Jogja kaya akan tempat wisata sejarah. Ada banyak museum, candi, dan juga berbagai peninggalan sejarah yang masih terjaga di kota ini. Salah satu tempat wisata sejarah yang terkenal di Jogja adalah Museum Sonobudoyo. Museum yang satu ini merupakan museum yang menyimpan sejarah kebudayaan masyarakat Jawa. Hal ini menyebabkan anda bisa menemukan beragam koleksi yang berhubungan dengan masyarakat Jawa dan budayanya.

Lihat wisata peninggalan sejarah Jogja lain : Taman Sari

Jika anda sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya anda mencoba untuk mampir mengunjungi museum ini. Tempat wisata Sonobudoyo terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi oleh siapapun. Di bawah ini ada beragam hal yang berkaitan dengan tempat wisata Sonobudoyo, mulai dari lokasi, sejarah, hingga fasilitas.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Museum Sonobudoyo

Sebelum menuju ke museum ini, sebaiknya anda mengetahui lokasi tepatnya. Museum ini berada di Jalan Trikora 6 Yogyakarta. Tempat wisata ini sebenarnya juga masih termasuk kawasan Keratin Yogyakarta. Lokasi yang strategis inilah yang membuat museum ini banyak dikunjungi wisatawan. Tentu saja wisatawan juga sering menyempatkan diri untuk berkunjung ke kawasan sekeliling museum. Bila ke museum ini sebaiknya anda menggunakan jasa sewa mobil agar lebih mudah menjangkau museum tanpa harus bingung dengan rute angkutan umum.

Sama seperti museum lain pada umumnya, untuk bisa masuk ke sini anda juga harus membayar tiket masuk. Namun anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk ke museum ini sangat murah sekali. Anda hanya cukup membayar Rp. 3.000,- per orangnya. Tentu saja harga tiket ini sangat murah bila dibandingkan dengan apa yang nantinya bisa anda dapatkan. Bagi anda yang ingin liburan murah, maka museum ini bisa jadi salah satu alternatifnya.

Sejarah Berdirinya Museum Sonobudoyo

Museum ini awalnya bukanlah sebuah museum melainkan sebuah yayasan yang bernama  Java Institut. Yayasan ini di bangun pada tahun 1919. Namun pada kongres 1924 yayasan ini memutuskan untuk mendirikan sebuah museum. Tujuan dari pendirian museum ini adalah untuk menjaga seluruh kebudayaan Jawa agar tidak punah. Hal ini sekaligus menjaga kebudayaan masyarakat Jawa dari ancaman penjajahan. Maka dibangunlah museum ini dengan bantuan Sultan Hamengku Bowono ke VIII.

Baca juga wisata museum di Jogja lain: Museum Vredeburg

Pada akhirnya museum ini di resmikan oleh Sultan Hamengku Bowono 1935. Museum ini telah berumur tua dan menjadi saksi akan perjalanan masyarakat Jogja sejak zaman penjajahan. Namun pada tahun 1974, museum ini diserahkan oleh pemerintah pusat. Sehingga saat ini Museum Sonobudoyo langsung di kelola  oleh pusat. Walaupun diserahkan oleh pusat pengelolaannya, namun masyarakat Jogja tetap ikut menjaga kekayaan sejarah mereka di museum ini.

Fasilitas Yang Ada Di Museum Sonobudoyo

Sonobudoyo kaya akan fasilitas yang lengkap. Semua fasilitas ini dibangun untuk menjaga setiap koleksi yang ada di museum dan untuk membuat para pengunjung nyaman berada di sini. Fasilitas yang ada di museum ini juga terjaga dengan baik, sehingga anda akan kagum dengan segala sesuatu yang ada di museum ini. Berikut ini fasilitas-fasilitas yang ada di Sonobudoyo:

1. Ruang Pamer Koleksi

Fasilitas pertama yang ada di museum ini adalah ruang pamer koleksi. Ruangan yang satu ini adalah tempat dimana koleksi-koleksi yang ada di museum diletakkan. Di sini anda bisa melihat aneka keris dan juga aneka batik. Ada banyak sekali koleksi yang dimiliki oleh museum ini. Semua koleksi ini juga diletakkan di ruangan-ruangan yang berbeda. Sehingga pengunjung harus memasuki semua ruangan jika ingin melihat koleksi museum ini secara lengkap. Tiap ruangan jaraknya cukup dekat jadi pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan merasa terlalu lelah.

