Pantai Glagah – Kulonprogo baru-baru ini menjadi primadona wisata baru di Jogja dengan bermunculannya tempat-tempat wisata baru yang cukup hits. Pantai Glagah menjadi salah satu ikon wisata pantai di Kulonprogo yang sudah terkenal sejak lama. Terdapat tetrapod beton yang membuat pantai ini terkenal sebagai pemecah ombak terbaik. Panorama keindahan alam yang ada di pantai ini pun begitu mempesona. 

Pantai ini cukup berbeda karena Anda akan menemukan keunikan dan keistimewaan tersendiri yang menjadi daya tarik wisata di pantai ini.

Panorama Keindahan Pantai Glagah

Salah satu ciri khas pantai ini adalah adanya tetrapod beton yang berada di pinggir pantai yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini terkenal cukup besar sehingga agar air ombak tidak terlalu jauh ke bibir pantai, dibuatlah tetrapod ini. Tetrapod beton yang ada di pantai ini cukup menarik dan menjadi ikon Pantai Glagah. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto di sini.

Pantai ini juga terkenal sebagai salah satu pantai dengan sunset terbaik. Sangat sayang untuk melewatkan salah satu momen indah di pantai ini. Semburat warna oranye ketika senja memantul di balik tetrapod beton yang ada di pinggir pantai ini. Selain pemandangannya yang indah, Pantai Glagah juga memiliki cerita bersejarah yang cukup menarik dan menjadi daya tarik lain wisata di pantai ini.

Sejarah Pantai Glagah

Di balik eksotisme keindahan alamnya, Pantai Glagah Yogyakarta menyimpan cerita bersejarah. Pantai ini merupakan saksi berdirinya Desa Glagah yang dapat dibuktikan melalui Stupa Cagar Budaya yang terdapat di sekitar pantai tersebut. Di dalam  Stupa Cagar Budaya tersebut terdapat sebuah batu yang diberi nama Stupa Glagah. Stupa ini menjadi salah satu keistimewaan Pantai Glagah.

Stupa Glagah tersebut merupakan peninggalan masa pemerintahan bupati yang bernama Cangakmengeng di wilayah Kadipaten Sios pada abad ke-6 Masehi. Tempat berdirinya stupa tersebut konon katanya merupakan tempat pertapaan Nyi Sekar Kenanga yang merupakan anak gadis sang bupati. Selain itu, terdapat pula peninggalan sejarah lain yang ditemukan oleh warga setempat berupa sebuah gong dan batu berbentuk Lingga dan Yoni yang merupakan simbol kesuburan untuk kelamin pria dan wanita.

Tempat wisata lainnya di jogja (Yogyakarta): Jogja bay

Aktivitas Menarik di Pantai Glagah

Banyak hal seru dan menarik yang bisa ditemukan di Pantai Glagah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berfoto di spot foto menarik di tetrapod beton dan jalan setapak di antara jajaran tetrapod beton
  2. Memancing di tetrapod beton sambil menikmati debur ombak
  3. Bermain di laguna yang indah yang berbentuk cekung dan terbentuk dari bagian daratan yang terisi air laut pasang dan dikelilingi tumbuhan rumput liar di tepiannya
  4. Menyewa perahu kayuh, kanod, dan sampan kecil untuk berkeliling laguna
  5. Belajar banyak hal tentang buah naga mulai dari proses penanaman hingga perawatan dan mencicipi lezatnya buah naga hasil perkebunan Agrowisata Kusumo Wanadri yang dijual dengan harga murah berkisar Rp 15.000,00 hingga Rp 30.000,00
  6. Menikmati keindahan pemandangan sunset

Lokasi Pantai Glagah

Fasilitas yang Tersedia

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Spot memancing
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Gubuk
  • Spot foto menarik
  • Arena outbound untuk aktivitas seru seperti flying fox, voli pantai, futsa pantai, dan sebagainya
  • Tempat wisata air
  • Perkebunan buah naga
  • Penyewaan wahana ATV
  • Hotel dan penginapan pantai glagah
  • Toko souvenir

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ada di pantai ini, Anda tidak perlu merogoh kocek mahal. Berikut ini tiket masuk Pantai Glagah Kulon Progo dan beberapa biaya lainnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Sewa PerahuRp 5.000,-
Sewa Perahu KanoRp 20.000,-
Sewa Motor NelayanRp 5.000,-

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam dan jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan salah satu momen terbaik berupa sunset yang mempesona. Akses jalan untuk menuju tempat wisata ini pun sudah bagus karena dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat serta dapat diakses kendaraan umum. Tulisan besar welcome Pantai Glagah akan menyambut para wisatawan yang mulai memasuki kawasan wisata ini.

Jangan lupa kunjungi juga tempat wisata di jogja yang populer lainnya: Green Village Gedangsari

Tak jarang para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini datang bersama rombongan dengan menggunakan jasa sewa bus pariwisata jogja. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar nantinya lebih leluasa mengelilingi keindahan Pantai Glagah dan wisata di sekitarnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Glagah agar kelestarian alamnya tetap terjaga.