Jalan-jalan ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke salah satu museumnya. Ada banyak sekali museum yang ada di Jogja. Beberapa museum tersebut adalah Museum De Arca, Museum Anak Kolong Tangga, Museum D’Walik dan Museum Biologi. Museum yang paling tepat dikunjungi untuk menambah wawasan akan flora dan fauna adalah Museum Biologi UGM.

Baca lebih lanjut tentang : Museum De Arca, Museum Anak Kolong Tangga dan D’Walik

Museum tentang biologi ini adalah museum yang menyimpan banyak koleksi mengenai makhluk hidup. Bagi anda yang suka dengan wisata yang mengandung nilai edukasi, maka museum yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Di sini, anda bisa belajar banyak hal mengenai ilmu biologi. Di bawah ini akan disampaikan beberapa informasi penting tentang museum ini.

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Museum Biologi

Letak dari museum ini tepat berada di Jalan Sultan Agung Nomor 22 Yogyakarta. Lokasi ini terbilang cukup mudah untuk dijangkau. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil di Jogja untuk bisa sampai ke tempat ini tanpa kendala. Jika naik kendaraan umum, anda akan sedikit bingung dengan rutenya.

Museum ini hanya buka pada hari Senin sampai Jumat. Jangan datang pada hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah. Hal ini dikarenakan museum ini akan ditutup setiap weekend dan hari libur. Dari hari Senin hingga Kamis, museum dibuka dari jam 7.30 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari Jumat museum dibuka dari jam 7.30 hingga jam 15.00 WIB. Pastikan anda tidak salah memilih jam kunjung.

Harga tiket untuk bisa masuk ke museum yang luar biasa ini cukup terbilang murah. Anda hanya perlu membayar Rp. 7.000,- saja. Khusus untuk para pelajar, harga tiket dibandrol Rp. 5.000,-. Bagi wisatawan asing yang datang, harga tiket lebih tinggi yaitu Rp. 15.000,-. Semua harga ini juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola museum.

Koleksi Yang Bisa Dijumpai Di Museum Biologi

Mungkin anda ragu untuk datang ke museum ini karena tidak tahu koleksi apa saja yang bisa anda lihat di dalamnya. Museum ini memiliki banyak sekali ragam koleksi. Koleksi-koleksi ini berupa awetan serta beberapa peraga. Berikut ini koleksi-koleksi yang bisa anda jumpai di Museum Biologi:

1. Awetan Binatang Buas

Di dalam museum ini terdapat awetan binatang-binatang buas. Ada banyak binatang buas yang diawetkan di dalam museum ini. Beberapa binatang buas tersebut adalah harimau, buaya dan  ular. Semua binatang buas ini asli, namun tidak berbahaya karena sudah diawetkan. Melihat koleksi awetan ini juga membuat anda seperti berada di dalam kebun binatang.

2. Kotak-Kotak Diorama

Beberapa koleksi kotak diorama juga bisa anda lihat di dalam museum ini. Kotak diorama adalah kotak dimana didalamnya terdapat awetan binatang dan gambaran lingkungan aslinya. Sehingga anda bisa melihat replika binatang-binatang tersebut dengan detail. Diorama ini juga sangat menarik, anda bisa mengetahui banyak hal tentang kehidupan hewan yang sebenarnya.

3. Awetan Beragam Jenis Unggas

Awetan beragam jenis unggas juga bisa dijumpai di dalam museum ini. Unggas-unggas di sini berupa burung-burung tertentu. Ada banyak jenis burung yang diawetkan di dalam museum ini. Tentu saja koleksi-koleksi ini sangat unik. Apalagi ada banyak jenis burung yang mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya.

4. Awetan Beragam Jenis Tumbuhan

Bukan hanya awetan binatang saja yang bisa dilihat di dalam museum ini. Museum ini juga menyimpan beragam jenis tumbuhan. Ada banyak jenis tumbuhan yang diawetkan. Bahkan jika dijumlahkan semuanya bisa mencapai ribuan. Tumbuhan-tumbuhan ini diawetkan untuk beragam macam kepentingan. Salah satu diantaranya adalah untuk media edukasi pada para pengunjung.

