Kota Jogja memang menyimpan banyak sekali sejarah. Bahkan sejarah-sejarah tersebut masih meninggalkan beberapa monumen dan bangunan yang tetap berdiri. Satu diantara bangunan yang masih berdiri adalah plengkung. Ada beberapa plengkung yang masih berdiri hingga sekarang, diantaranya adalah Plengkung Gading dan Plengkung Wijilan.

Lihat selengkapnya tentang : Plengkung Gading

Plengkung Wijilan adalah plengkung yang menyimpan banyak sekali cerita dan sejarah. Plengkung ini bahkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jogja. Bagi anda yang merasa penasaran, berikut ini akan disampaikan beragam informasi seputar plengkung yang satu ini.

Apa Sebenarnya Plengkung Wijilan Itu?

Mungkin anda merasa bingung, apa yang dimaksud dengan plengkung dan apa itu Wijilan. Plengkung adalah sebuah bangunan yang bentuknya seperti pintu masuk. Bangunan seperti ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan pintu gerbang. Plengkung ini merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Hal ini dikarenakan plengkungan adalah gerbang masuk menuju ke dalam keraton.

Lihat selengkapnya mengenai : Keraton Yogyakarta

Setelah mengetahui bahwa plengkung itu adalah gerbang, maka sekarang saatnya anda mengetahui apa itu Wijilan. Wijilan ini sebenarnya merupakan nama kawasan yang ada di sekitar area Keraton Yogyakarta. Nama Wijilan disematkan pada plengkung ini, dikarenakan plengkung ini terletak di kawasan daerah Wijilan. Sehingga banyak juga masyarakat yang menyebut plengkung ini sebagai gerbang Wijilan.

Dimana Letak Plengkung Wijilan?

Jika anda ingin mengunjungi plengkung ini, pastikan anda mengetahui letak dari plengkung ini. Plengkung ini terletak di kawasan Keraton Yogyakarta. Posisi tepatnya berada di sebelah timur Keraton Yogyakarta, kelurahan Panembahan. Tidak sulit untuk menemukan plengkung ini. Hal ini dikarenakan plengkung ini terletak pada jalan yang sering dilalui. Oleh sebab itu, anda pasti bisa dengan mudah menemukannya.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan sewa menuju ke tempat ini. Untuk menghindari kesulitan menemukan angkutan umum yang tepat, sebaiknya anda menggunakan jasa sewa mobil di Jogja. Dengan menggunakan  jasa ini anda bisa lebih leluasa pergi mengelilingi Jogja kemana pun yang anda suka. Akses menuju ke plengkungan ini terbilang mudah dan tidak sulit.

Berapa Harga Tiket Untuk Menikmati Plengkung Wijilan?

Bagi para pengunjung yang belum pernah ke sini, pasti penasaran berapa harga tiket yang harus dibayarkan untuk menikmati plengkungan ini. Kabar baiknya, anda tidak perlu membayar uang tiket untuk bisa menikmati bangunan ini. Bangunan ini dibuat untuk publik. Artinya tidak ada pemungutan biaya untuk melihat bangunan ini. Hal ini tentu menyenangkan bagi anda yang ingin berlibur dengan biaya yang murah.

Plengkung ini juga tidak memiliki jam buka maupun jam tutup. Anda bisa datang kapan saja ke plengkung ini. Hal ini dikarenakan plengkung ini adalah gerbang yang bisa dikunjungi dan dimasuki kapan saja. Jadi, ketika kapan saja anda mampir ke kota Jogja jangan lupa untuk mampir ke plengkungan ini.

Bagaimana Sejarah Berdirinya Plengkung Wijilan?

Pada saat keraton Yogyakarta dibangun, maka dibangun jugalah 5 gerbang sebagai akses keluar masuknya para penghuni keraton. Kelima gerbang ini disebut sebagai plengkung. Namun hingga saat ini hanya plengkung di Wijilan dan Plengkung Gading yang masih tersisa. Plengkung yang lainnya sudah roboh dan hancur akibat gempa dan penyebab lainnya.

Sebenarnya plengkung di Wijilan juga sudah mengalami banyak kerusakan. Bahkan benteng yang ada di sekitarnya juga sudah rubuh. Pada zaman dulu plengkung di Wijilan dijaga ketat oleh para pasukan keraton. Hal ini dikarenakan plengkung ini adalah akses masuk keluarnya sultan yang sedang berkuasa. Para sultan tidak boleh melewati plengkung Gading. Plengkung Gading hanya diperuntukkan untuk jalan lewat para sultan yang meninggal.

