Ketika datang ke Jogja, mungkin anda bingung mau berwisata di daerah mana karena saking banyaknya objek wisata di Yogyakarta. Beragam jenis wisata ditawarkan oleh Jogja bagi para pengunjungnya, mulai dari wisata seni hingga spot instagramable seperti Wisata Kali Kuning Park.

Tidak hanya di jogja saja, tapi sekitarnya juga menawarkan tempat yang menakjubkan untuk menghibur diri. Salah satunya Kali Kuning Park Sleman. Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang wisata kali kuning sleman sebelum menjadikannya sebagai destinasi saat liburan, simak ulasan ini!

Objek Wisata Kali Kuning Park Sleman

Kali Kuning Park Jogja adalah sebuah objek wisata dengan daya tarik utama suasana dan keindahan pegunungan. Disana, anda akan merasakan udara yang segar, sejuk dan alam yang masih asri. Itu membuat tempat wisata ini cocok bagi anda yang ingin menjauh dari keramaian kota.

Disana, anda akan melihat pohon-pohon pinus, pohon puspa, kantung semar, pohon rasamala dan berbagai jenis pohon lain. Lebih dari itu, jika anda beruntung akan berjumpa dengan Elang Jawa yang sekarang populasinya sudah menurun. Ada pula jembatan plunyon kalikuning kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta yang merupakan tempat instagramable, cocok untuk spot selfie.

Sejarah Kali Kuning Park Sleman

Sebagai objek wisata di Sleman, Kali Kuning dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) yang memiliki kelompok pemberdayaan masyarakat. Dimana organisasi ini mengajak masyarakat untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alamnya. Lokasi ini dikembangkan pertama kali sebagai area wisata pada tahun 2017, tepatnya pada pertengahan Januari.

Kunjungi juga wisata dengan nuansa alam yang menakjubkan: Green Village Gedangsari

Lalu, mulai dibuka untuk umum pada pertengahan bulan Februari 2017. Menurut Kepala Resort TNGM mengungkap bahwa tempat ini harus dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat setelah erupsi gunung merapi sebelumnya. Kemudian, pihak TNGM mempunyai ide untuk mengembangkan area ini sebagai kawasan wisata yang mana pengelolaannya dibantu oleh warga setempat.

Lokasi Objek Wisata Kali Kuning Park

Letak kali kuning park di Jl. Bebeng, Palem Sari Desa Umbul Harjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta 55583. Sedangkan jam buka kali kuning park 08.00 – 17.00 WIB. Selain bisa sebagai tempat wisata tujuan pasangan, juga sangat menarik sebagai destinasi wisata keluarga. Sehingga, tak hanya bisa untuk menenangkan diri saja, melainkan juga untuk bersenang-senang dengan orang-orang tercinta.

Akses menuju tempat wisata dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4. Jika Anda adalah wisatawan jogja, tidak perlu kawatir soal alat transportasi, kami merupakan agensi sewa mobil yang menyediakan rental mobil avanza di jogja dan motor yang bisa diandalkan.

Fasilitas di Objek Wisata Kali Kuning Park

Untuk membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di wisata Kali Kuning, pengelola menyediakan beragam fasilitas. Adapun fasilitas tersebut adalah :

  • Pusat informasi
  • Toilet
  • Area parkir yang luas
  • Warung
  • Penginapan
  • Area camping
  • Beberapa spot selfie dan tempat istirahat.

Area camping yang disediakan sangat nyaman karena dihadapkan ke pemandangan yang indah. Bercamping di sana, akan membuat anda merasakan kebahagiaan karena bisa menyatu dengan alam. Tentunya tepat sekali jika pengelola menjadikan tempat bekas erupsi merapi ini menjadi destinasi wisata. Disamping menghibur pengunjung, tempat ini pun membawa keuntungan bagi warga sekitar.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Saat berwisata, pastinya anda akan membahas kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disana. Sehingga, anda dapat mempersiapkan diri beserta perlengkapan yang akan dibawa untuk kegiatan seru itu. Di Kali Kuning Park, anda akan menyaksikan panorama alam yang asri, merasakan udara segar dan kesejukan yang bisa menjernihkan pikiran. Kalau membawa anak-anak, anda bisa mengajarkan mereka tentang alam dan burung.

Setelah puas menikmati alamnya, anda pun dapat menemukan spot yang instagramable. Salah satunya di jembatan plunyon atau beberapa spot selfie lain di kawasan objek wisata Bukit Kali kuning Jogja ini. Aktivitas berikutnya yang dapat anda lakukan adalah berkemah. Anda bisa membawa tenda sendiri atau menyewa di lokasi wisata. Selain itu, ada aktivitas mini trekking dan wisata dengan jeep di sekitar merapi.

Harga Tiket Masuk Wisata

Berikut harga tiket masuk Kali Kuning Park Sleman dan biaya-biaya lainnya :

HargaKeterangan
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir KendaraanRp 2.000,-
Naik Lava Tour MerapiRp 300.000,-
Camping Bawa Tenda SendiriRp 20.000,- per orang
Camping Sewa TendaRp 50.000,- per orang
Camping FamilyRp 600.000,- per 4 orang (termasuk tour wisata)

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Sebagai destinasi wisata, objek wisata Kali Kuning Sleman dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Baik pagi maupun siang hari, tempat ini tetap sejuk. Jadi, anda tak perlu khawatir kepanasan. Jika ingin menikmati panorama gunung merapi dan jernihnya air, usahakan datang saat cuaca cerah. Apabila tidak nyaman dengan camping, pilih saja homestay di sekitar tempat wisata ini.

Baca juga artikel wisata favorit di Jogja lainnya: Jogja Bay

Dirancang dengan banyak spot swafoto kali kuning park kabupaten sleman, daerah istimewa yogyakarta membuat banyak kenangan bagi anda. Dengan berkunjung ke tempat ini anda dapat mengedukasi anak-anak mengenai alam dan ekosistemnya. Bahkan bisa menghilangkan stres akibat dari aktivitas harian yang padat dan penuh tekanan.