Pantai Slili merupakan sebuah pantai mungil yang berada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang menyuguhkan eksotisme keindahan berbeda. Pantai ini seperti nyempil di antara bukit karang yang membatasi kedua pantai yang cukup terkenal tersebut. Keindahan alam yang disuguhkan di pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk ramainya pantai di sekitarnya. Pantai mungil ini seperti diibaratkan surga kecil yang tersembunyi di balik batu karang di antara luasnya hamparan pasir putih di pantai lainnya.

Nuansa yang berbeda tentu akan Anda dapatkan dan beberapa keunikan yang disuguhkan membuat pantai ini istimewa dan memiliki daya tarik tersendiri.

Hal Menarik di Pantai Slili

Pantai dengan garis pantai 100 meter ini memiliki pemandangan khas berupa batuan karang yang terlihat jelas. Berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki hamparan pasir putih yang luas di sekelilingnya, hamparan pasir di pantai Slili Jogja justru tertutup oleh batu karang hampir di semua bagian. Meskipun terumbu karang kurang berkembang di pantai ini dikarenakan pantainya yang cukup dangkal, pantai ini justru terkenal dengan rumput lautnya. Ketika musim kemarau tiba, pantai yang berkarang ini ditumbuhi rumput laut yang kemudian menjadi tempat sembunyi ikan, kerang, dan udang.

Eksotisme keindahan laut dan Pantai Slili Jogja yang begitu mempesona ini tampak begitu jelas ketika Anda menikmatinya di atas ketinggian. Terdapat satu bukit di bagian barat yang memisahkan pantai ini dengan Pantai Krakal yang bisa dinaiki oleh wisatawan yang datang dengan melewati jalan setapak. Momen sunrise dan sunset pun menjadi momen terbaik untuk dinikmati. Selain itu, beberapa spot foto menarik dan instagramable pun dihadirkan di sini seperti spot bingkai bunga yang berwarna-warni yang berbentuk love lengkap dengan tulisan Slili Beach.

Lihat juga: Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Slili

Untuk menuju ke tempat lokasi wisata pantai ini, Anda bisa sewa mobil murah di jogja dengan atau tanpa sopir.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas pantai Slili Gunung Kidul cukup memadai dan dikelola dengan baik seperti di bawah ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Gazebo atau gubuk tempat istirahat
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penginapan yang ada di sekitar Pantai Slili
  • Penyewaan alat snorkeling untuk kegiatan snorkeling di Pantai Sadranan atau Pantai Krakal
  • Spot foto menarik

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Para wisatawan yang datang tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati eksotisme keindahan yang ada di pantai ini.Tiket masuk Pantai Slili Jogja sangat terjangkau. Namun, jika Anda ingin menikmati semua fasilitas yang ada siapkan budget dengan kisaran berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir BusRp 20.000,-
Sewa Alat SnorkelingRp 50.000,-
Sewa GazeboRp 20.000,-
Jasa Foto KelilingRp 10.000,-

Pantai ini sangat cocok untuk menjadi destinasi pilihan wisata untuk menghabiskan waktu libur Anda bersama keluarga maupun teman-teman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan yang ada di Pantai Slili Jogja dengan tidak membuang sampah sembarangan agar keasrian alamnya tetap terjaga. Suasana yang tenang dan kondisi pantai yang bersih sangat mendukung ketika menikmati keindahan langit senja dan matahari terbit yang berpadu dengan garis horizon laut.

Lokasinya yang sangat berdekatan dengan pantai terkenal lainnya seperti Pantai Krakal maupun Pantai Sundak, justru memberi keuntungan tersendiri. Banyak wisatawan yang tadinya belum tahu keberadaan pantai ini akhirnya jadi tahu dan mengunjunginya. Pantai Slili pun bisa menjadi salah satu destinasi pilihan paket wisata jogja bersama pantai-pantai lain di sekitarnya.