Banyak sekali tempat main yang seru di Jogja. Salah satu tempat main yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung yang datang ke Jogja adalah Alun-Alun Utara. Alun-alun ini juga lebih dikenal dengan Alun-Alun Lor. Dalam bahasa Jawa, kata “lor” artinya adalah utara. Tentu saja alun-alun ini diberi nama seperti itu karena memang posisinya tepat di sebelah utara Keraton Yogyakarta.

Alun-Alun Lor tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat sekitar maupun wisatawan. Hal ini dikarenakan tempat ini menawarkan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Alun-Alun Lor tidak kalah terkenal dengan Alun-Alun Kidul yang berada pada bagian selatan Keraton Yogyakarta. Di bawah ini, akan disajikan informasi lengkap seputar alun-alun ini.

Lokasi, Akses Dan Harga Tiket Alun-Alun Utara

Letak dari Alun-Alun Lor ada di Jalan Alun-Alun Utara Ngupasan. Posisi alun-alun ini tepat di depan Keraton Yogyakarta. Hal ini dikarenakan alun-alun ini masih bagian dari Keraton Yogyakarta. Bahkan dulunya tempat ini hanya untuk pihak keraton. Namun sekarang Alun-Alun ini dibuka untuk umum. Siapapun oleh datang ke Alun-Alun Lor.

Akses menuju ke Alun-Alun Lor terbilang cukup mudah. Tempat ini hanya berjarak sekitar 200 meter dari Malioboro. Untuk bisa sampai ke sini, pengunjung bisa menggunakan jasa mobil sewa yang ada di Jogja. Hal ini akan memberikan kemudahan para pengunjung mendatangi beberapa titik lokasi wisata yang lainnya.

Tidak ada harga tiket yang harus dibayarkan oleh para pengunjung yang datang ke Alun-Alun Lor. Alun-Alun ini sudah menjadi sarana gratis untuk publik. Jadi, alun-alun ini merupakan destinasi liburan gratis yang ada di Jogja. Hanya saja, di sini ada banyak pedagang dan juga beberapa wahana. Untuk membeli dagangan pedagang di sini dan naik ke wahana, pengunjung harus tetap membawa uang.

Sejarah Tentang Alun-Alun Utara

Sejarah tentang Alun-Alun Lor tidak bisa dipisahkan dari sejarah Keraton Yogyakarta. Hal ini dikarenakan Alun-Alun Lor adalah bagian dari keraton. Pada zaman dahulu, alun-alun bagian utara ini dibuat untuk ajang pertunjukan bagi para prajurit keraton. Di lapangan yang luas inilah, para prajurit keraton menunjukkan kebolehannya di depan raja.

Awalnya, tidak ada yang boleh masuk ke wilayah alun-alun ini selain yang berkepentingan. Kawasan ini pun dijaga ketat oleh pihak prajurit keraton. Namun sekarang, alun-alun ini sudah bebas dimasuki oleh siapapun. Tempat ini telah menjadi arena publik yang sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Alun-Alun Utara

Tidak mau kalah dengan alun-alun pada bagian selatan, alun-alun ini menawarkan banyak hal bagi para pengunjung yang datang. Setidaknya ada 7 kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh wisatawan atau masyarakat yang datang ke sini. Penasaran apa saja kegiatan seru tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Berwisata Kuliner

Ada banyak sekali penjual makanan yang ada di alun-alun ini. Makanan yang dijual rata-rata adalah makanan khas Jogja. Harga dari makanan-makanan ini juga sangat ringan di kantong. Jadi sayang sekali jika pengunjung sudah berada di alun-alun namun lupa untuk berwisata kuliner. Di sini pengunjung bisa membeli gudeg, oseng-oseng teri dan banyak jajanan yang lainnya.

