Apakah anda sedang mencari tempat wisata yang unik di kota Jogja? Jika iya, D’Walik mungkin bisa jadi jawabannya. Tempat wisata yang satu ini juga lebih dikenal dengan museum rumah terbalik. Dikatakan sebagai museum rumah terbalik, karena semua objek yang dipajang disini berada dalam posisi terbalik. Sehingga anda bisa mendapatkan hasil foto dalam posisi yang unik.

Museum ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jika anda hobi berfoto dengan gaya yang unik, maka tempat ini sangat direkomendasikan. Museum rumah terbalik ini menjadi surganya anak-anak muda yang hobi eksis di sosial media. Untuk menjawab rasa penasaran anda tentang tempat ini, berikut ini akan diberikan informasi tentang museum yang satu ini.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk Ke D’Walik

Bagi anda yang suka berwisata di Jogja, kawasan XT Square pasti sudah tidak asing lagi bagi anda. Di XT Square ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi seperti museum De Arca dan juga Museum 3D Eye. Museum rumah terbalik ini juga terdapat di kawasan XT Square. Ini artinya anda bisa mengunjungi 3 museum unik sekaligus dalam 1 kawasan.

Baca lebih lengkap mengenai : De Arca Statue Museum

Alamat lengkapnya sendiri, berada di XT Square Jalan Veteran, Pandeyan, Umbul Harjo. Agar bisa sampai ke tempat ini dengan nyaman sebaiknya anda menggunakan jasa sewa mobil yang ada di Jogja. Tempat ini buka setiap hari. Museum ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Jam buka yang cukup lama, membuat anda lebih leluasa untuk berkunjung ke sini.

Harga tiket dari museum ini dibedakan berdasarkan hari dan juga jam kunjungan. Pada hari Senin sampai Jumat di jam 10.00-15.00 harga tiket Rp. 30.000,-. Jika anda berkunjung pada hari Senin sampai Jumat namun di atas jam 15.00, maka harga tiketnya Rp. 40.000. Spesial pada hari Sabtu dan Minggu harga tiket Rp. 50.000. Harga ini juga bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

Fasilitas Yang Ada Di D’Walik

Setelah mengetahui lokasi dan harga tiket masuk ke museum ini, anda juga harus mengetahui fasilitas apa saja yang ada di sini. Museum rumah terbalik ini memiliki banyak fasilitas yang bisa memanjakan para pengunjungnya. Jadi, anda tidak akan merasa rugi telah membayar tiket masuk. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang ada di museum ini:

1. Spot Foto Berupa Illusion Room

Ada sekitar 30 spot foto yang bisa anda gunakan untuk mengambil foto yang unik. Spot foto ini berupa illusion room yang membuat hasil foto anda menjadi terbalik. Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab anda tidak perlu jungkir balik hanya untuk mengambil foto yang bagus. Di sini, justru benda-benda tersebutlah yang terbalik. Anda bisa berfoto sepuasnya di sini.

2. Kostum Dan Properti Foto

Bila anda merasa tidak puas jika berfoto tanpa kostum dan property, maka jangan cemas. Di sini ada banyak kostum dan properti foto yang bisa anda gunakan. Fasilitas ini sengaja disediakan agar para pengunjung bisa menikmati kegiatan berfoto mereka. Anda bisa menggunakan kostum yang anda sukai. Kostum-kostum ini dirancang dengan sangat bagus.

3. Merchandise Store

Bagi yang suka berbelanja, di tempat ini juga ada sebuah merchandise store. Toko ini khusus menjual benda-benda unik khas museum rumah terbalik. Harga dari barang-barang yang dijual juga tidak terlalu mahal. Barang-barang ini bisa menjadi kenangan jika anda pernah berkunjung ke museum yang satu ini.

4. Snack Counter

Jika anda ingin mencari cemilan ringan, anda bisa membelinya di snack counter. Tempat ini juga bisa menjadi tempat beristirahat bagi anda jika lelah berkeliling. Area museum ini memang cukup luas. Hal ini membuat anda akan menguras sedikit tenaga untuk berkeliling.

