Ketika ingat Jogja, mungkin anda akan langsung terpikirkan akan wisata budaya dan sejarahnya. Nyatanya Jogja tidak hanya punya wisata sejarah. Kota yang satu ini juga memiliki tempat wisata modern yang bernama De Mata Trick Eye Museum. Museum yang satu ini bukan sembarangan museum, tempat ini berisikan banyak lukisan yang bisa menimbulkan ilusi atau mata atau menipu pandangan mata.

Baca juga museum lain di Jogja : Museum Sonobudoyo

Ada sekitar 120 lukisan bergaya modern yang ada ada di museum ini. Bagi anda yang ada di Jogja atau berencana ke Jogja, maka jangan lupa memasukkan tempat ini ke dalam daftar kunjungan anda. Hal ini karena museum De Mata Trick Eye beda dari tempat wisata yang lainnya. Ada beberapa informasi penting seputar museum ini yang harus anda ketahui.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Ke De Mata Trick Eye Museum

Sebelum ke sini, anda harus mengetahui lokasi dimana museum ini berada. Museum yang satu ini berada di Jalan Veteran, Umbulharjo Jogja. Lebih tepatnya lagi museum ini berada di XT Square Gedung Umar Kayam, Lantai Basement, Nomor 150-151, Pandeyan. Untuk bisa sampai ke museum ini, sebaiknya anda menggunakan jasa sewa mobil. Hal ini akan memudahkan anda untuk sampai ke lokasi dengan cepat. Jika naik kendaraan umum, maka anda akan kesulitan dalam mencari rute yang cepat.

Harga tiket masuk ke dalam museum ini cukup mahal yaitu Rp. 60.000,- hingga Rp. 100.000,-. Tentu saja harga tiket ini juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola museum. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, harga tiket ini bahkan tidak sepadan dengan keseruan yang nantinya bisa anda dapatkan di dalam museum. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan lukisan yang ada di dalamnya. Anda bisa menjadi bagian dari lukisan tersebut. Sehingga harga tiket ini bisa dikatakan sepadan dengan apa yang akan anda dapatkan.

Lihat wisata Jogja lain yang menyenangkan : Taman Pintar

Fasilitas Yang Ada Di De Mata Trick Eye Museum

Mungkin anda merasa penasaran, apa saja yang ada di dalam museum ini. Museum De Mata Trick Eye memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Semua fasilitas ini terbilang sangat memuaskan. Cocok sekali bagi anda yang hobi berwisata di tempat-tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan. Apa saja fasilitas yang bisa anda dapatkan? Berikut ini rangkumannya:

1. Lebih Dari 100 Spot Foto

Ada lebih dari 100 lukisan 3D yang ada di dalam museum ini. Semua lukisan ini merupakan spot foto yang sangat menarik yang bisa anda lihat. Bagi anda yang tipe eksis maka spot foto ini merupakan tempat yang paling menyenangkan. Tepat di depan lukisan yang bisa dijadikan spot foto terdapat foto contoh gaya yang bisa anda gunakan. Anda cukup mengikuti gaya tersebut agar nantinya bisa menghasilkan foto yang terbaik. Di sini anda bisa seperti digigit dinosaurus atau berjalan di atas jembatan yang di bawahnya penuh dengan lava panas.

2. Memiliki Kantin

Tempat wisata yang satu ini juga memiliki fasilitas berupa kantin yang cukup luas. Kantin ini bisa menjadi tempat istirahat bagi anda yang sudah lelah menjelajah isi museum. Museum ini memang cukup luas dan cukup bisa membuat anda menjadi lelah. Ada banyak beragam jenis makanan dan minuman yang dijual di kantin ini. Sebagai sebuah kantin di dalam sebuah museum, kantin yang terdapat di De Mata Trick Eye terbilang sudah sangat nyaman.

