Ada banyak tempat wisata yang ada di Jogja. Jika anda mencari tempat wisata yang kaya akan sejarah, maka salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Museum Vredeburg. Museum yang satu ini juga lebih akrab dikenal dengan nama Museum Benteng Vredeburg. Sebagai salah satu Museum bersejarah yang ada di Jogja, Museum ini juga mendapatkan banyak perhatian khusus dari pemerintahan Jogja. Setiap hari libur, museum ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi anda yang berencana untuk jalan-jalan ke Jogja, tidak ada salahnya mampir ke Museum yang satu ini.

Lokasi Dan  Harga Tiket Museum Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan Museum yang berada di kota Jogja. Lokasi dari museum yang satu ini yaitu berada di ujung jalan Malioboro tepat di depan gedung kantor pos besar Yogyakarta. Untuk menuju ke sini anda bisa menggunakan kendaraan umum. Namun anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi agar bisa lebih nyaman dan menjangkau tempat wisata lainnya. Jika tidak bisa membawa kendaraan pribadi dari rumah, anda bisa menyewa mobil di Jogja.

Baca juga wisata sejarah: Keraton ngayogyakarta

Setiap pengunjung yang datang ke museum ini wajib membayar tiket masuk. Namun jangan khawatir, tiket masuk ke museum ini terbilang sangat murah. Khusus bagi pengunjung anak-anak hanya dikenakan tiket sebesar Rp. 2000,- sedangkan untuk wisatawan lokal sebesar Rp. 3000,-. Bagi wisatawan luar negeri biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-. Tiket masuk ini sangat murah dan bahkan bisa jauh lebih murah jika anda membawa banyak rombongan. Pengelola akan memberikan diskon bagi rombongan yang lebih dari 20 orang.

Sejarah Dari Museum Vredeburg

Rasanya tidak puas jika ingin berkunjung ke museum yang satu ini tanpa mengetahui sejarah singkatnya. Dari namanya saja, anda pasti sudah bisa menebak jika museum ini adalah museum peninggalan pada zaman Belanda. Museum Banteng Vredeburg sebenarnya merupakan hasil dari kelicikan penjajah Belanda yang ingin memata-matai pergerakan masyarakat Jogja. Pada tahun 1970, pemimpin koloni Belanda Gubernur Nicholas Harting menginginkan adanya sebuah benteng di Jogja. Dengan siasat Belanda akhirnya mereka mendapatkan izin dari Sri Sultan Hamengku Bowono X.

Lihat wisata di jogja: Taman sari

Namun sultan tidak memberikan hak sepenuhnya kepada Belanda. Tanah dari benteng tersebut tetap milik kesultanan hanya saja, Belanda diizinkan menempatinya untuk sementara waktu. Awalnya benteng ini bernama benteng Rustenburg yang artinya benteng peristirahatan. Benteng yang satu ini sudah beberapa kali mengalami pemugaran. Pemugaran ini dilakukan oleh pemerintah Belanda dan masyarakat Jogja. Benteng ini rusak akibat gempa bumi yang beberapa kali menimpa Jogja. Selain sejarahnya yang tinggi ada banyak lagi hal menarik yang bisa anda dapatkan dari Museum Benteng Vredeburg.

Hal Menarik Tentang Museum Vredeburg

Banyak sekali hal menarik yang bisa anda dapatkan dari museum yang satu ini. Hal-hal menarik tersebut akan membuat anda merasa harus mengunjunginya. Sayang sekali rasanya jika anda sudah berada di Jogja namun tidak banyak tahu tentang sejarahnya. Museum yang satu ini adalah salah satu tempat yang paling bagus untuk menggali sejarah kota Jogja. Apa saja hal menarik yang ada di museum ini? Berikut ini ulasannya:

1. Ada Banyak Koleksi-Koleksi Unik

Sebagaimana museum pada umumnya yang digunakan untuk menyimpan beberapa koleksi yang unik, begitu juga dengan museum ini. Museum Benteng Vredeburg memiliki banyak koleksi yang bisa anda lihat. Semua koleksi-koleksi ini dijaga dengan baik agar tetap bisa awet dan lestari. Setiap koleksi yang di simpan di museum ini memiliki nilai-nilai sejarah tersendiri. Beberapa koleksi tersebut berupa ornamen, senjata dan masih banyak lagi barang lainnya yang merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda.