2. Melihat Pasar Malam

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, tidak hanya bisa dilakukan pada saat siang hari. Bahkan tempat ini jauh lebih ramai jika malam hari. Para pengunjung bisa melihat pasar malam. Ada banyak sekali wahana hiburan yang bisa dicoba di pasar malam alun-alun ini. Wahana-wahana ini juga bisa dicoba dengan harga yang murah, dijamin sangat menyenangkan dan tentunya aman di kantong.

3. Berolahraga Bersama

Datang pada saat pagi dan sore ke alun-alun ini juga merupakan ide yang bagus. Pada saat pagi hari dan sore hari, ada banyak masyarakat yang berolahraga di sini. Para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga yang menyehatkan. Olahraga yang biasa dilakukan di sini adalah senam dan lari memutari alun-alun. Banyak juga warga lokal yang berolahraga di kawasan ini pada saat pagi.

4. Naik Sepeda Santai

Naik sepeda dengan santai adalah aktivitas yang sangat direkomendasikan saat berada di Alun-Alun Lor. Pengunjung bisa menyewa sepeda yang tidak jauh dari kawasan alun-alun. Kegiatan bersepeda ini juga sangat seru jika dilakukan bersama teman-teman. Namun pengunjung yang bersepeda tetap harus berhati-hati karena kawasan ini selalu ramai.

5. Melihat Konser Musik

Ada beberapa konser musik yang digelar di tempat ini. Konser-konser ini diadakan oleh band-band lokal dan terkadang band-band papan atas. Tentu saja hal ini sangat dinantikan oleh para wisatawan yang masih muda dan hobi dengan musik. Konser musik ini biasanya diadakan saat malam hari.

6. Berfoto Ria

Jangan lupa untuk membawa kamera yang bagus saat ke tempat ini. Alun-alun adalah tempat yang pas untuk berfoto ria. Ada banyak spot unik yang bisa dijadikan latar belakang yang menarik. Bagi pengunjung yang hobi dengan posting foto di media sosial, hal ini tentu akan sangat menyenangkan.

7. Menyaksikan Pertunjukan Seni Budaya

Jogja adalah kota budaya yang sudah terkenal di dunia internasional. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya yang ada di Jogja adalah alun-alun bagian utara. Tempat ini selalu dijadikan pertunjukan seni budaya para seniman Jogja. Jika pertunjukan seni sedang berlangsung, maka animo masyarakat dan pengunjung sangat besar. Pertunjukan-pertunjukan ini tidak pernah sepi.

Wisatawan bisa melakukan semua kegiatan seru yang ada di atas jika berkunjung ke Alun-Alun Lor. Semua kegiatan ini membuat para pengunjung selalu merasa betah. Namun agar kegiatan wisata jauh lebih lancar, ada beberapa tips yang bisa dikerjakan.

Tips Jalan-Jalan Ke Alun-Alun Utara

Ada 3 tips bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Alun-Alun Lor. Apa saja tips-tipsnya? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Ajak Teman Dan Keluarga

Jika memungkinkan, sebaiknya ajak teman-teman dan keluarga saat berlibur ke sini. Tempat ini adalah tempat yang seru untuk berkumpul bersama keluarga. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama.

2. Kunjungi Tempat Wisata Di Sekitar Alun-Alun

Ada banyak tempat wisata seru yang ada di sekitar alun-alun ini seperti Museum Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Malioboro dan banyak lagi yang lainnya. Semua tempat wisata ini tidak kalah serunya dengan alun-alun. Jadi para wisatawan juga wajib untuk berkunjung.

Lihat selengkapnya tentang : Museum Vredeburg, Keraton Yogyakarta dan Malioboro

3. Jaga Barang Bawaan Dengan Baik

Sebenarnya tempat ini tergolong aman, akan tetapi karena kawasan yang ramai, pastikan barang-barang bawaan dijaga dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bisa jadi, barang-barang akan tercecer atau malah diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Semua informasi tentang Alun-Alun Utara di atas, tentu sangat berguna bagi siapa saja yang ingin main ke Jogja. Alun-alun adalah tempat main seru yang tidak boleh dilewatkan. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang sedang ingin main ke Jogja.