Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Wisata Penuh Edukasi

//Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Wisata Penuh Edukasi

Kota Jogja kaya akan tempat wisata yang tidak hanya menyenangkan namun juga mengedukasi para pengunjungnya. Taman Pintar Yogyakarta merupakan satu diantara tempat wisata tersebut. Tempat wisata yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang tidak hanya sebagai wahana hiburan, namun juga sebagai wahana pembelajaran.

Tentu saja tempat wisata Taman Pintar ini sangat cocok untuk tempat liburan bagi anak-anak sekolah. Jika anda sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya jika anda mengajak anak-anak ke taman pintar ini. Namun sebelum ke sini, ada baiknya anda mengetahui beberapa informasi seputar Taman Pintar.

Lokasi Dan Harga Tiket Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No.1-3 Gondomanan, Ngupasan Jogja. Lokasinya tepat berada di kawasan sebelah timur Jalan Malioboro. Untuk bisa ke sini sebaiknya anda menggunakan jasa rental mobil. Dengan menggunakan jasa rental mobil anda tidak perlu bingung mencari kendaraan umum. Hal ini dikarenakan pada saat hari libur kendaraan umum di kawasan ini sangat padat dan sering terjebak kemacetan. Apalagi jika anda pergi bersama rombongan, maka melakukan sewa mobil adalah pilihan yang tepat.

Lihat tempat wisata keluarga di Jogja lain : Gembira Loka Zoo

Harga tiket masuk menuju ke tempat wisata ini juga masih terbilang murah.. Bagi orang dewasa tiket masuk yang dibayarkan adalah Rp. 18.000,-, sedangkan anak-anak harga tiketnya Rp,10.000,-. Semua harga tiket ini belum termasuk harga tiket untuk menikmati beberapa wahana yang ada di dalam Taman Pintar. Namun jangan merasa khawatir sebab harga untuk menikmati wahana yang ada di dalam Taman Pintar cukup murah.

Sejarah Berdirinya Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar ini mulai digagas dan dibangun pada tahun 2004. Awalnya taman ini merupakan pusat perbelanjaan untuk masyarakat Jogja. Pemerintah Jogja sadar akan kebutuhan sebuah tempat hiburan yang mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak di Jogja. Oleh sebab itu, dibangunlah Taman Pintar di kawasan sebelah timur Jalan Malioboro. Warga Jogja juga sangat antusias terhadap pembangunan tempat wisata yang berkualitas ini.

Baca selengkapnya tentang Jalan Malioboro 

Pembangunan tempat wisata ini memakan waktu kurang lebih 4 tahun. Tepat pada tanggal 16 Desember 2018, Taman Pintar diresmikan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Taman Pintar ini terus mengalami pemugaran serta perbaikan wahana dan fasilitas yang ada di dalamnya. Dalam hal ini pemerintah terbilang berhasil mewujudkan keinginan masyarakat Jogja untuk memiliki tempat wisata yang sangat bagus untuk anak sekolahan.

Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan Di Taman Pintar Yogyakarta

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa dilakukan para pengunjung di Taman Pintar ini. Semua kegiatan ini bisa dikatakan seperti kegiatan bermain sambil belajar. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Semua wahana yang ada di tempat wisata ini bisa dimanfaatkan. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Pintar ini? Berikut ini kegiatan-kegiatan seru tersebut:

1. Melakukan Penelitian Sains Di Gedung Oval

Pengunjung bisa menjadi ilmuwan dalam sehari di Taman Pintar ini. Di Taman Pintar ini terdapat fasilitas bernama Gedung Oval. Gedung Oval ini berisi banyak sekali peralatan sains yang bisa digunakan untuk penelitian. Peralatan ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat mudah untuk digunakan. Kegiatan penelitian ini juga sangat beragam. Tentu saja hal ini sangat disukai oleh anak-anak karena bisa menjawab rasa penasaran mereka.

2. Belajar Tentang Tata Surya

Di dalam Taman Pintar ini terdapat gedung yang diberi nama Gedung Planetarium. Gedung yang satu ini merupakan gedung yang bisa digunakan untuk mempelajari banyak hal tentang tata surya. Anak-anak yang sangat tertarik dengan kegiatan astronomi sangat cocok dibawa menuju ke gedung ini. Semua fasilitas yang ada di dalam planetarium ini juga terbilang lengkap. Sehingga semua rasa penasaran anak-anak bisa terjawab dengan baik.