2. Desain Arsitektur Yang Indah

Begitu masuk ke dalam museum ini anda akan merasa berada di tempat dan zaman yang berbeda. Hal ini dikarenakan arsitektur bangunan dari museum Benteng Vredeburg sangat indah dan juga unik. Nuansa Belanda akan terasa sangat kental saat anda menjelajah tempat ini. Hal ini wajar mengingat Benteng Vredeburg memang dibangun oleh pemerintahan Belanda. Seluruh bagian dari arsitektur mengikuti gaya khas bangunan Eropa era dulu. Meskipun mengalami banyak pemugaran, namun gaya arsitektur ini tampak tetap dipertahankan.

3. Terkenal Dengan Cerita Horornya

Museum Benteng Vredeburg yang satu ini sempat terkenal dengan cerita horornya. Apalagi jika pada kondisi malam hari. Hal ini dikarenakan bangunan ini merupakan bangunan lama yang menyimpan banyak misteri. Bangunan ini juga dianggap angker karena sebagai saksi bisu dari kekejaman kompeni Belanda dalam memperlakukan rakyat Jogja. Namun anda tidak perlu merasa khawatir, sebab museum ini sangat aman untuk dikunjungi. Sejauh ini belum ada suatu kejadian buruk yang menimpa para pengunjung. Para pengunjung justru menikmati sensasi horror yang ada didalamnya.

4. Memiliki Menara Pengawas

Seperti benteng lainnya, bangunan yang dulunya benteng ini juga memiliki menara pengawas. Bahkan menara pengawas ini diletakkan di empat sudut yang berbeda. Fungsi dari empat menara pengawas ini tentu saja sebagai tempat untuk mengamati pergerakan masyarakat Jogja dari ketinggian. Namun saat ini menara pengawas ini adalah spot yang paling cantik untuk menikmati senja di museum ini. Anda bisa memandang aktivitas masyarakat Jogja saat matahari sedang mengeluarkan warna jingganya. Pemandangan ini sangat cantik ditambah dengan kicauan burung-burung.

5. Sebagai Tempat Acara-Acara Penting

Museum yang satu ini sering dijadikan lokasi untuk mengadakan acara-acara penting. Ada banyak acara penting yang dilakukan oleh pemerintah Jogja di museum ini seperti acara seminar. Salah satu acara penting yang sering dilakukan di museum ini adalah acara FKY atau Festival Kesenian Yogya. Jika anda beruntung anda bisa mengikuti rangkaian acara ini saat berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg.

Itulah kelima hal menarik yang bisa anda temukan saat berkunjung ke museum yang kaya akan sejarah satu ini. Saat akan berkunjung ke museum ini ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan. Dengan mengikuti tips ini dijamin liburan anda akan bertambah seru.

Tips Saat Berkunjung Ke Museum Vredeburg

Ketika liburan ke Jogja anda pasti ingin liburan yang maksimal. Ikuti ketiga tips dibawah ini untuk membuat liburan anda lancar di Museum Vredeburg. Berikut ini tipsnya:

  • Ikuti Aturan Museum. Tips yang pertama adalah ikuti aturan yang ada di museum tersebut. Ada banyak peraturan yang harus anda patuhi. Semua peraturan ini dibuat untuk menjaga kelestarian museum.
  • Gunakan Fasilitas Hotspot. Museum ini dilengkapi dengan hotspot gratis bagi para pengunjung. Hotspot ini juga bisa digunakan untuk memanggil pihak pengelola museum. Jika anda membutuhkan bantuan anda bisa menggunakan fasilitas ini.
  • Sewa Sepeda Ontel. Di sini juga terdapat sewa sepeda ontel. Sebaiknya gunakan fasilitas sewa ini untuk mengelilingi kompleks museum. Hal ini dikarenakan kompleks museum ini terbilang cukup luas sehingga anda bisa merasa kelelahan jika hanya berjalan.

Lakukan semua tips yang ada di atas dan kunjungi Museum Vredeberg sekarang juga. Setelah mengunjungi museum ini sebaiknya anda juga berkunjung ke tempat-tempat wisata lainnya. Museum ini berada dekat dengan berbagai tempat wisata di tengah kota Jogja.