5. Awetan Binatang-Bintang Langka

Beberapa binatang langka juga bisa dijumpai di museum ini dalam bentuk awetan. Binatang-binatang langka tersebut adalah buaya putih, burung kasuari dan masih banyak lagi. Tentu saja akan sangat menjadi pengalaman yang berkesan bisa melihat binatang-binatang langka ini. Walaupun anda hanya melihat binatang-binatang ini dalam bentuk awetan.

Banyak sekali koleksi yang bisa anda lihat di Museum Biologi. Ketika ada di dalam museum ini, anda tidak hanya bisa melihat-melihat koleksi. Ada banyak kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di dalam museum. Bahkan kegiatan-kegiatan ini sangat seru sekali.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Museum Biologi

Ada 5 kegiatan yang bisa anda lakukan di dalam museum ini. Apa saja kegiatan-kegiatan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Berfoto Dengan Koleksi

Jangan lupa membawa kamera terbaik anda ketika berkunjung ke museum ini. Ada banyak sekali koleksi-koleksi yang bisa anda foto. Apalagi anda juga bisa berfoto bersama dengan koleksi-koleksi yang ada di dalamnya. Namun pastikan ketika berfoto anda jangan sampai merusak semua koleksi yang ada di dalamnya.

2. Melakukan Pengamatan Mikroskopis

Di dalam museum ini anda juga bisa melakukan pengamatan mikroskopis. Pengamatan ini adalah pengamatan yang dilakukan untuk mengamati awetan-awetan yang ada di dalam museum. Bahkan anda juga bisa mengamati benda-benda kecil. Kegiatan ini juga didukung dengan peralatan-peralatan yang canggih. Sehingga anda akan merasa senang melakukan pengamatan ini.

3. Belajar Tentang Konservasi

Konservasi adalah tindakan untuk menjaga kelestarian alam. Di dalam museum ini anda juga bisa belajar banyak tentang konservasi. Anda akan diajari bagaimana cara membuat alam tetap seimbang. Hasilnya tentu saja anda akan bisa berbuat kebaikan untuk alam sekitar. Hal ini dikarenakan menjaga lingkungan flora dan fauna adalah tanggung jawab kita bersama.

4. Melihat Peragaan Ilmiah

Ada juga beragam peragaan ilmiah yang dilakukan di dalam museum ini. Peragaan ini biasanya bertujuan mengajarkan sesuatu pada para pengunjung. Museum ini memang memiliki tujuan utama untuk bisa meningkatkan pengetahuan para pengunjung. Sehingga ketika para pengunjung pulang, mereka tidak pulang dengan tangan hampa. Namun mereka pulang dengan pengetahuan yang lebih baik tentang flora dan fauna.

5. Belajar Mengawetkan Binatang Dan Tumbuhan

Jika anda beruntung, anda juga bisa melakukan proses belajar bagaimana cara mengawetkan binatang dan tumbuhan. Selain itu, anda juga bisa melihat bagaimana cara pihak museum menjaga awetan ini agar tidak rusak. Hal ini sangat penting, agar anda tidak merasa penasaran bagaimana caranya binatang-binatang ini bisa tahan hingga sekarang.

6. Kegiatan Tanya Jawab Mengenai Koleksi

Kegiatan yang paling tidak boleh dilewatkan saat ada di dalam museum ini adalah kegiatan tanya jawab. Anda bisa bertanya pada petugas museum tentang koleksi-koleksi yang anda lihat. Para petugas museum ini akan dengan sabar menjawab semua pertanyaan yang anda berikan. Dalam hal ini, pancing rasa penasaran anda sehingga anda bisa mendapatkan banyak informasi.

Itulah kegiatan-kegiatan seru yang bisa anda lakukan di Museum Biologi. Kunjungi museum ini dan rasakan sensasi berada di tengah-tengah awetan flora dan fauna. Dengan jalan-jalan ke sini anda akan mengetahui keragaman hayati dari dalam maupun luar negeri. Tempat ini sangat unik dan bagus bagi para pelajar. Ada banyak pengetahuan yang bisa anda dapatkan dari museum ini.