Wisata edukasi adalah wisata yang bersifat mendidik dan sangat bagus untuk dilakukan oleh anak-anak. Jogja merupakan kota yang memiliki banyak sekali sarana wisata edukasi. Salah satu sarana wisata edukasi yang ada di Jogja adalah Museum Anak Kolong Tangga. Museum yang satu ini adalah museum yang khusus menyimpan beragam koleksi yang berkaitan dengan mainan anak-anak pada zaman dulu.

Anak Kolong Tangga dikenal sebagai museum yang mampu memberikan pelajaran, bahwa permainan itu sangat penting. Bahkan sejak zaman dahulu sudah banyak jenis mainan yang ada di Indonesia. Bagi anda yang merasa penasaran dengan Anak Kolong Tangga, berikut ini akan diberikan informasi lengkapnya.

Lokasi, Harga Tiket Dan Jam Buka Museum Anak Kolong Tangga

Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Sriwedani no 1 Jogja. Letaknya tepat diantara Taman Pintar dan Pasar Buku Bekas Jogja. Museum ini diberi nama “Anak Kolong Tangga” dikarenakan posisinya memang berada di bawah kolong tangga Taman Budaya Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke museum ini, anda bisa menggunakan jasa rental mobil di Jogja.

Harga tiket Museum Anak ini sangat murah sekali, anda hanya cukup membayar 4 ribu rupiah saja. Pada hari Senin museum ini ditutup untuk umum. Museum ini hanya buka dari Selasa sampai Minggu dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Mayoritas pengunjung dari museum ini adalah anak-anak sekolah. Biasanya anak-anak sekolah ini datang dalam rombongan beserta gurunya.

Lihat tempat wisata Museum yang lain : Museum Batik Jogja dan Jogja National Museum

Fasilitas Yang Ada Di Museum Anak Kolong Tangga

Di dalam museum ini ada berbagai fasilitas yang bisa dipergunakan oleh para pengunjung yang datang ke museum. Fasilitas-fasilitas ini terbilang sudah cukup memadai. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang ada di museum ini:

1. Ruang Galeri Mainan Tradisional

Fasilitas yang satu ini adalah fasilitas utama yang bisa dimasuki. Ruang galeri mainan tradisional adalah ruangan yang berisi banyak sekali mainan tradisional. Mainan-mainan ini tersusun dengan rapi. Para pengunjung bisa langsung melihat mainan-mainan ini. Beberapa mainan yang dipajang terlihat cukup unik dan juga menarik. Apalagi beberapa mainan mungkin tidak pernah anda lihat sebelumnya.

2. Perpustakaan Burung Biru

Perpustakaan burung biru adalah fasilitas berupa ruang baca seperti perpustakaan pada umumnya. Dengan adanya perpustakaan ini, para pengunjung bisa belajar lebih dalam lagi mengenai mainan-mainan yang ada di Indonesia. Perpustakaan ini juga memiliki dekorasi yang cukup unik. Hal inilah yang membuat banyak para pengunjung yang merasa betah berada di dalamnya.

3. Beragam Tempat Pajangan Koleksi

Ada banyak sekali koleksi yang bisa anda temukan dalam museum ini. Koleksi-koleksi inilah yang bisa anda nikmati dengan mudah. Fasilitas pajangan ini diberikan dalam jumlah yang banyak dan disebar di dalam beberapa ruang. Ada koleksi yang cukup besar dan ada juga yang berukuran kecil. Ada beberapa fasilitas seperti meja dan etalase untuk memamerkan koleksi yang ada.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Museum Anak Kolong Tangga

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan di museum ini. Kegiatan-kegiatan ini akan dipantau langsung dan diarahkan oleh pihak pengelola museum. Hal ini membuat para pengunjung merasa sangat senang dan tentunya tidak bosan. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Museum Anak Kolong Tangga? Berikut ini kegiatan-kegiatan menyenangkan tersebut:

1. Melihat Koleksi

Kegiatan yang pertama kali harus dilakukan pengunjung yang datang ke sini adalah melihat-lihat koleksi. Banyaknya koleksi yang ada di sini bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk anak-anak. Apalagi semua koleksi yang ada di sini sangat unik dan juga jarang ditemui. Jadi para pengunjung akan terkesan dengan semua koleksi yang terpajang. Koleksi-koleksi ini juga tersusun dengan rapi.

