Kawasan Jawa Tengah memang kaya akan candi, khususnya daerah Magelang. Ada 3 candi yang terkenal di Magelang yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon. Candi Pawon adalah candi yang terkenal dengan keunikan reliefnya. Wisatawan yang datang ke Borobudur biasanya selalu menyempatkan singgah ke candi yang satu ini.

Ukuran Pawon memang lebih kecil daripada Borobudur. Namun candi yang satu ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Candi ini menjadi salah satu bukti sejarah kerajaan era dinasti syailendra. Selain itu, candi ini juga memberikan banyak gambaran kehidupan pada zaman kerajaan. Berikut akan disajikan informasi-informasi penting mengenai candi yang satu ini:

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Candi Pawon

Candi ini berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Posisi candi ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Candi Borobudur dan Candi Mendut.  Bahkan letak ketiga candi ini masih sejajar. Ini artinya, dalam 1 kunjungan saja wisatawan sudah bisa mengunjungi 3 candi sekaligus. Hal ini tentu akan sangat menarik sekali.

Akses menuju tempat ini sebenarnya cukup mudah. Namun, sebaiknya para wisatawan menggunakan jasa sewa mobil. Dengan menggunakan jasa sewa mobil, para wisatawan akan jauh lebih mudah menjangkau kawasan ini dengan cepat. Wisatawan akan kesulitan jika harus menggunakan transportasi umum.

Jam buka candi ini dimulai dari jam 09.00 hingga jam 17.30 WIB. Pengunjung tidak boleh memasuki kompleks candi ketika malam hari. Harga tiket masuk ke candi ini juga tidak mahal. Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 7000.-. Harga ini juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola candi.  Namun tentunya harga ini masih terbilang sangat murah.

Daya Tarik Candi Pawon Bagi Wisatawan

Candi yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik inilah yang membuat banyak para pengunjung yang merasa penasaran. Apa saja daya tarik yang ada pada candi ini? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Memiliki Relief Yang Tidak Biasa

Daya tarik yang pertama dari candi ini adalah relief yang ada pada sisi-sisi dindingnya. Relief yang ada pada sisi dinding-dinding ini sangat unik dan berbeda. Gambar relief didominasi makhluk berbentuk burung namun memiliki kepala seperti manusia. Tentu saja bentuk ini sangat unik dan juga memancing rasa penasaran. Semu relief ini seakan mempunyai makna-makna tersendiri.

2. Memiliki Celah

Pada umumnya bangunan candi adalah bangunan yang tertutup. Namun berbeda dengan candi yang satu ini. Candi ini justru memiliki celah besar. Celah ini berupa pintu masuk dan juga ventilasi. Hal ini jelas sangat tidak lazim bagi sebuah candi. Celah-celah ini merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Candi Pawon.

Jangan bilang pernah ke Jogja kalau belum pernah mengunjungi : Candi Prambanan

3. Bisa Masuk Kedalamnya

Candi adalah ruangan yang biasanya tertutup dan tidak bisa dimasuki. Namun hal ini tidak berlaku untuk candi yang satu ini. Para pengunjung bisa masuk ke dalam candi melalui bagian celah pintu depan. Celah ini besar dan bisa dimasuki oleh orang dewasa. Dari bagian dalam candi, ada banyak relief yang berbeda dengan bagian sisi luarnya. Hal ini yang membuat candi ini beda dari yang lainnya.

4. Sarat Akan Cerita Sejarah

Bangunan candi ini sarat akan cerita sejarah. Ada banyak cerita sejarah yang terkait dengan candi ini. Semua cerita ini adalah cerita yang berkaitan dengan era zaman kerjaan budha di Indonesia. Hingga saat ini, para ahli masih terus menggali cerita-cerita sejarah yang berkaitan dengan candi yang ada di kawasan Magelang, khususnya Desa Borobudur.

5. Penuh Dengan Misteri

Bisa dikatakan jika candi yang satu ini sangat penuh dengan misteri. Banyak mitos-mitos yang juga beredar di kawasan candi. Misteri yang menyelimuti candi ini seputar tentang apa sebenarnya tujuan utama candi ini dibuat. Apakah benar candi ini hanya digunakan untuk menyimpan abu jenazah para raja atau berfungsi untuk hal yang lainnya. Dalam hal ini, ada banyak peneliti yang datang ke Indonesia karena merasa penasaran.

Semua daya tarik yang ada di atas, rasanya cukup untuk membuat banyak orang merasa tertarik untuk mengunjungi candi ini. Apalagi di kawasan Candi Pawon, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pengunjung. Kegiatan-kegiatan ini, adalah kegiatan seru yang tidak boleh dilewatkan.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Kawasan Candi Pawon

Siapa bilang jika berwisata ke candi itu membosankan? Faktanya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di kawasan candi ini. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh pengunjung anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Berikut ini kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika berada disini:

1. Melihat Relief  Candi

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah melihat relief candi. Relief candi yang ada di tempat ini sangat unik dan sayang jika dilewatkan. Ada banyak sekali ukiran bagus yang akan membuat para wisatawan merasa penasaran. Biasanya ketika baru sampai ke kawasan candi ini, hal inilah yang pertama kali dilakukan para wisatawan. Bagi yang menyukai wisata candi, bahkan hal ini bisa menyita banyak waktu.

2. Keliling Desa Borobudur

Kawasan candi ini adalah kawasan Desa Borobudur. Desa Borobudur dikenal dengan penduduk desanya yang ramah. Pemandangan alam di desa ini juga sangat bagus dan asri. Para pengunjung bisa berkeliling Desa Borobudur. Kegiatan yang satu ini juga merupakan kegiatan menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga dan teman-teman. Berkeliling desa ini bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

3. Naik Andong

Wisatawan yang datang juga bisa menjumpai andong. Andong adalah kendaraan yang ditarik dengan menggunakan kuda. Di areal ini, para pengunjung yang datang bisa keliling kawasan candi dengan naik andong. Biasanya kegiatan seperti ini sangat disenangi oleh anak-anak. Orangtua bisa mendampingi anak-anak keliling kompleks candi dengan menggunakan andong.

4. Berfoto Ria

Jangan lupa siapkan kamera terbaik saat mengunjungi tempat yang satu ini. Pasalnya, tempat yang satu ini sangat bagus dan wajib diabadikan lewat bidikan kamera. Kegiatan berfoto ria juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Ada banyak wisatawan yang menghabiskan waktu yang lama hanya untuk sekedar berfoto. Dengan latar belakang candi yang unik, dijamin hasil foto yang jadi akan sangat bagus.

5. Bersantai Menikmati Pemandangan

Duduk bersantai sambil menikmati pemandangan juga merupakan ide yang bagus. Pemandangan yang ada di tempat ini sangat bagus sekali. Pemandangan ini memukau karena kawasan ini berada di dataran tinggi. Sehingga para wisatawan bisa melihat pemandangan dari ketinggian. Kegiatan ini sangat bagus jika dilakukan bersama keluarga.

Itulah informasi penting seputar Candi Pawon. Jika datang ke sini, sebaiknya kunjungi juga Candi Borobudur. Nah untuk ke Candi Borobudur sebaiknya anda menggunakan paket tour Jogja 2 hari 1 malam bersama sewamobiljogja.id. Selain bisa mengunjungi Candi Borobudur anda juga bisa pergi ke beberapa objek wisata yang sangat menarik di Jogja dengan paket ini. Siapkan tenaga ekstra, kawasan ini sangat luas dan mengelilinginya membutuhkan tenaga ekstra.