Goa Maria Tritis menjadi salah satu lokasi yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang berlibur ke Yogyakarta. Ada yang unik dari tempat ini. Goa yang biasanya digunakan sebagai tempat ziarah umat Katolik ini menyimpan aura mistis yang unik. Di tengah gersangnya perbukitan karst, goa ini hadir membawa kedamaian tersendiri bagi para pengunjung.

Anda tertarik ingin mengunjungi goa alami di daerah perbukitan kapur ini? Simak dulu beberapa penjelasan tentang gua maria di Yogyakarta berikut ini. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja murah terlengkap.

Keindahan Berbalut Aura Mistis di Goa Maria Tritis

Sesaat setelah sampai di area parkiran, Anda akan disambut dengan aura mistis yang unik. Tempat ini begitu sunyi dan hening. Tidak menyeramkan, tetapi cukup membuat hati berdesir. Kabarnya, sebelum tempat ini dikelola oleh pemerintah, goa ini sangat angker. Bahkan, tak ada orang yang berani mendekati daerah ini. Sekarang ini, karena dikelola dengan baik, goa ini lebih hidup. Meski aura mistis masih ada, goa ini tidak terasa angker.

Keindahan alami goa ini masih terjaga dengan baik. Masyarakat dan pemerintah menjaga goa ini dengan baik. Untuk Anda yang suka dengan goa-goa penuh misteri, Anda wajib mendatangi tempat ini. Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menggunakan kendaraan sendiri. Gunakan jasa rental mobil jogja murah untuk memudahkan mencapai tempat ini. Kami adalah penyedia jasa rental terpercaya di Jogja.

Foto

Sejarah dan Asal Usul

Gua maria yang berada di Yogyakarta ini memiliki keindahan tersendiri. Goa ini berada di daerah perbukitan karst Gunungkidul. Ia dinamakan Gua Tritis karena bagian stalaktit gua ini selalu meneteskan air (tumaritis). Goa ini sudah dikenal sejak tahun 1974 oleh umat Katolik. Menjelang natal, goa ini akan ramai dikunjungi oleh umat Katolik sebagai tempat Ekaristi Natal. Sejak itu, goa ini mendapat tambahan “Maria”. Goa ini juga sekaligus menjadi favorit para peziarah.

Wisata Goa favorit di Jogja yang sayang dilewatkan: Goa Pindul

Meski begitu, goa ini bisa dikunjungi oleh umum. Ada dua rute untuk sampai ke mulut gua. Untuk para wisatawan, mereka bisa memilih rute pendek sejauh 500 meter. Untuk peziarah, mereka harus melewati jalan salib sejauh 1.5 km. Mereka harus melewati 14 stasi pemberhentian yang dilengkapi dengan diorama kisah-kisah sengsara Sang Yesus. Pada stasi yang ke-12, ada 3 patung salib persis di bawah bukit.

Lokasi Goa Maria Tritis

Fasilitas yang Tersedia

Sebagai tempat wisata, Goa Maria Tritis juga mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Berikut adalah fasilitas wisata yang ada di tempat ini.

  1. Kamar mandi
  2. Area parkir yang luas
  3. Penginapan di dekat lokasi
  4. Warung makan
  5. Tandu
  6. Penyewaan payung

Harga Tiket dan Parkir di Goa Maria Tritis

Goa yang satu ini bisa dikunjungi gratis oleh para wisatawan maupun peziarah. Biaya lain-lain yang ada di tempat ini adalah sebagai berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000
Tandu Untuk LansiaRp 100.000

Itulah pesona keindahan Goa Maria Tritis. Di tempat ini, Anda akan dibius dengan aura mistis yang tidak menyeramkan, tetapi menenangkan. Goa ini bisa dijadikan salah satu destinasi terbaik untuk Anda dan keluarga. Ingat, tak hanya umat Katolik saja yang boleh mengunjungi tempat ini. Tempat ini terbuka untuk siapa pun yang ingin datang.

Kunjungi juga Goa bukti kisah cinta ramayana: Goa Kiskendo

Demikian adalah penjelasan lengkap mengenai Goa Maria Tritis lengkap dengan fasilitas dan harga tiket masuknya. Jangan lupa untuk selalu mengalokasikan waktu untuk berlibur. Berlibur bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Kelelahan psikis akibat tuntutan pekerjaan sehari-hari bisa dikurangi dengan cara berlibur.