Jogja sangat kaya akan situs-situs bersejarah. Salah satu diantara situs bersejarah tersebut adalah situs Warungboto. Warungboto adalah sebuah situs yang menyimpan sejarah panjang para pemimpin kota Jogja pada zaman dahulu sejak dulu. Situs yang satu ini memberikan gambaran pada generasi sekarang tentang arsitektur dan budaya masyarakat lampau. Ketika anda berada di Jogja, jangan lupa untuk mampir ke situs yang satu ini.

Bagi anda yang penasaran dengan Warungboto, di bawah ini akan disajikan rangkaian informasi seputar situs ini. Ada banyak hal yang harus anda ketahui dari tempat bersejarah yang unik di Jogja ini. Semua informasi ini juga penting anda dapatkan ketika ingin mengunjungi Warungboto.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Ke Situs Warungboto

Jika anda ingin mengunjungi situs ini, pastikan anda mengetahui alamat lengkapnya.  Lokasi dari Warungboto ada di Jalan Veteran nomor 77 Umbulharjo Jogjakarta. Letak dari situs bersejarah ini tidak terlalu jauh dengan XT Square.  Namun lokasinya memang sedikit terpencil, sehingga sebaiknya anda menggunakan mobil rental saja saat ingin ke sini. Bila naik angkutan umum, anda akan kerepotan untuk mencari angkutan umum yang mengarah ke situs ini.

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata yang sangat murah. Hal ini dikarenakan tidak ada harga tiket yang harus dibayarkan ketika anda ingin masuk ke situs ini. Namun setiap kendaraan yang parkir dikenakan biaya sebesar Rp.3.000,-. Tentu saja fakta ini sangat menguntungkan bagi para pengunjung. Para pengunjung bisa jalan-jalan ke tempat bersejarah secara gratis. Sangat cocok bagi anda yang hobi untuk liburan hemat.

Sejarah Dari Situs Warungboto

Warungboto ini sebenarnya merupakan pesanggrahan bagi para raja-raja pada zamannya. Jika mengulas tentang Warungboto maka sebenarnya hal ini tidak bisa terlepas dari sejarah keraton Yogyakarta. Situs ini didirikan pada era Sultan Hamengku Buwono II. Tempat ini adalah tempat favorit sang Sultan untuk menenangkan diri. Sehingga pada waktu itu, lokasi ini sangat asri dengan kebun yang tertata rapi dan juga kolam yang bersih. Banyak orang yang merasa kagum dengan penataan pesanggrahan yang satu ini,

Pada tanggal 23 Desember 2016, situs ini sudah diresmikan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya. Sejak saat itu, situs ini sangat dijaga kelestariannya karena termasuk dari warisan budaya Indonesia. Setiap pengunjung yang datang juga dilarang untuk membuat kerusakan pada bagian-bagian situs. Semua bagian situs ini dilindungi oleh masyarakat Jogja dan pemerintah.

Lihat juga tempat wisata bersejarah lain di Jogja : Museum Vredeburg

Keunikan Yang Ada Di Situs Warungboto

Ada banyak keunikan yang bisa anda temui pada Warungboto. Semua keunikan ini tidak terlepas dari sejarah yang ada pada Warungboto.  Setelah mengetahui keunikan dari Warungboto, pastinya anda akan semakin merasa ingin berkunjung ke sini. Berikut ini keunikan-keunikan yang dimiliki oleh situs ini:

1. Memiliki Dua Buah Kolam

Teman wisata ini memiliki dua buah kolam. Kolam yang pertama bentuknya bulat, sedangkan kolam yang kedua bentuknya petak. Pada zaman dahulu kedua kolam ini berisi air. Ada sebuah mata air jernih yang mengalir pada kolam yang bulat. Namun saat ini kedua kola mini kosong dan tidak ada airnya. Zaman dahulu kola mini digunakan untuk  mandi serta keperluan sultan. Sekarang anda bisa masuk ke dalam kolam kosong ini yang dindingnya terbuat dari batu.