3. Fasilitas Wi-Fi Gratis

Bagi anda yang ingin langsung mengunggah foto yang telah dibuat di De Mata Trick Eye ini, anda tidak perlu repot-repot menggunakan data internet. Di museum ini disediakan fasilitas Wi-Fi gratis. Pengunjung bisa menggunakan layanan Wi-Fi gratis ini sepuasnya. Hal ini juga yang membuat para pengunjung merasa betah berada di dalam De Mata Trick Eye.

4. Fasilitas Berupa Ilusi Cermin

Ilusi cermin adalah sebuah fasilitas dimana ketika anda berada di suatu ruangan anda seperti berada di sebuah tempat. Fasilitas ini merupakan fasilitas yang sangat unik dan juga sangat menyenangkan. Lewat fasilitas ilusi cermin anda seperti sedang berlibur ke suatu daerah yang cantik. Banyak wisatawan yang betah menggunakan dan menikmati fasilitas yang satu ini.

5. Kostum Unik Dari Beberapa Negara

Di sini anda juga dapat menggunakan kostum dari beberapa negara. Ada kostum baju daerah negara Jepang, Cina dan masih banyak lagi.  Menggunakan kostum-kostum ini juga sangat menyenangkan karena bisa digunakan berfoto menggunakan background negara-negara tertentu. Untuk menggunakan kostum-kostum ini anda juga harus bergantian dengan para pengunjung yang lainnya. Apalagi jika kondisi museum dalam keadaan penuh.

Semua fasilitas yang ada di atas bisa dinikmati oleh para wisatawan yang datang. Menghabiskan waktu di museum De Mata Trick Eye memang sangat menyenangkan.

Tips Berwisata Ke De Mata Trick Eye Museum

Ada beberapa tips untuk anda ketika akan berlibur ke sini. Semua tips ini akan memudahkan liburan anda. Setidaknya ada 5 tips yang bisa anda ikuti. Apa saja tips tersebut? Berikut ini tips-tipsnya:

1. Datang Pada Jam Kerja

Museum ini sangat ramai pada saat hari libur. Jadi, agar anda bisa puas berfoto ria sebaiknya datang pada saat jam kerja seperti Senin sampai Jumat. Namun jika anda datang pada hari weekend atau hari libur, maka bisa dipastikan anda harus bersabar untuk antre agar bisa berfoto.

2. Lebih Baik Pakai Sendal

Tips yang berikutnya adalah hindari menggunakan sepatu. Ada beberapa spot foto yang mengharuskan anda membuka alas kaki. Tentu saja cara amannya adalah dengan menggunakan sandal. Tentu saja karena sandal adalah alas kaki yang mudah dipakai dan dilepas.

3. Bawa Kamera Yang Bagus

Tujuan utama anda datang ke museum ini adalah untuk berfoto sepuasnya. Sehingga pastikan anda membawa kamera yang bagus. Jika memungkinkan bawalah kamera yang memiliki kecepatan yang tinggi. Sehingga anda bisa mendapatkan banyak jepretan foto yang bagus tanpa harus menunggu lama.

4. Ikuti Pedoman

Di dalam museum ini terdapat pedoman yang harus diikuti. Pedoman ini seperti bagaimana cara berfoto yang baik, aturan antrean dan masih banyak lagi. Dengan mengikuti pedoman ini anda bisa lancar menjelajah ke seluruh bagian museum. Jangan coba-coba untuk melanggar pedoman atau aturan yang telah dibuat oleh pihak museum. Di museum ini ada banyak petugas yang akan memperhatikan para pengunjung.

5. Jangan Terlalu Lama Di Satu Spot Foto

Tips yang terakhir adalah jangan terlalu lama berada di satu spot foto. Alasannya sederhana, ada banyak orang yang pastinya juga ingin berfoto di tempat tersebut. Sehingga jika anda berlama-lama maka pengunjung yang lain bisa marah karena terlalu lama mengantre.

De Mata Trick Eye Museum adalah museum yang harus anda kunjungi segera. Museum modern yang satu ini memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa memanjakan anda. Sehingga anda bisa tambah eksis di media sosial karena bisa memajang foto-foto yang keren dari De Mata Trick Eye Museum.