Banyak wisatawan yang datang ke Jogja mencari tempat wisata yang tidak biasa atau berbeda dari tempat wisata yang lainnya. Satu dari tempat wisata yang unik dan sangat berbeda di Jogja adalah Gereja Sayidan. Gereja yang satu ini juga dikenal dengan nama Gereja Gothic Sayidan. Bangunan ini sangat unik karena karakteristiknya yang bisa jadi tidak akan ditemui di tempat yang lainnya.

Lihat juga bangunan lain yang unik di Jogja : Situs Warungboto

Fakta dari bangunan yang satu ini juga masih simpang siur. Namun yang jelas, walaupun namanya gereja, namun ternyata bangunan ini adalah sebuah rumah atau hunian biasa. Padahal siapapun yang melihat bangunan ini pertama kali, pasti akan mengatakan bahwa bangunan ini adalah gereja. Di bawah ini ada beragam informasi penting seputar Bangunan Gereja Sayidan.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Gereja Sayidan

Lokasi bangunan ini terletak di Prawirodirjan Gondomanan Jogja. Letaknya persis di pinggiran lampu merah. Hal ini juga yang membuat banyak orang yang tidak sadar akan keberadaan Gereja Gothic Sayidan. Untuk bisa sampai ke gereja ini, wisatawan bisa menggunakan jasa sewa mobil yang ada di Jogja.

Sebenarnya bangunan ini sama sekali tidak dibuka untuk umum. Bahkan bangunan ini tidak pernah terlihat terbuka dan tergembok dari luar. Para pengunjung yang datang ke sini hanya bisa melihat dan memperhatikan bangunan dari luar saja. Untuk aktivitas ini, sebaiknya dilakukan pada siang hari. Pada malam hari bangunan ini juga tidak dilengkapi dengan fasilitas penerangan.

Tidak ada harga tiket untuk bisa menikmati tempat wisata ini. Hal ini dikarenakan pengunjung yang datang hanya bisa berfoto dari luar. Ada beberapa sudut yang sangat bagus. Sehingga foto-foto yang dihasilkan di sini sangat bagus sekali. Tempat ini terkenal karena banyak orang yang memposting foto berlatar belakang bangunan ini. Bangunan ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Lihat juga bangunan lain di Jogja yang sangat cocok menjadi latar belakang berfoto : Tugu Pal Putih

Daya Tarik Yang Dimiliki Gereja Sayidan

Meskipun hanya bisa melihat dari luar saja, faktanya tempat ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini dikarenakan Gereja Gothic Sayidan memiliki banyak sekali daya tarik tersendiri. Daya tarik inilah yang menjadi magnet bagi para pengunjung sehingga ramai-ramai datang ke Gereja Sayidan. Berikut ini daya tarik yang dimiliki oleh Gereja Sayidan ini :

1. Arsitektur Bangunannya Tidak Biasa

Siapapun yang melihat bangunan ini pasti akan merasa kagum. Pasalnya arsitektur bangunan ini sangat tidak biasa. Bangunan ini mirip seperti gereja-gereja klasik yang ada di film-film Barat. Bangunan seperti ini sangat jelas sangat kontras dengan bangunan yang ada di sekitarnya. Apalagi bangunan yang ada di Jogja biasanya berupa bangunan dengan atap limas bukan atap kerucut.

2. Memiliki Nilai Seni Yang Tinggi

Tampaknya harus diakui jika bangunan ini memiliki nilai seni yang tinggi. Nilai seni yang tinggi ini jelas terlihat dari guratan-guratan yang terdapat di pada tembok bangunan. Siapapun arsitek yang mendesain rumah ini, jelas ia memiliki nilai seni yang tinggi.

3. Pernah Menjadi Lokasi Shooting Artis Papan Atas

Pamor bangunan ini semakin tinggi setelah banyak orang yang sadar jika bangunan ini pernah dijadikan lokasi shooting artis papan atas. Artis papan atas yang pernah shooting di lokasi ini adalah Ari Lasso. Hal ini jelas mengukuhkan jika bangunan ini memang memiliki kelebihan tersendiri. Fakta ini juga membuat banyak orang yang merasa penasaran dengan bangunan ini.