5. Mushola

Jangan khawatir bagi umat muslim yang berkunjung ke tempat ini. Di sini ada sebuah mushola yang bisa digunakan untuk melakukan ibadah sholat. Pengunjung tidak harus keluar museum hanya untuk mencari tempat untuk sholat. Mushola yang ada di tempat ini juga sangat nyaman. Para pengunjung bisa melaksanakan sholat tepat waktu.

6. Toilet

Ada banyak toilet yang ada di museum ini. Toilet memang merupakan fasilitas yang paling penting di sebuah tempat wisata. Bahkan ada banyak tempat wisata yang tidak memiliki toilet. Toilet yang ada di museum ini juga sangat bersih. Para pengelola berhasil mengelola toilet yang ada di museum ini dengan baik.

7. Kantin

Bila para pengunjung merasa lapar dan ingin makan, makanan yang mengenyangkan, maka kantin adalah tempatnya. Museum ini dilengkapi dengan kantin yang menjajakan banyak makanan-makanan lezat. Ketika anda lapar, anda tidak perlu kesulitan mencari makanan di museum ini. Kantin ini menyediakan makanan yang bisa anda santap bersama-sama keluarga.

8. Tempat Parkir

Tidak akan jadi masalah jika anda menggunakan jasa sewa mobil ketika ke tempat ini. Pasalnya tempat ini memiliki area parkir yang luas. Area parkir yang luas ini memang sengaja dibuat untuk menampung kendaraan penumpang. Anda tidak perlu susah payah untuk menemukan tempat parkir yang aman bagi mobil atau motor anda.

Itulah fasilitas yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke tempat yang satu ini. Ketika berada di tempat ini, ada beberapa tips khusus untuk anda. Tips ini akan sangat berguna agar anda bisa mendapatkan pengalaman yang berkesan di sini.

Tips Ketika Berkunjung Ke D’Walik

Setidaknya ada 3 tips khusus untuk anda ketika berkunjung ke D’Walik. Apa saja tipsnya? Berikut ini ulasan tentang tips-tips tersebut:

  • Pastikan Baterai Kamera Anda Penuh. Satu-satunya aktivitas yang paling seru di museum ini adalah berfoto. Oleh sebab itu, pastikan baterai kamera anda dalam posisi penuh. Jika kamera anda bermasalah, dijamin anda pasti akan merasa sangat menyesal. Tempat ini penuh dengan spot foto yang sangat bagus.
  • Gunakan Bantuan Pengarah Gaya. Untuk memaksimalkan hasil foto anda, gunakan bantuan pengarah gaya. Pengarah gaya ini adalah para petugas museum yang ahli dalam mengambil foto. Tentu saja dengan bantuan mereka foto anda akan jauh lebih sempurna.
  • Jangan Terlalu Lama Di Satu Spot Foto. Ingat, jika anda banyak spot foto yang bisa anda gunakan. Oleh sebab itu, jangan terlalu lama di satu spot foto. Anda bisa kehabisan waktu untuk berkeliling ke spot foto yang lainnya. Apalagi jika anda datang di saat pengunjung sedang ramai-ramainya.
  • Bawa Teman Untuk Mengambil Foto. Jangan sendirian ketika berkunjung ke museum ini. Usahakan anda membawa teman untuk mengambilkan foto dengan posisi yang baik. Jika anda tidak membawa teman, maka anda harus meminta tolong pada pengarah gaya. Hal ini jelas sangat tidak efektif, sebab pengarah gaya juga memiliki banyak kesibukan.

Semoga informasi yang ada di atas memberikan gambaran yang jelas pada anda tentang D’Walik. Tempat yang satu ini adalah tempat yang sangat unik dan wajib anda kunjungi ketika berada di Jogja. Jangan lupa juga untuk mampir ke museum-museum yang ada di XT Square lainnya.

Lihat lebih lanjut tentang : XT Square