangan yang lebih luas pun dapat terlihat dengan jelas. Anda pun bisa bermain sepuasnya di bawah aliran air terjun yang mengalir.

Hamparan hijau persawahan yang luas dengan background perbukitan di belakangnya menjadi perpaduan harmoni alam yang begitu mempesona. Berbagai macam jenis tanaman dan aneka bunga yang berwarna-warni pun tumbuh dengan sendirinya. Tebing-tebing yang tinggi dan menjulang indah dapat Anda lihat pada sisi kiri. Selain itu, terdapat pula saluran air yang berasal dari mata air yang sama dengan air terjun ini dan terlihat begitu jernih karena merupakan air tanah. Warga sekitar pun memanfaatkan air yang melimpah tersebut untuk irigasi dan kebutuhan sehari-hari.

Boleh lihat tempat wisata di jogja lainnya: Air Terjun LEPO Dlingo

Tips Berlibur di Lokasi Wisata

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin berlibur ke Air Terjun Curug Sidoharjo, di antaranya:

  • Gunakanlah alas kaki yang kuat dan nyaman seperti sepatu olahraga atau sandal gunung karena permukaan jalan setapak menuju lokasi tidak rata dan berbatu
  • Bawalah bekal makanan dan minuman karena penjual makanan masih jarang dan hanya terdapat penjual makanan ringan bernama regedheg yang merupakan daun pegagan yang digoreng dengan tepung
  • Datanglah ketika menjelang musim hujan dan ketika musim hujan tiba karena debit air di curug ini hanya maksimal ketika musim tersebut

Jika Ada ingin berlibur ke lokasi tersebut bersama teman, tidak perlu kawatir, kami menawarkan Anda jasa sewa mobil lepas kunci maupun lengkap dengan sopir dengan harga terjangkau.

Lokasi

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Curug Sidoharjo

Belum terdapat banyak fasilitas dan masih sangat minim sekali karena belum dikelola dengan baik. Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Warung makan yang menjual makanan ringan

Harga Tiket Masuk Air Terjun

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Cukup membayar biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Air Terjun Curug Sidoharjo ini buka setiap hari sehingga Anda bisa datang kapan saja baik di hari biasa maupun hari libur. Lokasinya yang cukup dekat dengan tempat-tempat wisata hits lainnya membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi dalam satu paket wisata murah ke jogja. Anda bisa mengajak teman-teman maupun keluarga untuk berlibur sambil melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari di sini.

Tempat wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang hobi berpetualang dan ingin merasakan nuansa alam yang masih sangat asri dengan udara yang sejuk. Segarnya air terjun yang mengalir langsung ke dalam tubuh seakan memberikan pijatan alami yang akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ketika berada di Air Terjun Curug Sidoharjo ini agar keasrian alamnya tetap terjaga.