3. Latihan Menjadi Presenter Cilik

Anak-anak anda juga bisa latihan menjadi presenter cilik. Untuk bisa latihan menjadi presenter cilik ini anda hanya perlu membayar Rp. 10.000-. Di dalam studio mini ini ada banyak fasilitas yang memang sama seperti yang ada di studio TV sungguhan. Sehingga anak-anak bisa belajar banyak tentang dunia pertelevisian. Hal yang paling penting tentu saja mereka bisa belajar menjadi presenter.

4. Bermain Air

Di dalam Taman Pintar juga terdapat wisata Bahari. Tentu saja di dalam wahana Bahari ini, anda dana anak-anak bisa bermain air. Anda bisa menaiki perahu karet dan menyusuri kolam yang penuh dengan ikan. Ikan-ikan ini akan menemani wisata Bahari. Anak-anak paling suka dengan kegiatan bermain air ini. Untuk bisa menikmati wahana ini anda harus membayar Rp. 15.000,-.

5. Menggunakan Alat-Alat Peraga

Anda juga bisa melakukan kegiatan bermain dengan beragam macam alat peraga. Semua fasilitas menggunakan alat peraga ini juga gratis. Jadi anda bisa bermain sepuasnya menggunakan alat peraga. Jangan lupa untuk membawa kamera anda. Di sini anda bisa sepuasnya berfoto dengan banyak objek yang bentuknya unik-unik.

6. Menyusuri Gedung Kotak

Ada sebuah gedung kotak di dalam Taman Pintar ini. Gedung kotak ini berisi banyak sekali koleksi-koleksi unik. Pengunjung bisa berjalan-jalan di dalam gedung kotak sambil melihat-lihat semua koleksi yang dipajang. Area gedung ini cukup luas, sehingga anda bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati dekorasi ruangan yang bagus.

7. Melukis Kaos

Kegiatan melukis kaos juga bisa dilakukan di Taman Pintar Yogyakarta ini, apalagi kaos yang dilukis juga bisa dibawa pulang. Untuk melakukan kegiatan ini, anda hanya perlu membayar uang sebesar Rp. 30.000,-. Kegiatan ini sangat bagus bagi anak-anak untuk bisa mengasah  kreatifitas yang mereka miliki. Setelah puas berkreasi mereka juga bisa menikmati hasil kreasi mereka sendiri.

8. Membuat Kreasi Batik

Selain kreasi kaos, anak-anak anda juga bisa membuat kreasi batik. Kegiatan kreasi batik ini hanya membutuhkan bayaran sebesar Rp.5.000,-. Kota Jogja sangat terkenal dengan batiknya. Jadi, penting bagi orangtua untuk mengajarkan pada anak-anak tentang apa itu batik sejak usia dini. Tentunya hal ini dilakukan agar mereka bisa menghargai dan melestarikan kebudayaan batik di kota Jogja.

9. Membuat Kreasi Gerabah

Selain kaos dan juga batik, kreasi gerabah juga bisa dilakukan. Untuk melakukan kegiatan ini, anda hanya cukup membayar Rp. 5.000,-. Pembuatan gerabah ini juga dapat menstimulasi kecerdasan kinetik anak. Sehingga anak anda bisa berkreasi sambil mengasah bakat dalam bidang seni.

10. Bermain Di Gedung Paud

Dalam Taman Pintar ini terdapat sebuah gedung yang bernama Gedung Paud. Untuk bermain di dalam gedung ini anda hanya harus membayar Rp. 3000,-. Di dalam gedung ini ada banyak mainan anak-anak yang khusus untuk usia Paud. Tentu saja hal ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak anda. Anda jadi bisa bermain dengan anak sepuasnya.

Itulah informasi penting seputar Taman Pintar Yogyakarta yang harus anda ketahui. Tempat wisata yang satu ini jelas berbeda dari tempat wisata yang lainnya. Anak-anak anda jadi bisa belajar sekaligus bermain. Hal ini tentunya adalah cara pembelajaran yang sangat ideal. Jadi jangan ragu membawa anak-anak anda ke sini.

Leave A Comment

× 08112955063