Gunung Ireng, Wisata Negeri Di Atas Awan

//Gunung Ireng, Wisata Negeri Di Atas Awan

Destinasi kota Yogyakarta tidak dapat diragukan lagi keindahannya termasuk salah satunya adalah gunung Ireng.  Tempat ini menawarkan keindahan kabut yang berada di sela perbukitan Gunung Sewu. Selain itu, keindahannya akan lebih indah jika dinikmati saat pagi hari sebelum matahari terbit. Untuk lebih jelasnya simak ringkasan tentang tempat wisata Gunung Ireng serta tips berlibur di sana.

Lihat juga tempat wisata lain dengan pemandangan menakjubkan : Gunung Nglanggeran

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Gunung Ireng

Lokasi Gunung Ireng tepatnya  ada di Dusun Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Gunung Ireng  ini menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa indah berupa pemandangan hamparan sawah yang luas serta nampak sangat menarik berada di tengah-tengah pedesaan.
Untuk masuk ke gunung ireng juga tidak mahal, tarif yang yang dipatok masuk ke Gunung Ireng sekitar Rp 5. 000, cukup murah bukan? Dengan biaya yang murah, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pemandangan alam yang indah dan eksotis.
Meskipun tempat wisata ini bernama “gunung”, namun  sebenarnya ini hanya sebuah bukit dengan berbatu kecil di puncak yang gundul. Puncak gunung ini merupakan titik tertinggi di Dusun Srumbung yang dikenal sebagai salah satu tempat yang terbaik untuk berburu berbagai pemandangan matahari terbit di Yogyakarta.

Tips Menikmati Keindahan Gunung Ireng Saat Liburan

Ketika anda berlibur di gunung ireng bersama keluarga, ada beberapa tips untuk menikmati keindahannnya. Tips ini perlu anda gunakan untuk mengunjungi gunung ireng, tujuannya tak lain supaya liburan anda dapat begitu menyenangkan. Berikut ini beberapa tips untuk menikmati keindahan Gunung Ireng  Jogja saat liburan :

1. Menikmati Perjalanan Menuju Lokasi Wisata

Anda bisa mulai liburan melalui sebuah perjalanan yang menyenangkan saat menuju tempat wisata gunung ireng jogja. Pada perjalanan menuju lokasi wisata Gunung Ireng akan terasa lebih asik ketika ditempuh menggunakan mobil.

Anda dapat menikmati keindahan perjalanan dengan penuh dengan pohon-pohon hijau yang alami di bagian sisi kanan dan kiri jalan. Selain itu perjalanan dengan mobil dapat lebih aman karena anda dan sekeluarga lebih terlindungi selama perjalanan.

Bagi anda yang ingin berkeliling kota Jogja namun tidak membawa mobil, tidak usah khawatir. Ada jasa sewa mobil di Jogja  yang siap membantu liburan anda agar lebih menyenangkan.

2. Berjalan Kaki Menuju Puncak Dengan Menikmati Pemandangan Sekeliling

Setelah tiba di gunung ireng, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan membaca legenda ataupun dengan melihat peta lokasi wisata yang terletak tepat di depan di pintu masuk puncak. Setelah anda puas membaca dan memahami semua informasi yang terdapat di papan, selanjutnya anda dapat meneruskan perjalanan menuju puncak gunung ireng dengan menikmati pemandangan di sekitar anda. Butuh waktu kurang lebih sekitar 5 menit untuk berjalan kaki menuju puncak gunung ireng ini.

Saat telah tiba di puncak, tak perlu diragukan lagi karena anda akan terpana dengan pesona pemandangan yang disajikan oleh wisata alam ini. Sepanjang mata memandang seluruh penjuru di sekitar wisata, hanya akan tersaji pemandangan hijau yang berisi persawahan serta berbagai pepohonan.

Keindahan pemandangan ini sangat  menenangkan dan menyegarkan. Cocok sekali untuk anda yang ingin membuang berbagai kepenatan serta menginginkan sebuah ketenangan.

3. Mengejar Sunset Di Bukit Pendekar

Hal selanjutnya yang sangat sering di lakukan saat mengunjungi gunung ini adalah mengejar sunset. Ketika senja tiba, semua pengunjung sangat ingin sekali menikmatinya. Sang surya dengan  perlahan akan kembali ke peraduan. Pesona pancaran mentari sunset sangat eksotis dan begitu metona. Sehingga tak heran, banyak traveller mengejar  sunset di Bukit Pendekar gunung ini.

Namun bagi anda yang terburu waktu dan ingin segera meninggalkan tempat ini ketika sore hari, anda masih bisa menikmati sunset dari balik kaca mobil.

4. Berkemah Sambil Menikmati Pemandangan Malam Gunung Ireng

Cukup banyak traveller yang memilih mendirikan tenda agar dapat berlama-lama menikmati pemandangan malam di tempat wisata tersebut. Salah satu halnya yang ditunggu adalah saat pagi pagi untuk melihat sunrise dengan pesonanya tak jauh berbeda keindahannya dengan sunset.

Kemudian salah satu hal yang juga perlu untuk diperhatikan adalah untuk tidak  meninggalkan sampah karena hal tersebut bukanlah perilaku terpuji serta dapat merusak keindahan wisata tersebut.

5. Pesta Api Unggun

Sebagai pelengkap saat berkemah, anda juga bisa menyalakan api unggun. Dapat anda bayangkan betapa serunya ketiak melakukan hal tersebut dengan teman-teman yang anda sangat sayangi.

Menikmati kehangatan di antara api unggun ditemani pesona alami gunung akan menjadi hal sangat berkesan dan sulit untuk terlupakan. Ditambah lagi anda dapat memasak sosis bakar atau jagung bakar diatas api unggun.

6. Menikmati Matahari Terbit ( Sunrise )

Saat menjelang dini hari, sang mentari mulai mengepakkan sayapnya untuk muncul kembali di bumi. Hal ini juga cukup dinantikan dengan keindahan semburatnya di langit yang seolah menyala dari ujung timur. Lebih dari itu, cukup banyak pengunjung yang sengaja datang saat dini hari, hanya untuk dapat melihat pesona sang fajar yang menyingsing dengan sejuta pesonannya.

Di sepanjang pandangan mata hanya akan melihat hamparan pemandangan hijau yang sangat memanjakan mata. Udaranya pun juga demikian, sangat sejuk untuk dihirup dan dinikmati oleh siapapun yang berada di puncak gunung ini.

7. Selfie Dengan Background Negeri Di Atas Awan

Mengambil spot terbaik selama berada di atas gunung bukanlah hal yang asing. Saat menjelang pagi, anda akan disuguhkan kabut awan yang membentuk pemandangan seolah negeri di atas awan. Selain itu, anda juga bisa melihat persawahan serta ladang warga yang begitu hijau serta menyegarkan mata dari puncak gunung ini.

Suasana yang begitu menenangkan serta begitu menyejukkan. Tidak perlu lagi anda bayangkan betapa indahnya berselfie ria dari puncak gunung, dengan background yang tidak hanya editan semata namun pemandangan alami nyata yang memukau.

Lihat juga tempat wisata yang sangat bagus untuk background foto : Candi Prambanan

8. Wefie Bersama Sahabat

Liburan dengan sahabat juga bukan merupakan masalah yang mudah. Setelah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari demi menikmati liburan serta untuk rehat dari kesibukan masing-masing.

Oleh  sebab  itu, jangan lupa untuk melakukan wefie dari berbagai spot yang menarik ataupun ketika momen-momen seru. Hasil dari wefie bisa dikumpulkan di album foto untuk kenang-kenangan dan juga sebagai bukti serunya persahabatan kalian.

9. Melakukan Penanaman Pohon

Walaupun dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari atas puncak gunung, kawasan Gunung Ireng sebenarnya masih terlihat kurang subur karena jumlah pepohonan di sana masih sangat minim. Oleh sebab itu, anda sebagai traveller perlu untuk peduli akan lingkungan.

Tak ada salahnya jika anda berinisiatif untuk membawa beberapa bibit pepohonan untuk dapat ditanam di gunung ireng ini. Sehingga anda tidak hanya meninggalkan jejak kaki kenangan dan foto selfie, namun juga turut menyumbang kelestarian lingkungan bagi tempat wisata ini.

10. Bersantai Sambil Menikmati Panorama Alam

Usai melakukan penanaman pohon, anda bisa bersantai ria sambil menikmati pesona alam yang ada di tempat wisata ini. Berada di puncak gunung merupakan sesuatu yang benar-benar mengasyikkan. Udara yang begitu dingin menciptakan suasana semakin nyaman serta membuat  pengunjung dapat berlama-lama di tempat wisata tersebut.

By | 2018-11-13T09:42:09+00:00 November 13th, 2018|Wisata Jogja|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

08112955063