Gunung Kidul Yogyakarta merupakan kawasan yang memiliki banyak tempat wisata. Salah satu tempat wisata alam yang paling menarik di daerah ini adalah Goa Pindul. Goa yang satu ini sudah lama menjadi destinasi wisatawan. Tidak hanya wisatawan dalam negeri, goa ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan asing.

Lihat tempat wisata alam yang lain : Embung Tambakboyo

Goa Pindul memiliki daya tarik tersendiri. Berada di area air sungai yang jernih membuat para wisatawan yang datang merasa betah. Bahkan goa ini termasuk ke dalam jajaran tempat wisata yang populer di Gunung Kidul Yogyakarta. Di bawah ini akan disajikan secara lengkap informasi mengenai goa ini.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Goa Pindulf

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Lokasi ini berada di dalam pedesaan yang cukup sulit untuk dijangkau. Untuk datang ke sini sebaiknya para wisatawan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Jika menggunakan kendaraan umum, akan lebih sulit untuk menjangkau tempat ini.

Tempat ini buka dari jam 06.30 hingga 17.00 WIB. Pada malam hari, tidak ada aktivitas apapun di dalam kawasan goa. Hal ini dikarenakan tidak adanya penerangan yang memadai di kawasan ini. Jika datang ke sini, pastikan jam kunjung tidak kesorean. Jika kesorean maka aktivitas pengunjung akan dibatasi.

Harga tiket masuk ke dalam goa cukup murah. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 50.000,-. Uang ini sebenarnya adalah biaya sewa pelampung, helm dan peralatan lainnya. Harga ini sudah terbilang cukup murah. Tiket masuk bisa berubah harganya sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Perubahan tiket ini biasanya terjadi saat jumlah pengunjung melonjak.

Lihat juga tempat wisata goa lain : Goa Rancang

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Goa Pindul

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berada di Goa Pindul. Kegiatan seru inilah yang  membuat banyak wisatawan yang merasa ketagihan datang kemari. Apalagi bagi wisatawan yang suka dengan aktivitas air. Ada banyak aktivitas air yang bisa dilakukan disini. Apa saja kegiatan seru tersebut? Berikut ini ulasannya:

1. Melihat Pemandangan

Kegiatan seru yang bisa dilakukan pertama kali adalah melihat dan menikmati pemandangan. Pemandangan di kawasan goa ini sangat cantik sekali. Kawasan goa ini dilewati sungai yang cukup jernih dan agak kehijauan. Sisi pinggir bagian goa dihiasi oleh pepohonan yang cukup rimbun. Perpaduan semua ini menciptakan sebuah pemandangan yang sangat cantik dan sangat layak untuk dinikmati.

2. Berenang Di Sungai Jernih

Bagi yang suka dengan kegiatan renang, kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan. Hanya saja kegiatan berenang di sini hanya bisa dilakukan di beberapa titik yang telah ditentukan. Dalam hal ini para wisatawan harus mengikuti petunjuk dari para pemandu. Jangan berenang di tempat yang airnya cukup deras. Selain itu, para pengunjung juga harus tetap menggunakan pelampung.

3. Menyusuri Goa Dengan Ban

Di sini juga terdapat tempat untuk menyewa ban. Para wisatawan bisa menyusuri goa sambil duduk di atas ban. Kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Maka tidak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang ke goa ini biasanya dalam suatu rombongan. Kegiatan menyusuri goa dengan ban sangat aman dilakukan bahkan bagi yang tidak bisa berenang.

4. Melompat Dari Atas Tebing

Bagi yang mau mencoba aktivitas yang menguji adrenalin, maka melompat dari atas tebing goa adalah rekomendasi terbaik. Para pengunjung bisa lompat langsung dari atas tebing menuju ke dalam air. Kegiatan yang satu ini harus dipandu oleh pemandu. Wisatawan tidak boleh asal loncat saja dari atas tebing. Ada beberapa prosedur keamanan yang harus diperhatikan.

5. Mendayung Perahu Karet

Di tempat wisata ini, para pengunjung juga bisa mendayung perahu karet. Kegiatan mendayung perahu karet ini biasanya dilakukan beramai-ramai. Hal ini dikarenakan kapasitas perahu karet yang cukup besar. Dengan menggunakan perahu karet, para pengunjung bisa menyusuri sungai. Tentu saja hal ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

6. Memanjat Tebing Bebatuan

Jika hobi panjat tebing, maka kegiatan ini juga bisa dilakukan. Tebing yang ada di area goa ini juga bisa dipanjat. Namun sebaiknya kegiatan ini hanya dilakukan oleh mereka yang memang sudah ahli dalam panjat memanjat tebing. Jika sudah ahli dalam memanjat tebing maka aktivitas yang satu ini boleh dicoba. Hanya saja harus tetap dalam pengawasan pemandu setempat.

7. Belajar Ilmu Geologi

Di sini para pengunjung juga bisa belajar tentang ilmu geologi. Ada banyak jenis bebatuan yang ada di dalam goa. Bebatuan yang ada di sini didominasi dengan batuan karst. Para pengunjung bisa melihat langsung seperti apa batuan yang ada di dalam goa. Tentu saja hal ini sangat menarik bagi mereka yang suka dengan pelajaran geologi.

8. Belajar Ilmu Sejarah

Goa ini juga ternyata menyimpan banyak sejarah. Menurut cerita goa ini juga menjadi saksi perjuangan jenderal Sudirman ketika masa penjajahan Belanda. Bahkan ada beberapa bukti sejarah yang masih ada di kawasan goa. Sehingga para pengunjung juga bisa belajar banyak tentang sejarah. Untuk mengetahui informasi yang lebih banyak, pengunjung bisa langsung bertanya dengan pemandu yang ada di tempat.

9. Berfoto Ria

Aktivitas berfoto jelas tidak boleh dilewatkan saat berada di tempat ini. Jika datang ke sini, usahakan untuk datang membawa kamera yang tahan air. Hal ini karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam air dan sebaiknya diabadikan lewat kamera. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan. Apalagi bagi yang hobi memajang foto di media sosial.

10. Bermain Games Seru

Banyak pengunjung yang datang ke sini melakukan games seru. Permainan seru ini mirip seperti permainan outbound. Tentu saja kegiatan ini dilakukan beramai-ramai. Pemandu akan memberikan banyak rekomendasi games seru yang bisa dimainkan di kawasan ini. Bermain games di alam terbuka tentu akan menjadi kegiatan yang tidak terlupakan.

11. Jalan-Jalan Ke Kawasan Pedesaan

Saat berada di kawasan ini, cobalah untuk jalan-jalan ke kawasan pedesaan yang ada di dekat goa ini. Masyarakat sekitar sangat ramah pada wisatawan. Jalan-jalan ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki ataupun naik sepeda. Pemandangan yang ada di pedesaan sekitar goa juga sangat bagus dan sangat cocok menjadi media refreshing.

Itulah kegiatan yang bisa dilakukan di Goa Pindul. Kegiatan ini harus dilakukan sesuai dengan petunjuk pemandu setempat. Jangan melakukan aktivitas yang tidak direkomendasikan oleh pemandu. Hal ini tentu berkaitan akan keamanan dan keselamatan para pengunjung.

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata yang seru bagi remaja dan orang dewasa. Untuk anak-anak, tempat wisata ini relatif kurang aman. Jika ada orang dewasa yang membawa anak-anak, maka anak-anak harus berada di bawah pengawasan. Bagaimanapun juga Goa Pindul adalah wisata alam terbuka. Kondisi alam tentu tidak bisa diatur seperti tempat wisata buatan.