Meningkatnya minat wisata di era sekarang ini, mendorong bermunculannya tempat-tempat wisata baru yang dibuat dengan konsep untuk spot foto. Sangat mudah sekali untuk menemukan tempat wisata baru dengan spot foto yang instagramable karena biasanya akan lebih sering bermunculan di media sosial.  Salah satu tempat wisata yang cukup menarik dijadikan tempat hunting foto adalah Bukit Klangon Merapi.

Bukit ini bisa menjadi alternatif pilihan paket wisata bersama tempat wisata lainnya di kawasan lereng Merapi. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan ketika berlibur ke sini. 

Sekilas Tentang Bukit Klangon Merapi

Salah satu tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo. Namun, netizen dan masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Bukit Klangon Merapi. Dalam pengembangannya, wisata minat khusus ini mendapatkan donasi dari Rotary International dan dibuka untuk umum pada tahun 2011. Donasi tersebut kemudian digunakan untuk mengembangkan fasilitas yang ada di kawasan ini.

Selain mendapat dukungan dari organisasi internasional, bukit yang dibuka setelah erupsi Merapi ini juga didukung oleh pemerintah setempat dalam pengelolaannya. Salah satunya dengan pengembangan lahan parkir yang luas dan adanya spot-spot yang digunakan untuk menikmati panorama keindahan di sekitar bukit. Spot-spot foto menarik pun bisa ditemukan di sini. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja 2 hari.

Tiket masuk Bukit Klangon Merapi

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan

Selain melihat keindahan pemandangan di sekitar bukit ini, Anda pun bisa memanfaatkan beberapa spot menarik untuk berfoto seperti berikut ini:

  1. Berfoto di spot instagramable gardu pandang rotary yang memiliki tinggi mencapai 5 meter dengan latar belakang Gunung Merapi yang terlihat begitu gagah dan terasa begitu dekat karena hanya berjarak 4 kilometer saja
  2. Menikmati keindahan sunrise dengan suasana yang sejuk dan asri serta pemandangan hijau pepohonan di sekitar yang menambah daya tarik wisata di tempat ini
  3. Memacu adrenalin dengan mencoba trek downhill dengan panjang trek yang bisa dilewati sekitar 20 km dengan tinggi elevasi start dan finish kurang lebih 300 meter serta waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Lokasi Bukit Klangon Merapi

Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Lihat: Google Map

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini dengan keluarga, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil innova reborn jogja lepas kunci atau dengan supir.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Klangon

Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa Anda memanfaatkan ketika berkunjung ke Bukit Klangon Merapi:

  • Area parkir
  • Gardu pandang yang terbuat dari kayu dan bambu
  • Spot foto menarik
  • Warung makan
  • Camping ground
  • Kamar mandi
  • Mushola

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk Bukit Klangon Merapi adalah gratis alias tidak ada dan Anda cukup membayar biaya parkir dengan rincian sebagai berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Untuk membantu mengembangkan wisata ini, Anda bisa mengisi kotak sumbangan yang disediakan seikhlasnya. Bagi Anda yang ingin mencoba trek downhill, Anda cukup membayar Rp 15.000,00 dan Rp 15.000,00 untuk pemandunya. Bukit ini juga sering mengadakan event kejuaraan sepeda untuk tingkat regional maupun nasional. Bahkan, Bukit Klangon Merapi dinobatkan sebagai satu-satunya lintasan sirkuit downhill di Provinsi Yogyakarta.

Jangan lewatkan wisata alam negeri di atas awan: Gunung Ireng

Bukit yang juga menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia menghadapi penjajah ini menjadi alasan dikibarkannya merah putih di atas tulisan besar ‘Klangon’. Bukit Klangon Merapi yang menjadi tempat tertinggi di lereng Merapi yang masih dihuni warga ini bisa menjadi alternatif pilihan destinasi wisata untuk hari libur Anda. Berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini menambah daya tarik tempat wisata yang berada di lingkungan yang udaranya sejuk ini. Tak perlu ragu untuk datang ke Bukit Klangon Merapi bersama teman-teman dan keluarga dan nikmati setiap sudut keindahan yang ada.