2. Ruang Auditorium

Untuk fasilitas kedua yang dimiliki oleh museum ini adalah ruang auditorium. Museum Sonobudoyo sangat sering mengadakan pertunjukan seperti pertunjukan wayang dan pertunjukan seni yang lainnya. Ruangan inilah yang sering dijadikan tempat pertunjukan. Jika anda datang ke museum ini sebaiknya datang pada saat diadakannya pertunjukan-pertunjukan menarik. Sehingga nantinya anda bisa memiliki pengalaman yang berharga di museum ini.

3. Ruang Audio Visual

Museum ini dilengkapi dengan ruang audio visual. Ruangan ini juga berfungsi untuk memberikan pertunjukan pada pengunjung yang berupa audio visual. Dengan fasilitas ini, pengunjung bisa mendengar dan melihat banyak hal yang disajikan oleh pihak museum.Semua pertunjukan dengan menggunakan teknologi ini biasanya juga dikemas dengan menarik. Sehingga anda akan merasa tidak bosan  jika berada di dalam museum.

4. Pusat Cinderamata

Tempat ini juga memiliki pusat cinderamata. Ada banyak ragam cinderamata yang bisa anda bawa pulang. Beberapa cinderamata tersebut seperti kaos, gantungan kunci, dan pernak-pernik lainnya. Uniknya, semua cinderamata ini sangat kental dengan desain khas Jogja. Jika anda datang ke sini, tentunya kurang lengkap rasanya jika tidak pulang membawa sesuatu yang berhubungan dengan museum. Anda juga tidak perlu merasa khawatir perihal harga. Harga cinderamata yang ditawarkan terbilang cukup murah bagi wisatawan.

5. Layanan Pusat Informasi

Jangan khawatir akan informasi seputar apapun di museum ini. Hal ini dikarenakan museum ini memiliki pusat layanan informasi yang siap membantu. Jika anda membutuhkan bantuan, anda cukup datang ke pusat layanan informasi ini. Semua kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung museum bisa didapatkan di sini. Jadi para pengunjung bisa merasa nyaman ketika berada di museum.

6. Tempat Parkir

Museum ini juga memiliki tempat parkir yang cukup luas. Bahkan tempat parkir ini bisa menampung hingga kurang lebih 50 mobil. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika pergi ke museum ini dengan mobil pribadi ataupun mobil rental. Fasilitas tempat parkir ini juga sangat aman. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir saat meninggalkan mobil mereka di tempat parkir. Tempat parkir yang ada dijaga dengan baik oleh pihak petugas museum.

7. Toilet Untuk Pengunjung

Toilet juga merupakan fasilitas yang sangat penting bagi sebuah tempat wisata. Tempat wisata yang satu ini memiliki banyak toilet yang bisa digunakan. Bahkan ada 16 toilet yang terdiri dari 8 toilet wanita dan 8 toilet pria. Dengan jumlah toilet yang banyak, maka para pengunjung tidak perlu khawatir mengantre lama saat akan ke toilet. Kondisi toilet ini juga bersih dan nyaman untuk digunakan.

Semua informasi tentang Museum Sonobudoyo ini pasti sangat anda butuhkan jika anda ingin berlibur ke museum ini. Saat anda berlibur ke sini, pastikan anda menjaga kebersihan museum dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, jika anda membawa anak-anak, pastikan anak-anak tersebut berada di bawah pengawasan yang ketat. Jangan sampai mereka berlarian dan merusak koleksi yang ada di museum. Ikuti dan patuhi semua peraturan untuk pengunjung yang telah dibuat pihak museum.

Waktu terbaik untuk mengunjungi museum ini adalah saat hari biasa. Anda bisa menikmati koleksi yang ada tanpa banyak gangguan. Jika pada hari libur tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan berlibur ke sini anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah.