Jogja tidak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Semua tempat wisata yang ada di Jogja sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata paling menarik yang wajib anda kunjungi adalah De Arca Statue Museum. Museum ini terkenal dengan koleksi patungnya yang sangat beragam. Berbeda dengan museum yang biasanya terkesan klasik dan tradisional, museum yang satu ini justru terlihat modern. Namun meskipun modern, museum ini tetap menyematkan budaya-budaya Yogyakarta.

Jika anda merasa tertarik untuk mengunjungi museum De Arca Statue, sebaiknya anda mengetahui beragam informasi seputar museum ini. Tentu saja agar anda bisa mendapatkan liburan yang lancar dan menyenangkan. Di bawah ini akan disampaikan beragam informasi yang anda butuhkan tentang museum  De Arca Statue.

Lokasi Dan Harga Tiket De Arca Statue Museum

Letak dari De Arca Statue Museum ini sangat mudah untuk dijangkau. Pasalnya museum ini terletak pada kawasan wisata XT Square. Lokasi tepatnya berada di Jalan Veteran Pandeyan Jogja. Sebaiknya anda menggunakan mobil rental saat berkunjung ke museum ini. Hal ini dikarenakan jika pada saat musim liburan, angkutan umum yang ada di Jogja kondisinya cukup padat. Sehingga untuk menjamin kenyamanan perjalanan anda, sebaiknya gunakan jasa sewa mobil atau rental kendaraan saja.

Baca selengkapnya tentang XT Square

Museum ini buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Harga tiketnya berbeda-beda sesuai dengan jam kunjung. Senin sampai Jumat pada jam 10 pagi hingga jam 3 sore harga tiket adalah Rp. 35.000,-. Sedangkan pada hari Senin sampai Jumat pada jam 3 sore hingga jam 10 malam harga tiket Rp. 50.000,-.Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu harga tiketnya adalah Rp. 60.000,-.  Semua harga tiket ini juga bisa berubah sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola. Namun anda tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya harga tiket ini tetap terbilang cukup murah.

Zona Yang Ada Di De Arca Statue Museum

Sebelum ke sini, anda harus tahu jika museum ini dibagi atas tiga zona. Pembagian zona ini berdasarkan isi dari koleksi yang ada di setiap zona. Ketiga zona ini adalah zona tokoh nasional, zona presiden dan zona tokoh dunia. Ketika anda datang ke museum ini, pastikan anda memasuki semua zona yang ada. Hal ini dikarenakan semua koleksi museum ini tersebar di ketiga zona tersebut. Berikut ini penjelasan tentang zona-zona tersebut:

1. Zona Tokoh Nasional

Sesuai dengan namanya, isi koleksi dari zona ini adalah patung-patung dari para pahlawan atau tokoh nasional. Beberapa tokoh nasional tersebut  antara lain, Cut Nyak Dien, R.A Kartini, Jendral Sudirman dan masih banyak lagi. Tentu saja tempat ini sangat cocok bagi anak-anak yang ingin belajar banyak hal tentang para tokoh nasional. Bukan hanya pahlawan pada masa penjajahan saja, beberapa tokoh nasional dari bidang seni juga ada di zona ini seperti penulis terkenal Afandi. Semua tokoh-tokoh ini dihadirkan dalam bentuk patung.

2. Zona Presiden

Dalam zona ini anda bisa melihat banyak patung-patung para presiden ternama dunia termasuk dari Indonesia. Anda bisa menemukan patung Bung Karno yang sedang duduk sambil membalik buku. Selain Bung Karno ada juga sederet presiden Indonesia lainnya seperti BJ. Habibie dan Megawati. Ada juga presiden Barack Obama dan Ratu Elizabeth II. Semua patung presiden ini tampak sangat mirip seperti aslinya. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi para pengunjung. Anda bisa berinteraksi dengan banyak presiden sekaligus, sekalipun hanya berupa patung.

3. Zona Tokoh Dunia

Pada zona yang terakhir, anda bisa berinteraksi dengan para tokoh dunia. Tokoh dunia di sini ada banyak sekali, termasuk tokoh-toko dunia fantasi dari film-film Hollywood. Di sini anda bisa bertemu dengan Kapten Amerika, bajak laut Jack Sparrow hingga Albert Einstein. Semua tokoh yang pernah mencetak namanya dalam sejarah dunia juga pernah ditemukan di sini seperti Jackie Chan dan Ronaldo. Tentu saja hal ini akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan bagi para pengunjung.

Ketiga zona yang da di atas menampilkan banyak koleksi yang sangat menarik. Dijamin anda akan merasa betah di dalam museum De Arca Statue. Saat akan berlibur ke sini, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti. Tips ini berguna agar liburan anda di museum ini bisa berjalan lancar dan seru.

Tips Ketika Berlibur Di De Arca Statue Museum

Setidaknya ada 5 tips yang bisa anda lakukan ketika berlibur ke tempat ini. Lakukan semua tips ini dengan baik, maka anda akan mendapatkan liburan yang memuaskan. Berikut ini tips-tips yang bisa anda jalankan:

1. Bawa Kamera Yang Bagus

Tips yang pertama adalah bawa kamera yang bagus. Di museum ini tidak banyak aktivitas yang bisa anda lakukan selain melihat koleksi dan berfoto. Namun karena terlalu banyak koleksi yang mau dilihat, anda tetap tidak akan kehabisan tempat untuk berfoto. Oleh sebab itu, pastikan anda menyiapkan kamera yang bagus. Sehingga hasil dari foto yang anda dapatkan juga maksimal. Apalagi museum ini adalah tempat wisata indoor  yang artinya anda harus menggunakan kamera dengan pencahayaan yang bagus.

2. Jangan Tergesa-Gesa

Hindari tergesa-gesa saat berada di di dalam museum ini. Anda harus menikmati setiap koleksi yang ada dengan santai. Jangan sampai juga anda berlarian di dalam museum. Tentu saja hal ini perlu diperhatikan agar anda nantinya tidak merusak dari koleksi-koleksi yang ada.

3. Ambil Tiket Terusan Ke Museum De Mata Trick Eye

Tips yang berikutnya adalah ambil tiket terusan ke museum De Mata Trik Eye. Museum yang satu ini adalah museum  3 dimensi yang sangat modern. Berfoto di museum modern dengan lukisan 3 dimensi tentu adalah hal yang menyenangkan. Letak dari museum ini juga masih satu kawasan dengan De Arca Statue Museum. Sehingga pihak museum memberikan pilihan tiket terusan, hal ini memungkinkan anda mengunjungi 2 museum sekaligus dalam waktu satu hari.

Baca selengkapnya tentang De Mata Trick Eye Museum

4. Pastikan Anak-Anak Berada Di Bawah Pengawasan

Anak-anak juga boleh masuk ke dalam  museum ini, bahkan pihak museum menggratiskan tiket untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Namun jika anda membawa anak-anak, pastikan mereka di bawah pengawasan yang ketat. Hal ini dikarenakan koleksi patung-patung ini tidak diberi sekat apapun. Pengawasan kepada anak-anak ini penting agar mereka tidak merusak koleksi patung,

5. Ikuti Semua Aturan Dari Pihak Museum

Di dalam museum ini juga terdapat banyak aturan yang harus dipatuhi. Pastikan anda mematuhi peraturan tersebut. Jika anda mengalami masalah pada saat di museum ini, silahkan hubungi pihak pusat informasi. Manajemen museum ini sudah terbilang baik. Jadi, anda tidak perlu merasa khawatir.

De Arca Statue Museum adalah museum kebanggaan masyarakat Jogja. Oleh sebab itu, museum ini harus dilestarikan dengan baik. Jadilah pengunjung cerdas saat ke museum yang satu ini. Nikmati koleksinya dan dapatkan liburan yang menyenangkan.