2. Arsitekturnya Sangat Unik

Arsitektur bangunan yang satu ini juga terlihat sangat unik. Nuansa cokelat sangat kental pada bagian dinding. Gaya arsitektur kerajaan zaman dulu juga sangat terasa pada bangunan yang satu ini. Jika anda berada di sini, sebaiknya jelajahi semua bagian Warungboto ini. Semua bagian warungboto ini terlihat unik dan berbeda dari bangunan yang ada saat ini. Ketika masuk ke kawasan Warungboto, anda seperti masuk ke dimensi ruang dan waktu yang berbeda.

Lihat juga tempat wisata lain di Jogja yang memiliki arsitektur unik : Taman Sari

3. Terlihat Megah Dan Kokoh

Bangunan ini juga terlihat megah dan kokoh. Meskipun sebenarnya Warungboto pernah mengalami kerusakan akibat gempa-gempa yang terjadi di Jogja. Sehingga pemerintah melakukan banyak pemugaran pada beberapa bagian. Namun walaupun demikian, bangunan ini tetap terlihat megah dan kokoh.

4. Memiliki Lorong-Lorong

Ada beberapa lorong-lorong yang ada di tempat ini. Anda bisa menelusuri lorong-lorong tersebut. Ketika masuk ke dalam lorong, maka suasananya akan sedikit gelap karena tempat ini tidak memiliki pencahayaan lampu. Menyusuri lorong-lorong yang ada di sini seperti berjalan di labirin waktu yang berbeda. Anda dapat merasakan sebuah sensasi jalan-jalan yang tidak biasa. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi anda yang hobi jalan-jalan ke tempat-tempat yang unik.

5. Mempunyai Tangga-Tangga Unik

Ketika anda mengunjungi tempat ini, anda akan melihat ada banyak tangga-tangga yang unik. Tangga-tangga ini menuju ke pintu-pintu yang berbentuk setengah lingkaran. Anda bisa menjalani tangga-tangga unik ini. Apalagi semua tanggap-tangga ini sangat kuat dan kokoh. Sehingga anda tidak perlu merasa takut dan khawatir jika tangga-tangga tersebut jatuh atau roboh.

Itulah semua keunikan yang dimiliki oleh Situs Warungboto yang ada di Jogja. Jika anda berwisata ke tempat ini ada beberapa tips yang bisa anda jalankan. Semua tips ini bisa membuat anda liburan dengan seru.

Tips Liburan Ke Situs Warungboto

Setidaknya ada 4 tips bagi anda yang ingin berlibur ke situs yang satu ini. Apa saja tips-tips tersebut? Berikut ini tipsnya:

1. Usahakan Datang Pagi Atau Sore

Hindari datang pada siang hari, sebab area kawasan ini cukup panas saat siang hari. Jika memungkinkan cobalah datang pada saat pagi atau sore. Jika anda datang pagi dan sore, udara akan terasa nyaman. Apalagi saat sore hari ada pemandangan awan senja yang sangat menawan.

2. Jangan Lupa Membawa Kamera

Banyak orang yang datang kemari untuk mengambil foto yang bagus. Oleh sebab itu, jangan sampai anda lupa membawa kamera pada saat berlibur ke sini. Ada banyak spot foto yang bagus. Disini ada banyak orang yang datang untuk pengambilan foto pre-wedding.

3. Cicipi Makanan Pedagang Sekitar

Di sekitar situs ini juga terdapat banyak pedagang makanan. Anda sebaiknya tidak lupa untuk mencicipi makanan dari pedagang sekitar tersebut. Ada banyak makanan yang bisa anda coba. Semua makanan tersebut pastinya rasanya lezat dan harganya murah. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin liburan super hemat.

4. Datang Pada Hari Biasa

Usahakan untuk datang pada hari biasa. Pada hari biasa jumlah pengunjung tidak terlalu banyak. Namun jika pada hari libur, anda bisa jadi tidak kebagian tempat untuk mengambil foto yang cantik. Jadi sebaiknya datanglah pada hari biasa pada saat jam kerja. Dijamin tempat wisata ini sepi dan anda bebas berfoto ria.

Jadi jangan ragu untuk mengunjungi Situs Warungboto. Tempat wisata yang satu ini sangat cantik dan juga kaya akan sejarah. Anda bisa merasakan serpihan peninggalan sejarah Jogja. Wisata ini juga tidak mahal dan tergolong aman bagi siapa saja.