Jogja National Museum, Museum Seni Yang Sangat Menarik

//Jogja National Museum, Museum Seni Yang Sangat Menarik

Ada banyak jenis wisata yang ada di Jogja, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah dan wisata seni. Salah satu tempat wisata seni yang cukup terkenal di Jogja adalah Jogja National Museum atau biasa disebut dengan JNM. Museum yang satu ini adalah museum yang menunjukkan koleksi-koleksi yang berkaitan dengan seni kotemporer. Hal inilah yang membuat JNM berbeda dari museum yang lainnya.

Jika anda berencana untuk berlibur di Jogja, tidak ada salahnya jika anda mampir ke tempat yang satu ini. Tempat wisata yang satu ini sangat unik dan penuh dengan karya seni berkualitas. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan diterangkan mengenai museum seni yang satu ini.

Lihat Museuum seni di Jogja lainnya : Museum Sonobudoyo

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Ke Jogja National Museum

JNM terletak di jalan Amri Yahya No 1 Gampingan Wirobrajan Jogjakarta. Gedung JNM ini cukup besar dan menarik perhatian. Di depannya ada beberapa karya seni kotemporer yang dipajang. Hal ini membuat para pengunjung mudah menemukan JNM. Jika anda ingin ke sini sebaiknya anda menggunakan jasa rental mobil di Jogja saja agar lebih mudah menemukan alamat dengan cepat. Museum ini dibuka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Sebenarnya tidak ada tiket masuk yang harus dibayarkan para pengunjung pada hari biasa. Namun jika sedang diadakan pameran, maka pengunjung wajib membayar biaya tiket masuk. Harga dari tiket masuk ini juga bervariasi tergantung kebijakan museum dan pihak penyelenggara pameran. Namun anda tidak perlu merasa cemas, pasalnya harga tiket ini selalu menyesuaikan kemampuan masyarakat. Sehingga harganya dijamin tidak akan membuat anda mengeluh.

Sejarah Dibangunnnya Jogja National Museum

Berdirinya JNM merupakan proses yang cukup panjang. Bangunan museum ini sebenarnya adalah bekas bangunan Akademi Seni Rupa Jogja. Dikarenakan bangunan ini tidak digunakan lagi dan tidak terawat maka Ketua Yayasan Seni Nusantara, Wironegoro memprakarsai untuk dibuatnya sebuah museum. Sehingga dibangunlah sebuah museum seni yang khusus menyajikan karya-karya seni rupa kotemporer.

Hal ini juga sejalan dengan kebutuhan para seniman yang ada di Jogja. Pada saat itu, para seniman di kota Jogja juga membutuhkan sebuah tempat yang bagus dimana mereka bisa memajangkan karyanya. JNM akhinya berhasil menjadi wadah bagi para seniman Jogja. Bahkan para seniman bisa membuat acara pameran bagi karya-karya mereka.

Fasilitas Yang Ada Di Jogja National Museum

Sebagai sebuah museum kontemporer, museum yang satu ini memiliki fasilitas yang terbilang sangat lengkap. Semua fasilitas ini dijaga dengan baik oleh para pengelola khususnya pihak pemerintahan Jogja. Apa saja fasilitas yang ada di museum ini? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Ruang Galeri

Di dalam museum ini terdapat galeri yang memajang banyak karya. Anda harus menjelajahi semua galeri ini. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali karya seni yang bagus dan menarik untuk dilihat. Galeri ini juga tersusun dengan rapi, sehingga akan memudahkan para pengunjung. Jika anda menyukai karya seni, maka galeri ini bisa menjadi surga tersendiri bagi anda. Tentu saja hasilnya semua karya yang ada di sini memanjakan mata anda.

2. Ruang Workshop

Pengelola museum ini juga sering mengadakan workshop. Tentu saja hal ini menyebabkan adanya sebuah ruangan yang khusus untuk tempat workshop. Semua workshop yang diadakan biasanya adalah workshop yang berkaitan dengan seni. Bagi pecinta seni yang ada di Jogja, workshop-workshop seperti ini tentu sangat menarik untuk diikuti. Ruang workshop ini juga sangat nyaman bagi para peserta workshop.

