Ada banyak hal unik yang bisa anda temukan di Jogja. Salah satu hal unik tersebut adalah pasar satwa yang disebut dengan Pasty Pasar Satwa. Pasar Pasty ini menjual beragam jenis tanaman hias dan binatang peliharaan. Jangan lupa mampir ke sini saat berada di Jogja. Anda bisa membeli binatang yang bisa dipelihara seperti kucing dan kelinci.

Baca juga tempat wisata pasar lain : Pasar Beringharjo

Di pasar ini anda juga bisa membeli beragam jenis tanaman hias yang indah. Anda merasa penasaran dengan Pasar Pasty? Tenang saja, berikut ini akan diberikan beragam informasi penting seputar Pasar Pasty yang ada di Jogja. Semua informasi ini penting anda dapatkan sebelum main ke Pasar Pasty.

Lokasi, Jam Buka Dan Akses Menuju Pasty Pasar Satwa

Pasar yang satu ini terletak di Jalan Bantul km. 1 Dongkelan Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Pada saat malam hari, semua kawasan pasar ini di tutup. Jadi, usahakan atur waktu dengan baik ketika anda ingin berkunjung ke pasar ini. Waktu terbaik untuk berbelanja di sini yaitu pada saat hari kerja agar tidak terlalu ramai.

Akses menuju pasar ini juga terbilang mudah. Anda bisa mulai dari Benteng Kulon, lalu menuju kearah selatan hingga 1,5 km. Untuk bisa sampai di sini dengan cepat, sebaiknya gunakan jasa sewa mobil yang ada di Jogja. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa sampai tanpa harus berebutan naik angkutan umum. Pada hari libur angkutan umum di Jogja lumayan ramai.

Sejarah Singkat Tentang Pasty Pasar Satwa

Pasar ini didirikan pada tanggal 22 April 2010 dan diresmikan oleh bapak walikota Heri Zudianto. Pasar yang satu ini didirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan sebuah tempat jual beli hewan dan tanaman hias. Dulunya pasar hewan dan tanaman hias ini masih berada di kawasan Ngasem. Hanya saja, agar jauh lebih tertata rapi pasar ini dipindahkan ke kawasan jalan Bantul.

Masyarakat Jogja menyambut baik kehadiran tempat ini. Bahkan saat ini pasar ini merupakan salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke pasar ini untuk sekedar merasakan belanja di sini. Bagi mereka, pasar ini cukup mengundang rasa penasaran karena dikenal sebagai pasar yang unik dan nyaman menjadi tempat belanja.

Baca juga tempat wisata satwa lain : Gembira Loka Zoo

Fasilitas Yang Ada Di Pasty Pasar Satwa

Banyak pengunjung merasa nyaman berbelanja di pasar ini karena ada banyak fasilitas yang disediakan. Semua fasilitas ini memang sengaja dirancang untuk memudahkan para pengunjung untuk berbelanja. Jadi, tidak heran jika ada banyak pengunjung yang merasa puas ketika berbelanja di sini. Apa saja fasilitas yang ada di pasar ini? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Klinik Hewan

Di dalam pasar ini terdapat klinik hewan. Itu artinya, para pengunjung tidak hanya bisa membeli hewan namun juga bisa mengobati hewan. Jika ada hewan anda yang sedang sakit, maka anda bisa membawanya ke klinik hewan ini. Klinik hewan ini juga memberikan keyakinan pada pengunjung jika hewan-hewan yang dijual di sini terjaga kesehatannya.

2. Arena Lomba Burung Berkicau

Kompetisi burung berkicau sering diadakan dalam beberapa waktu di tempat ini. Jadi tidak heran jika tempat ini memiliki arena lomba burung berkicau. Fasilitas yang satu ini merupakan fasilitas yang sangat unik. Anda bisa melihat banyak burung dengan kicauan merdu yang sedang berkompetisi. Kompetisi ini biasanya diikuti oleh para pecinta burung di Jogja.