Apa Saja Keunikan Dari Plengkung Wijilan?

Plengkung Wijilan memiliki banyak keunikan-keunikan. Keunikan-keunikan ini yang membuat plngkung ini berbeda dari bangunan yang lainnya. Bahkan dari namanya saja anda sudah bisa menebak betapa uniknya bangunan yang satu ini. Bangunan seperti ini belum tentu bisa anda temui di tempat lain selain di Jogja. Apa saja keunikannya? Berikut ini keunikan-keunikan dari plengkung di Wijilan:

1. Memiliki Bentuk Yang Melengkung

Keunikan yang pertama dari plengkung ini adalah bentuknya yang melengkung. Bentuk yang melengkung ini membuat gerbang ini menjadi sangat unik. Bahkan pintu yang bisa dimasuki bentuknya juga melengkung. Sehingga ketika anda masuk ke dalamnya, anda seperti masuk ke bangunan setengah lingkaran. Hal ini tentu sangat unik sekali.

2. Mempunyai Banyak Ukiran-Ukiran Yang Indah

Ukiran-ukiran yang indah juga terlihat jelas pada bagian dinding bangunan ini. Semua ukiran-ukiran ini berbentuk mirip seperti tumbuhan yang merambat. Adanya ukiran-ukiran ini, membuat gerbang ini menjadi tambah unik. Masyarakat sekitar meyakini jika semua ukiran yang ada di plengkung ini memiliki nilai tersendiri. Hingga sekarang ukiran-ukiran ini juga masih terlihat jelas dan tidak terkikis.

3. Sangat Kokoh Dan Megah

Bangunan ini adalah bangunan yang sangat kokoh dan megah. Hal ini bisa dilihat dari pilar yang menopang bangunan gerbang. Bahkan tiang pilarnya juga dibuat Berlapis-lapis. Pada zaman dahulu gerbang ini jauh lebih terlihat kokoh dengan bentangan benteng yang berada di sisi kanan dan kirinya. Namun benteng tersebut telah hancur dan menjadi pemukiman warga.

4. Warnanya Putih

Plengkung ini memiliki warna putih yang diyakini melambangkan kesucian. Kelima gerbang yang mengelilingi keraton Yogyakarta memang berwarna putih. Warna ini tetap dipertahankan dan tidak dirubah sama sekali. Hal ini untuk menjaga nilai-nilai yang terkandung di dalam warna yang dimiliki oleh gerbang ini.

5. Bisa Dilalui Hingga Sekarang

Hingga sekarang anda masih tetap bisa melalui gerbang ini. Ada sensasi unik tersendiri ketika anda melewati gerbang ini. Anda seperti merasa sedang masuk ke sebuah lorong yang pendek.  Masuk ke dalam lorong gerbang ini seperti anda sedang berada di tempat yang asing. Anda akan merasakan sensasi melewati ruang dan waktu pada zaman dulu.

Itulah keunikan-keunikan yang bisa anda temukan pada bangunan plengkung di Wijilan. Plengkung ini adalah plengkung yang sangat kaya akan sejarah dan juga memiliki desain yang apik. Jika anda ke plengkung ini ada beberapa kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan.

Kegiatan Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Di Plengkung Wijilan?

Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan di kawasan plengkung ini. Berikut ini kegiatan-kegiatan tersebut:

  • Berfoto. Bangunan ini sangat unik, jadi anda jangan lupa untuk berfoto di depan plengkung ini. Bawa kamera terbaik anda agar bisa berfoto sepuasnya. Dikarenakan plengkung ini masih ramai dilalui, pastikan anda mengambil foto dengan hati-hati.
  • Beli Jajanan Jogja. Di sekitar plengkung, ada banyak pedagang jajanan khas Jogja. Anda bisa sekaligus berwisata kuliner di tempat ini. Jajanan yang paling terkenal di kawasan ini adalah gudeg, Makanan yang satu ini memang sudah lama menjadi makanan andalan masyarakat Jogja.

Plengkung Wijilan adalah peninggalan sejarah yang harus dijaga bersama. Jangan sampai bangunan yang tersisa menjadi rusak karena ulah manusia. Jadi, jika anda berkunjung ke sini, pastikan anda tidak melakukan tindakan yang merugikan plengkung. Jadilah wisatawan cerdas yang bisa menjaga dengan baik bangunan-bangunan bersejarah.