Seperti yang kita ketahui, di Jogja banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan adalah XT Square. Tempat yang satu ini merupakan suatu kawasan yang menawarkan banyak  jenis wisata pada para wisatawan. Ini artinya, tempat wisata yang satu ini bukan hanya terdiri dari satu jenis wisata.

Lihat wisata Jogja lain : Taman Pintar

Di sini anda bisa mendapatkan wisata sejarah, wisata modern, dan wisata budaya. Jadi bisa dikatakan jika tempat ini adalah pusat wisata di kota Jogja. XT Square juga bisa dikatakan sebagai  pusat perbelanjaan bagi para wisatawan. Di sini anda bisa membeli beraneka ragam jenis barang.Penasaran dengan detail dari tempat wisata ini? Di bawah ini akan diberikan ragam informasinya.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk XT Square

Tempat wisata yang satu ini berada di jalan Veteran nomor 150-151 Pandeyan Jogja. Lokasi dari pusat perbelanjaan ini terbilang sangat strategis. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat ini. Apalagi kawasan ini terbilang cukup luas. Agar anda nyaman saat pergi ke sini sebaiknya gunakan jasa sewa mobil. Jasa sewa mobil akan memudahkan anda keliling area tempat wisata yang satu ini.

Untuk masalah harga tiket masuk anda tidak perlu merasa khawatir. Anda hanya harus membayar jika ingin masuk ke salah satu fasilitas wisata yang ada di XT Square.  Ada beberapa fasilitas wisata yang bisa anda masuki. Beberapa fasilitas wisata tersebut antara lain 3D museum, Selfie park, XT Lane dan lain sebagainya. Anda akan dikenakan biaya tiket masuk jika ingin menikmati fasilitas tersebut. Biaya tiket juga beragam, tergantung dari jenis wisata dan juga jam kunjung anda. Namun harga tiket masih berkisar antara Rp. 20.000,- hingga Rp. 100.000,-.

3 Zona Yang Ada Di XT Square

Tempat yang satu ini sebenarnya terdiri dari 3 zona utama. Setiap Zona memiliki keunikan serta fungsinya masing-masing. Jika anda ingin ke sini, maka sebaiknya anda mengetahui tentang ketiga zona yang ada. Tentunya hal ini akan memudahkan anda untuk menemukan apa yang anda cari. Berikut ini ketiga zona tersebut:

1. Zona Kerajinan

Zona pertama yang bisa anda temukan pada XT Square adalah zona kerajinan. Dalam Zona ini terdapat lebih dari 200 kios yang menjual kerajinan tangan. Dalam zona ini semua kerajinan tangan dibuat oleh masyarakat Jogja. Hal ini membuat semua kerajinan tangan yang dijual pada zona kerajinan sangat kental dengan nuansa dan budaya Jogja. Maka tidak heran jika tempat yang satu ini adalah tempat favorit bagi para wisatawan ini  mencari cinderamata atau oleh-oleh.

2. Zona Nusantara

Hampir sama dengan zona kerajinan, pada zona nusantara ini anda juga bisa membeli aneka kerajinan tangan. Hanya saja bedanya kerajinan tangan yang dijual di zona ini adalah kerajinan tangan dari berbagai daerah di nusantara. Itu sebabnya tempat ini diberi nama zona nusantara. Tentu saja karena hampir semua kerajinan khas nusantara bisa ditemukan di sini. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi pengunjung. Pengunjung tidak hanya bisa membeli oleh-oleh khas Jogja namun juga membeli oleh-oleh khas daerah yang lainnya.

3. Zona Kuliner

Zona yang satu ini merupakan zona yang paling difavoritkan oleh banyak wisatawan. Pada zona kuliner, anda bisa mencicipi banyak makanan khas Jogja. Di sini anda bisa membeli gudeg khas Jogja, oseng-oseng teri, dodol dan masih banyak lagi jajanan khas Jogja yang enak. Harga dari makanan yang ada di sini juga terbilang sangat murah. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda. Anda bisa makan sepuasnya pada zona kuliner.