3. Playground

Kawasan pasar ini juga memiliki arena bermain anak. Arena bermain anak atau playground ini membuat para pengunjung merasa nyaman berkunjung sambil membawa anak-anak. Playground ini juga dilengkapi dengan wahana-wahana yang sederhana. Semua anak-anak akan merasa senang bisa bermain di tempat yang banyak satwanya.

4. Food Court

Di sini juga terdapat sebuah food court untuk para pengunjung. Sehingga ketika sudah merasa lelah keliling pasar, para pengunjung bisa beristirahat di dalam food court. Arena tempat makan ini juga didesain dengan nyaman. Apalagi kawasan ini seperti taman yang rindang. Sehingga para pengunjung akan merasa nyaman berada di sini.

5. Tempat Ibadah

Jangan takut akan masalah fasilitas ibadah. Pasar Pasty memiliki tempat ibadah. Tempat ibadah ini dikhususkan bagi kaum muslimin yang harus melakukan sholat 5 waktu. Sehingga ketika berada di pasar ini, anda tidak perlu jauh-jauh mencari tempat ibadah.

6. Tempat Parkir

Tempat parkir yang ada di kawasan pasar ini juga terbilang cukup luas. Luasnya tempat parkir ini akan memberi kemudahan pada anda yang ingin memarkirkan kendaraan. Jadi anda tidak perlu merasa takut tidak kebagian tempat parkir.

Itulah fasilitas-fasilitas yang ada di Pasar Pasty. Dengan fasilitas yang lengkap maka pengunjung bisa merasa nyaman membeli beragam jenis kebutuhan. Ada banyak kebutuhan yang dijual di pasar ini.

Kebutuhan Yang Bisa Dibeli Di Pasty Pasar Satwa

Paling tidak ada 5 jenis kebutuhan yang bisa anda dapatkan di Pasar Pasty. Kebutuhan ini seputarĀ  kebutuhan akan hewan atau satwa dan juga tanaman hias. Semua hewan dan tanaman hias ini juga cukup terjangkau harganya. Apa saja kebutuhan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Beragam Jenis Hewan

Di sini anda bisa membeli beragam jenis hewan. Anda bisa membeli hewan yang jinak sampai yang terkenal liar. Pasar ini menjual kucing, kelinci, ayam, burung, bebek, marmut, ular dan masih banyak lagi. Semua hewan-hewan ini dijual secara legal dengan menggunakan aturan tertentu. Jadi anda tidak perlu merasa takut.

2. Berbagai Jenis Sangkar Burung

Beragam jenis sangkar burung juga bisa dibeli di sini. Sangkar burung memang merupakan kebutuhan bagi pecinta burung. Bentuk dari sangkar ini juga unik-unik. Bahkan tidak jarang ada sangkar burung yang dijual dengan tingkat seni yang tinggi.

3. Kandang-Kandang Hewan

Tidak hanya sangkar burung, kandang-kandang hewan seperti kandang hamster, kucing, ayam juga bisa dibeli. Pasar Pasty menjajakan banyak macam kandang hewan. Hal ini memberi kemudahan bagi anda yang punya hewan, anda tidak peru repot membuat kandang sendiri.

4. Tanaman Hias

Jika anda tidak suka hewan namun suka tanaman hias, maka anda bisa mendapatkannya di Pasar Pasty. Ada banyak pedagang yang menjual beragam jenis tanaman hias. Beragam jenis tanaman hias ini dibandrol dengan harga yang terbilang cukup murah. Anda bisa membeli jenis tanaman hias yang ada sukai.

5. Makanan-Makanan Hewan

Beragam jenis makanan hewan juga bisa didapatkan. Anda bisa membeli makanan ikan, kucing, anjing dan masih banyak lagi lainnya. Semua makanan-makanan hewan ini juga memiliki standar masing-masing. Anda hanya tinggal memilih makanan apa yang cocok untuk hewan peliharaan anda.

Semua informasi mengenai Pasty Pasar Satwa di atas tentunya sangat berguna bagi anda yang suka hewan dan tanaman hias. Satwa apapun yang anda pelihara pastikan anda memenuhi kebutuhannya dengan baik. Di pasar Pasty, anda bisa memenuhi segala kebutuhan hewan peliharaan kesayangan anda.