Green Village Gedang Sari, Si Permadani Hijau Kota Jogja

//Green Village Gedang Sari, Si Permadani Hijau Kota Jogja

Bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta rasanya tak lengkap apabila tidak menyambangi kawasan wisatanya. Apalagi Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata mulai dari pantai, gunung, danau, hingga perbukitan. Nah bagi wisatawan yang sudah bosan karena seringkali mengunjungi pantai, tidak ada salahnya mencoba ke destinasi wisata lain. Salah satu rekomendasi destinasi wisata adalah Green Village Gedang Sari.

Bertandang ke Green Village Gedang Sari, pengunjung akan disuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Tempat ini juga bisa disebut “permadani hijau” yang dimiliki oleh Yogyakarta. Penasaran bukan, seperti apa si permadani hijau ini? Mari simak ulasan berikut ini.

Lokasi Green Village Gedang Sari Dan HTM

Green Village Gedang Sari merupakan wisata perbukitan yang menyuguhkan panorama alam dari ketinggian. Berlokasi di Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak di perbatasan antara Gunung Kidul dan Klaten, Maka yang disuguhkan adalah pemandangan daerah Yogyakarta dan Klaten yang terhampar jelas.

Terciptanya kawasan wisata ini dibantu pembangunannya oleh Pemerintah dan dikembangkan oleh penduduk setempat. Penduduk setempat awalnya bermata pencaharian sebagai petani. Tujuan pembangunan untuk memperbaiki perekonomian daerah setempat yang sempat mengalami kekurangan. Kawasan wisata ini tergolong masih baru karena dibangun pada tahun 2016.

Salah satu daya tarik yang ada di Green Village Gedang Sari ini adalah harga tiket masuknya yang gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Bagi sepeda motor cukup dengan Rp2.000,- dan mobil sebesar Rp5.000,-. Obyek wisata ini buka setiap hari pada pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Rute Menuju Green Village

Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju Green Village Gedang Sari sekitar 40 km. Rute menuju tempat wisata ini dapat diakses dari segala arah. Hanya saja jalan utama menuju kawasan ini sempit dan menanjak. Berikut akan disebutkan rute dari dua arah kota.

Dari Arah Yogyakarta

Alternatif pertama melalui jalan utama Jogja – Wonosari. Alternatif kedua lewat jalan Solo – Klaten dan belok kiri arah Wedi – Melalui Wedi ke arah selatan – Dusun Watugajah. Dari arah Timur, daerah Bayat – Kecamatan Bayat menuju ke selatan – Desa Tegalrejo – ke arah barat daerah Guyangan Lor.

Dari Arah Klaten

Melalui Wedi ke arah selatan – Dusun Watugajah. Dari arah Timur (Bayat) – Kecamatan Bayat menuju ke selatan – Desa Tegalrejo – ke arah barat daerah Guyangan Lor.

Hal Menarik Yang Bisa Didapatkan

Green Village Gedang Sari memiliki pesona yang mampu memikat pengunjung. Beberapa hal menarik yang bisa didapatkan di kawasan wisata ini adalah sebagai berikut.

1. Keindahan Pemandangan Sepanjang Rute Perjalanan

Meskipun jalan menuju Green Village Gedang Sari sempit dan menanjak, tapi pengunjung dapat bonus menikmati keindahan sepanjang perjalanan. Pemandangan yang bisa dilihat adalah bukit kapur dan hutan alami di pinggir jalan utama. Kadangkala ada monyet-monyet yang menyeberang di jalan ini. Selain itu, jangan kaget jika tiba-tiba menemukan ular yang turut menyeberang.

2. Spot Selfie Sepanjang Area Green Village

Green Village Gedang Sari memang wisata perbukitan yang sangat indah. Tak heran, sepanjang areanya merupakan spot selfie yang bagus. Dengan berlatar belakang pemandangan yang hijau dan indah, yakin foto-foto yang dihasilkan akan sangat bagus.

3. Jalan Setapak Melingkar

Untuk menuju puncak bukit, pengelola sengaja membuat jalan setapak yang dibuat melingkar. Tujuannya agar pengunjung merasakan sensasi keadaan pemandangan hijau dan suasana sejuk sepanjang perjalanan.

4. Sunset Terindah

Menyaksikan sunset di ketinggian bukit Green Village Gedang Sari tentu akan jadi pemandangan yang luar biasa. Kala senja akan muncul semburat oranye keemasan dipadu dengan hamparan perbukitan hijau. Layaknya sedang menyaksikan matahari terbenam yang dilukis indah di atas permadani hijau. Sungguh sangat indah untuk disaksikan.

Ketahui juga tempat wisata dengan pemandangan sunset yang tidak kalah indahnya : Candi Ijo

5. Suasana Romantis

Ketika berkunjung dengan pasangan maupun keluarga, obyek wisata ini dapat menciptakan suasana romantis. Dengan berjalan-jalan ke area puncak, hamparan pemandangan hijau, ditambah bonus sunset yang eksotis dan hawa yang sejuk.

Baca juga tempat wisata bersuasana romantis yang lain : Embung Nglanggeran

6. Hamparan Kerlap-Kerlip Lampu Di Malam Hari

Setelah menyaksikan sunset, suasana akan menjadi semakin romantis. Didukung dengan pemandangan hamparan kerlap-kerlip lampu. Kerlap-kerlip lampu ini berasal dari wilayah Klaten. Tapi pemandangan ini hanya bisa disaksikan sampai dengan pukul 6 sore saja, sesuai jam tutup kawasan wisata.

Keseruan Fasilitas Flying Fox Di Green Village Gedang Sari

Sama dengan kawasan wisata lainnya, obyek wisata ini juga memiliki fasilitas seperti area parkir, mushola, toilet, dan gazebo untuk beristirahat. Tapi, ada salah satu fasilitas unggulan dan jadi favorit pengunjung, yaitu flying fox. Berikut dijelaskan tentang flying fox di obyek wisata ini.

1. Cocok Memicu Adrenalin

Bagi wisatawan yang gemar memicu adrenalin, wajib mencoba flying fox di Green Village Gedang Sari. Ya, wajib. K hukumnya. Kenapa? Karena flying fox ini memiliki panjang 625 meter yang akan sangat memicu adrenalin.

2. Merupakan Flying Fox Terpanjang Kedua se-Asia Tenggara

Dengan panjang 625 meter itu, flying fox di Green Village Gedang Sari dinobatkan menjadi flying fox terpanjang kedua se-Asia Tenggara. Sementara yang menempati posisi pertama adalah Tretes Treetop Jawa Timur yang memiliki panjang 750 meter.

3. Berstandar Internasional

Jangan khawatir, wahana ini memiliki peralatan berstandar internasional. Bisa dipastikan, sangat aman digunakan. Menurut informasi yang didapat, peralatan yang digunakan akan ditambah dengan penangkal petir jika dirasa cuaca sedang kurang mendukung.

4. Sensasi Terbang Melayang Di Udara

Bermain flying fox sepanjang itu, tentu akan menimbulkan sensasi tersendiri. Selama meluncur, pengunjung dapat merasa terbang melayang dan terombang-ambing di udara. Tentunya dengan bonus menikmati pemandangan yang indah selama terbang. Sungguh akan jadi pengalaman yang spektakuler dan tidak terlupakan.

Tips Berwisata Ke Green Village Gedang Sari

Agar kegiatan wisata di Green Village Gedang Sari menjadi menyenangkan dan berkesan, da beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan. Berikut ini tipsnya :

1. Gunakan Pakaian Casual

Untuk mengunjungi kawasan perbukitan, cukup gunakan pakaian casual. Perlu menggunakan alas kaki yang nyaman, karena nantinya akan berjalan-jalan lebih jauh menuju area puncak. Selain itu, jangan lupa membawa jaket terutama jika berkunjung di sore hari.

2. Bawa Bekal

Yang paling penting, bawalah bekal utama yaitu minuman. Sangat direkomendasikan membawa minuman untuk melepas dahaga saat berjalan menuju area puncak. Selain itu, bisa juga membawa makanan ringan sebagai camilan saat perjalanan.

3. Siapkan Kamera

Obyek wisata ini memiliki spot foto yang bagus di sepanjang perjalanan. Jadi, pastikan membawa kamera dengan baterai full dan memori yang cukup. Jika perlu membawa tongsis (tongkat narsis) untuk smartphone maupun tripod bagi yang membawa kamera DSLR.

4. Berangkat Di Pagi Hari

Dianjurkan untuk berangkat di pagi hari untuk menghindari kemacetan di wilayah Yogyakarta, apalagi saat weekend dan musim liburan.

5. Dianjurkan Menginap

Green Village Gedang Sari memiliki pesona yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Untuk bisa menikmati sunrise dan sunset, dianjurkan untuk menginap barang satu malam saja. Selain itu, saat subuh tempat ini memiliki pemandangan gunung berselimut embun dan kabut putih tipis. Berasa sedang berada di khayangan.

6. Pastikan Kondisi Kendaraan Baik

Jika membawa kendaraan pribadi, pastikan dalam kondisi prima. Karena medan yang dilalui sempit dan menanjak, perlu kewaspadaan yang tinggi. Selain itu, dianjurkan menggunakan mobil. Berhubung melewati jalur utama dengan hutan-hutan di sekeliling, akan sangat perlu berhati-hati. Terutama saat mendapati hewan liar tiba-tiba menyeberang jalan. Perjalanan akan terasa kurang nyaman dan aman apabila mengendarai sepeda motor.

Tidak dilarang menggunakan sepeda motor, hanya baiknya lebih berhati-hati. Nah bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, dapat memanfaatkan jasa sewa mobil di Jogja. Dengan menggunakan jasa sewa mobil di Jogja, wisatawan akan lebih mudah untuk sampai di Green Village Gedang Sari ini.

By | 2018-11-14T14:32:02+00:00 November 14th, 2018|Wisata Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

08112955063