3. Kantor Pengelola

Museum ini juga memiliki kantor pengelola. Hal ini menunjukkan bahwa JNM dikelola dengan sangat profesional sehingga anda tidak akan kecewa telah berkunjung. Jika pengunjung merasa tertarik atau bahkan ingin berkontribusi untuk acara seni yang ada di museum ini, para pengunjung bisa langsung datang ke bagian ini. Di sini, siapapun bisa ikut serta dalam memajukan museum. Anda bisa memberikan karya seni atau bisa berkontribusi dalam kegiatan seni yang lainnya.

4. Art Shop

Fasilitas art shop juga bisa anda temui di sini. Art shop ini adalah fasilitas dimana anda bisa membeli barang-barang yang memiliki seni yang tinggi. Biasanya pengunjung membeli karya seni ini sebagai oleh-oleh atau suvenir. Setelah anda habis berkeliling area galeri anda bisa datang kebagian ini. Hampir semua pengunjung tidak pernah absen mengunjungi galeri yang satu ini.

5. Internet

Dalam museum ini anda juga bisa menemukan fasilitas internet. Fasilitas ini juga bisa digunakan oleh para pengunjung. Hal ini menunjukkan jika pihak pengelola memang memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pengunjung yang datang. Fasilitas internet ini juga bisa memudahkan anda mencari informasi seputar karya seni.

Manfaatkan semua fasilitas yang ada di atas dengan sebaik mungkin. Dengan adanya fasilitas di atas, anda bisa melakukan banyak kegiatan ketika berada di JNM ini. Kegiatan ini sangat seru dan menarik.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Jogja National Museum

Ada beerapa kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan saat mengunjungi museum yang satu ini. Setidaknya ada 3 kegiatan utama yang wajib dilakukan. Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut. Berikut ini kegiatan yang bisa anda lakukan saat berada di Jogja National Museum:

1. Melihat Banyak Koleksi

Melihat-lihat koleksi seni yang ada di galeri ini adalah tujuan utama para pengunjung. Bahkan di sini ada juga karya seni yang bentuknya aneh-aneh. Hal ini akan memancing imajinasi anda untuk menjadi liar dan juga berfikir tentang makna tersirat dari karya seni tersebut. Pasti rasanya sangat menyenangkan memiliki kesempatan untuk melihat banyak koleksi barang seni dari para seniman ternama Jogja bahkan dunia. Apalagi jika anda datang ke sini pada saat ada pameran. Dijamin anda akan merasa betah melihat semua karya seni yang dipajangkan.

2. Berfoto Ria

Jangan lupa membawa kamera anda saat mengunjungi tempat yang satu ini. Hal ini dikarenakan anda bisa berfoto ria saat sedang berada di dalam museum. Ada banyak karya unik yang bisa menjadi latar belakang foto anda. Sehingga foto yang anda hasilkan akan terlihat tidak biasa dan beda dari yang lainnya. Namun berhati-hatilah saat berfoto di sini, jangan sampai merusak karya seni yang sedang dipajang. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan datang sendirian ke museum ini. Anda bisa membawa teman untuk mengambilkan foto anda.

Lihat tempat wisata di Jogja lain yang tidak kalah menarik untuk berfoto : De Arca Statue Museum

3. Ikut Dalam Diskusi Seni

Jika anda hobi dengan seni dan mau ikut diskusi seni, anda juga bisa bergabung. Di dalam museum ini sering diadakan sebuah diskusi seni dengan tema yang beragam. Apalagi diskusi ini tidak jarang diikuti oleh para seniman kondang yang ada di Jogja. Sehingga diskusi ini menjadi berkelas. Tidak perlu merasa khawatir jika anda masih minim pengetahuan tentang seni. Anda juga bisa menjadi pendengar yang baik saja.

Itulah informasi penting seputar Jogja National Museum. Datanglah ke sini jika anda merasa sangat penasaran. Pelajari kesenian Jogja lebih dekat. Wisata seni adalah wisata yang sangat menyenangkan.

Leave A Comment

× 08112955063