4. Merupakan Sebuah Bangunan Tua

Sebenarnya bangunan Gereja Sayidan merupakan bangunan tua. Rata-rata bangunan tua yang ada di Indonesia memang selalu mengundang rasa penasaran para wisatawan. Bahkan bangunan ini juga sudah dijadikan sebagai cagar budaya. Ini artinya bangunan tua ini memang dianggap menjadi saksi sejarah perkembangan kota Jogja. Jadi jangan heran, jika keberadaannya sekarang juga dijaga oleh pihak pemerintah setempat.

5. Penuh Dengan Misteri Dan Teka-Teki

Banyak orang yang berspekulasi tentang bagaimana bisa bangunan ini dibuat dengan arsitektur yang bisa dikatakan tidak masuk akal. Padahal faktanya bangunan ini hanya sebuah rumah biasa. Hal ini tentu sangat tidak lazim bagi masyarakat. Disamping itu, banyak orang yang merasa penasaran untuk apa bangunan ini dibuat. Banyaknya misteri yang ada menjadi daya tarik tersendiri.

6. Memiliki Banyak Tanda Salib

Tentu saja banyak orang yang mengira bahwa bangunan ini adalah gereja karena tanda salib yang terdapat pada bagian rumah. Ada banyak sekali tanda salib yang dimiliki bangunan ini. Hal ini membuat banyak orang yang menyimpulkan jika bangunan ini adalah bangunan yang dibuat oleh orang yang beragama Kristen.  Namun tetap saja belum bisa diketahui secara pasti mengapa ada terlalu banyak tanda salib di rumah yang sangat besar ini.

7. Mempunyai Patung Yesus Yang Besar

Tidak hanya tanda salib yang bisa ditemukan di sini. Ada juga patung Yesus yang besar di atas atap bangunan ini. Patung Yesus ini juga bentuknya berbeda dengan patung Yesus pada umumnya. Jika biasanya patung yesus berada di salib atau sedang merentangkan tangan, patung Yesus yang ada di sini menunjuk kearah atas. Hal ini juga banyak sekali menimbulkan tanda tanya bagi para pengunjung yang datang.

8. Merupakan Bekas Pabrik Batik

Belakangan ini baru bisa diketahui jika bangunan ini pernah dijadikan pabrik batik. Bahkan menurut cerita batik-batik yang dihasilkan di rumah ini kualitasnya sangat baik. Ada banyak tokoh-tokoh dunia yang  sudah menggunakan batik yang diproduksi di pabrik ini. Hal ini membuktikan jika bangunan ini merupakan bangunan yang memiliki fungsi yang sangat penting pada zaman dulu. Fungsi yang sangat penting ini membuat banyak orang semakin merasa penasaran dengan bangunan ini.

9. Kental Dengan Cerita Horror

Tempat ini juga kental dengan cerita horror. Bahkan banyak orang yang beranggapan jika bangunan ini angker. Hal ini dikarenakan bangunan ini adalah bangunan tua yang bahkan sudah banyak ditumbuhi lumut. Banyak orang yang beranggapan ada misteri besar yang disembunyikan di dalam bangunan ini. Tentu saja hal ini belum bisa dipastikan kebenarannya.

10. Merupakan Bangunan Milik Orang Tionghoa

Daya tarik yang paling membuat orang penasaran adalah karena bangunan ini adalah milik orang Tionghoa. Bangunan-bangunan Tionghoa di Indonesia memang biasanya menjadi sorotan publik. Hak ini dikarenakan kebanyakan bangunan yang mereka bangun berbeda dari bangunan yang dibangun oleh masyarakat Indonesia. Namun anehnya, tempat ini justru tidak mirip dengan bangunan orang Tionghoa.

11. Memiliki Ukiran-Ukiran Khusus

Di bangunan ini juga terdapat ukiran-ukiran khusus. Sebagian ukiran-ukiran ini juga mirip seperti sebuah simbol yang memiliki arti tertentu. Tentu saja hal ini juga tambah membuat penasaran wisatawan yang datang ke sini. Jika ukiran-ukiran tersebut adalah  simbol, tentu hanya yang punya rumah yang mengerti dan paham makna simbol tersebut.

Semua daya tarik dari Gereja Sayidan di atas mampu menjadikan bangunan ini sangat fenomenal. Terlepas dari sebuah teka-teki yang ada di dalamnya, bangunan ini adalah bangunan yang sangat indah. Para wisatawan tidak akan kecewa ketika mengunjungi tempat ini.