Deretan pantai yang berada di wilayah Bantul memang identik dengan hamparan pasirnya yang berwarna hitam. Meskipun berwarna hitam, keindahan pantainya tidak kalah eksotis dengan pantai pasir putih lainnya. Salah satunya adalah Pantai Goa Cemara yang memiliki keunikan tersendiri. Ciri khas dan daya tarik Pantai ini adalah rerimbunan pohon cemara di sekitar pinggir pantai ini.

Rimbunnya pohon cemara yang ada akan membuat lingkungan sekitar menjadi terasa lebih teduh dan banyak hal menarik lain yang bisa ditemukan di sini.

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Pemandangan yang cukup berbeda akan Anda dapatkan ketika mulai memasuki area pantai ini. Pohon-pohon cemara yang banyak dan rimbun menghiasi sepanjang bibir pantai. Saking rimbunnya, ranting-ranting pohon tersebut menyatu membentuk seperti bentuk goa sehingga dinamakan Pantai Goa Cemara. Ranting-ranting pohon cemara yang menyatu  ini akan memberikan kesan gapura selamat datang bagi para wisatawan.

Eksotisme pohon cemara ini sering dijadikan tempat untuk hunting foto, syuting video maupun foto pre-wedding. Pohon cemara yang tumbuh subur di pantai ini merupakan cemara udang yang ditanam di atas lahan seluas 20 hektar. Untuk memberikan suasana yang rindang dan teduh, jarak pohon cemara yang ditanam ini pun diatur jaraknya agar teratur dan saling berdekatan.

Foto

Aktivitas Menarik di Pantai Goa Cemara

Selain menikmati keindahan alam yang ada di pantai ini, para wisatawan bisa melakukan aktivitas seru dan menarik lainnya seperti berikut ini:

  1. Berfoto di spot instagramable di antara rerimbunan pohon cemara
  2. Menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar yang tingginya mencapai hingga 40 meter
  3. Berkemah asyik di camping ground yang cukup luas di pinggir pantai
  4. Menaiki kuda yang disewakan sambil berkeliling pantai
  5. Berpiknik bersama keluarga sambil duduk menggelar tikar di bawah rimbunan pohon cemara menikmati nikmatnya hidangan yang dibawa

Lokasi

Untuk menuju ke objek wisata pantai ini, Anda bisa sewa mobil di jogja lepas kunci matic atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan yang datang, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penyewaan wahana ATV
  • Penyewaan tikar
  • Penyewaan kuda
  • Spot foto menarik

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk berlibur dan menikmati keindahan yang ada di pantai ini. Anda cukup menyiapkan budget dengan kisaran berikut ini:

Tiket masuk: Rp 5.000,00
Tiket masuk mercusuar: Rp 5.000,00
Parkir motor: Rp 2.000,00
Parkir mobil: Rp 5.000,00
Parkir bus: Rp 15.000,00
Sewa kereta kuda: Rp 20.000,00 setiap putaran
Sewa ATV: Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 per 30 menit

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga Anda bisa kapan saja datang ke tempat wisata ini. Kesejukan udara di bawah pepohonan yang rindang menjadikan udara pantai yang biasa panas menjadi tidak terlalu panas lagu. Melepas penat setelah lelah kerja selama weekday pun bisa dilakukan di sini. Apalagi jika menyaksikan keindahan tersebut dari atas mercusuar yang bisa dinaiki dengan melewati tangga spiral hingga kurang lebih 6 lantai. Perjuangan yang melelahkan pun akan terbayar lunas setelah sampai di atas mercusuar tersebut.

Selain menikmati keindahan pantai yang ada, pantai ini sangat menarik untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga. Tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan ketika bisa menikmati santapan makanan sambil duduk di atas tikar di bawah rimbunan pohon cemara di Pantai Goa Cemara bersama keluarga. Anda pun bisa mengambil paket tour ke jogja Pantai Goa Cemara bersama pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya.