Yogyakarta dan wilayah sekitarnya seolah tidak bisa dipisahkan dari wisata candi. Terdapat banyak sekali candi dengan corak peninggalan agama Budha ataupun Hindu yang sekarang ini dijadikan sebagai tempat wisata. Ukurannya sendiri mulai yang kecil sampai dengan ukuran besar, bahkan menjadi yang terbesar di dunia. Salah satu candi unik yang ada di Yogyakarta yaitu Candi Abang Kalasan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Candi Abang Yogyakarta, Anda bisa menyimak beberapa hal yang berkaitan dengan candi ini.

Sekilas Tentang Candi Abang

Candi Abang Prambanan adalah candi peninggalan dari agama Hindu. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya Yoni yang memiliki arti tertentu bagi agama Hindu. Candi ini cukup unik karena letaknya yang berada di perbukitan, walaupun tidak setinggi Candi Ijo dan Ratu Boko. Berdasarkan kepercayaan dari agama Hindu, suatu tempat yang tinggi adalah tempat suci, tempat bersemayam para dewa. Oleh karena itu, candi ini dibangun di atas bukit.

Saat ini Candi Abang Jogja sudah berupa reruntuhan di mana sudah tidak dapat dipugar layaknya candi yang lain. Reruntuhan candi inipun membentuk suatu gundukan dari material yang tersisa. Dari gundukan yang cukup.tinggi ini terbentuk bukit kecil yang akan tertutup rerumputan hijau ketika musim hujan tiba. Gundukan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berkunjung ke candi ini.

Lihat tempat wisata di jogja bersejarah lainnya: Candi Banyunibo

Sejarah Candi Abang

Nama Candi Abang jika diartikan dalam bahasa Jawa memiliki arti merah. Pengambilan nama ini didasarkan pada materialnya yang berupa batu bata merah atau batu merah. Materialnya ini memang warnanya merah bata dan membuatnya menjadi candi yang unik karena satu-satunya candi di Yogyakarta yang menggunakan material tersebut. Material ini sendiri biasanya digunakan pada candi yang ada di luar Yogyakarta, misalnya saja candi di Jawa Timur.

Masyarakat setempat percaya akan mitos dari Candi Abang Kalasan di mana candi ini konon dijaga oleh penunggu, sehingga candi ini dan sekitarnya selalu aman dari ancaman apapun. Penunggunya ini bernama Kyai Jagal dengan tubuhnya yang besar serta berambut panjang. Menurut beberapa kesaksian bahkan di reruntuhan candi ini ada sebongkah emas yang ukurannya sebesar anak kerbau. Namun hal tersebut hanya menjadi mitos karena tidak ada yang berani membuktikannya.

Alamat dan Rute Lokasi


Candi Abang Prambanan berada di Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sendiri ada di sisi timur Kota Yogyakarta dan di atas bukit yang memiliki pemandangan indah dengan ditumbuhi pepohonan lebat. Jika Cajdi Ijo memang terletak di perbukitan dengan dataran yang tinggi, maka berbeda dengan Candi Abang yang terletak di dataran rendah tetapi ada di bukit kecil menjulang.

Jika Anda ingin lebih mudah mencapai lokasi ini, bisa menggunakan sewa mobil Jogja. Anda bisa memilih sewa mobil plus driver untuk diantar langsung ke lokasi. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung mencari keberadaan Candi ini.

Foto Candi Abang

Fasilitas yang Tersedia

  1. Tempat parkir
  2. Toilet
  3. Papan Informasi Sejarah Candi

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, Anda perlu membayar biaya untuk tiket masuk candi Abang. Kemudian jika Anda juga membawa kendaraan pribadi, maka Anda perlu membayar biaya parkir kendaraan. Biaya sendiri bisa dikatakan masih terjangkau untuk semua kalangan. Beikut ini daftar tarifnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Ketika berada di sana, Anda bisa menaiki gundukan yang ada sampai dengan puncak untuk melihat pemandangan sekitar. Pemandangannya sendiri masih didominasi dengan sawah dan kadangkala apabila Anda beruntung, Anda bisa melihat gagahnya Gunung Merapi walau hanya dari atas gundukan yang ada di Candi ini, tempat wisata bersejarah ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan Candi Abang Jogja yang mungkin perlu Anda ketahui. Dengan informasi tersebut, semoga dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi tentang obyek wisata ini. Bagi Anda yang sedang berada di Yogyakarta jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke sini bersama dengan keluarga atau teman.