2. Membaca Buku

Manfaatkan perpustakaan yang ada di dalam museum ini dengan membaca buku. Buku-buku yang ada di dalam museum juga sangat menarik. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menambah minat baca anak-anak. Budaya membaca memang harus dipupuk sedari kecil. Hal ini penting sekali untuk menumbuhkan minat baca.

3. Mendengarkan Dongeng

Pada umumnya anak-anak akan sangat senang jika diminta untuk mendengarkan dongeng. Di museum ini juga diadakan sesi mendengarkan dongeng. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan bagi anak-anak. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mendengarkan dongeng. Anak-anak juga dapat mengambil pelajaran moral dari cerita yang didongengkan.

4. Menonton Film Anak

Museum ini juga sering memutar fim-film anak. Tentu saja film anak yang diputar adalah film dengan kualitas cerita yang bagus. Sehingga anak-anak bisa belajar banyak dari film tersebut. Apalagi film-film ini ditonton beramai-ramai, sehingga akan menambah keseruan yang ada. Kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan yang paling menarik.

5. Membuat Topeng

Ada banyak cara untuk mengasah kreatifitas anak. Salah satu caranya adalah dengan membuat topeng. Di sini anak-anak bisa membuat topeng sesuai dengan keinginan mereka. Mereka akan dipandu dan diarahkan agar bisa membuat topeng dengan kualitas yang baik. Tentu saja hal ini akan membantu anak menjadi pribadi yang terampil.

6. Melakukan Permainan Zaman Dulu

Pihak pengelola juga sering mengajak anak-anak untuk melakukan permainan zaman dulu. Sadar atau tidak sadar, ada banyak mainan zaman dulu yang ternyata mengandung banyak manfaat. Hal ini juga baik untuk mengajarkan pada anak jika bermain secara tradisional jauh lebih baik daripada hanya bermain gadget. Kegiatan ini sangat dianjurkan bagi anak-anak yang kecanduan bermain dengan gadgetnya.

7. Ikut Workshop

Ada banyak workshop yang bisa diikuti di dalam museum ini. Workshop ini biasanya berupa bagaimana cara mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain. Tentu saja isi dari workshop ini sangat bagus. Orangtua jadi paham bagaimana metode untuk mendidik anak dengan baik. Pada dasarnya, mendidik anak memang membutuhkan keahlian tersendiri.

8. Melihat Pameran Temporer Tahunan

Di dalam museum ini ada pameran-pameran temporer yang dilakukan setiap tahunnya. Pameran ini juga biasanya tetap berkaitan dengan dunia anak. Sehingga anak-anak juga banyak yang suka melihat pameran ini. Pameran ini biasanya juga berkaitan dengan seni tingkat tinggi. Anda bisa belajar banyak tentang anak sekaligus tentang senia. Pameran tahunan ini dikemas dengan sangat menarik oleh penyelenggara.

9. Bersenandung Bersama

Suasana ceria akan langsung terasa ketika anda memasuki tempat ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Anak-anak bisa bersenandung bersama di dalam museum. Senandung ini biasanya berupa nyanyian anak-anak yang bersifat ceria. Sehingga suasana museum ini selalu tampak ceria dan juga tampak hidup. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan museum lain yang umumnya sangat hening.

Itulah ragam kegiatan yang bisa dilakukan di Museum Anak Kolong Tangga. Jika datang ke sini, sebaiknya anda membawa banyak anak-anak. Semakin banyak anak-anak yang anda bawa, maka akan semakin seru kegiatan yang dilakukan. Segera atur waktu kunjung anda dan dapatkan pengalaman yang mengesankan di dalam museum ini. Museum ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja.