Jogja merupakan salah satu kota yang istimewa. Tempat ini begitu nyaman dan memiliki berbagai tempat wisata yang memukau. Berbagi wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, serta berbagai jenis wisata lainnya bisa ditemukan di Jogja. Salah satu objek wisata di Jogja yang memiliki pesona alam yang indah yaitu Kalibiru Kulonprogo.

Objek wisata Kalibiru ini terletak di kabupaten Kulonprogo dan memiliki banyak pesona alam yang indah dan memukau. Pengunjung yang datang bukan hanya dari Jogja saja, tetapi juga dari luar kota. Simak keindahan tempat wisata ini sebagai berikut.

Pesona Wisata Kalibiru Kulonprogo

Kalibiru Kulonprogo merupakan salah satu wisata Kulonprogo yang menawarkan pesona hutan yang asri. Uniknya lagi, para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bukit nan hijau dan asri ini dengan menaiki gardu pandang. Melalui gardu ini, pengunjung tak hanya disuguhkan oleh keindahan bukit hijau saja, namun juga keindahan Waduk Sermo.

Di gardu pandang, Anda juga dapat berfoto dengan background pemandangan Bukit Menaroh yang masih hijau dipadukan dengan keindahan Waduk Sermo. Setelah asyik mengambil gambar dengan latar belakang yang super kece, Anda juga dapat berkeliling menuju tempat wisata lain yang ada di sekitar tempat ini.

Jalan menuju Kalibiru Kulonprogo dan akses menuju berbagai tempat wisata di sekitar Kalibiru dapat Anda lalui dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menyewanya di jasa sewa mobil Jogja. Jasa ini menyediakan berbagai jenis mobil seperti Honda Brio, Jazz, Avanza, dan beberapa jenis mobil lainnya.

Foto

Sejarah Singkat Kalibiru Kulonprogo

Pada mulanya, Kalibiru Kulonprogo hanyalah tempat pemukiman penduduk yang hendak dijadikan hutan negara sebagai sumber penghasil kayu pada masa penjajahan Belanda. Akan tetapi, pada saat reformasi terjadilah penebangan hutan secara besar-besaran yang membuat kawasan ini menjadi kering dan sering dilanda longsor.

Jangan lewat wisata pantai paling favorit di Jogja: Pantai Parangtritis

Menyadari hal tersebut, pada tahun 2000 terbentuklah 7 kelompok tani yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya hutan negara. Pada 15 Februari 2003, kelompok tani ini memperoleh izin sementara pengelolaan hutan kemasyarakatan yang bukan merupakan hutan lindung. Pada tahun 2008 hutan lindung ini diusulkan menjadi sebuah tempat wisata bernama Kalibiru.

Lokasi Tempat Wisata

Fasilitas yang Tersedia

Wisata Kalibiru Kulonprogo ini sudah dirintis sejak lama dan terus dikembangkan dengan menghadirkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

  1. Area parkir yang luas
  2. Terletak berdekatan dengan masjid dusun
  3. Mushala
  4. Aula pertemuan
  5. Penginapan/home stay
  6. Camping ground
  7. Spot foto
  8. Gardu pandang
  9. Toilet/kamar mandi
  10. Kios makanan dan warung warga
  11. Sarana outbond
  12. Fasilitas trekking

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Wisata Kalibiru Kulonprogo ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Adapun biaya parkir, spot games, dan spot foto di wisata ini akan disajikan dalam bentuk tabel. Tak hanya itu, harga tiket masuk Kalibiru Yogyakarta juga dapat Anda lihat pada tabel.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 10.000 – Rp 15.000
Spot GameRp 35.000
Spot FotoRp 5.000
Flying FoxRp 5.000 – Rp 10.000

Pesona alam wisata Jogja yang indah dan asri ini tentu sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat melepas penat dari runitas sehari-hari. Tak hanya itu, di sana Anda juga dapat melatih adrenalin dengan mencoba sarana outbond atau hanya menjelajah alam dengan fasilitas trekking. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Demikian sekilas informasi mengenai tempat wisata Kalibiru Kulonprogo. Selamat menikmati liburan dan jangan lupa selalu abadikan setiap momen kebersamaan Anda dengan keluarga atau teman terdekat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.