Itulah ketiga zona yang bisa anda kunjungi di XT Square. Selain ketiga zona tersebut ada juga spot-spot wisata yang bisa anda kunjungi karena letaknya tepat berada di XT Square. Sayang sekali jika anda sudah berada di XT Square, namun tidak masuk ke tempat-tempat ini.

3 Spot Wisata Menarik Di XT Square

Setidaknya saat berkunjung ke XT Square, ada 3 spot wisata yang bisa anda sambangi. Ketiga spot wisata ini sangat menarik dan sayang jika dilewatkan. Berikut ini ketiga spot menarik tersebut:

1. 3D Museum

Spot yang pertama adalah 3D museum. Di sini para pengunjung bisa melihat museum dengan dekorasi yang modern. Museum yang pertama adalah museum yang khusus memperlihatkan lukisan modern yang 3 dimensi. Di sini anda bisa berfoto sepuasnya karena ada banyak lukisan cantik yang sayang jika anda tidak ikut berfoto di depannya. Museum yang kedua adalah museum yang berisi patung. Ada banyak patung yang ada di sini bahkan termasuk patung para super hero.

Lihat selengkapnya wisata 3D museum : De Mata Trick Eye Museum

2. Selfie Park

Seperti namanya, taman yang ada di XT-Square yang satu ini memang khusus untuk para pengunjung agar bisa selfie. Ada banyak sekali tempat cantik yang dihias. Tentu saja spot yang satu ini sangat layak untuk dijadikan latar belakang anda selfie. Setelah itu, anda bisa upload foto selfie tersebut di sosial media milik anda. Selfie Park termasuk bagian yang sangat difavoritkan.

3. XT Lane

XT Lane ini merupakan arena food court yang ada di lapangan terbuka. Sama seperti pada zona kuliner, di XT Lane para pengunjung juga bisa menikmati sajian makanan kuliner sepuasnya. XT Lane ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi anda yang sudah lelah berkeliling XT Square.

Nikmati semua spot wisata yang ada di XT Square. Ketika anda akan berkunjung ke sini, usahakan ketika tempat ini sedang mengadakan event atau acara. Ada banyak acara yang selalu diadakan di sini.

Acara Yang Sering Diadakan Di XT Square

Setidaknya ada 3 acara yang sering diadakan di sini. Baik warga Jogja maupun wisatawan biasanya sangat antusias dengan semua acara ini. Berikut ini acara-acara tersebut:

1. Gebyar Ramadhan

XT Square merupakan tempat dimana anda bisa menemukan acara gebyar Ramadhan di Jogja. Tentu saja acara ini hanya bisa anda ikuti pada saat bulan puasa. Saat ramadhan hadir, ada banyak wisatawan yang datang ke sini. Sebagian dari mereka menikmati sajian acara yang diadakan oleh pengelola sambil berburu sajian berbuka.

2. Festival Budaya

Festival budaya juga cukup sering diadakan di tempat yang satu ini. Jogja adalah kota yang penuh akan budaya. Sehingga memang bukan suatu yang mengherankan jika XT Square juga dijadikan tempat pagelaran festival budaya.

3. Kompetisi Yang Menarik

Uniknya lagi, area XT Square ini sering sekali dijadikan tempat kompetisi yang menarik. Jika anda beruntung, anda juga bisa bergabung dalam kompetisi tersebut. Kompetisi tersebut seperti kompetisi memasak, kompetisi fashion show, kompetisi skateboard dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua kompetisi ini menambah semarak suasana di XT Square.

Semua informasi yang ada di atas membuktikan jika XT Square memang merupakan tempat yang sangat layak dikunjungi. Beragam wisata yang ada di tempat ini tentu sangat seru untuk dijelajah. Jadi ketika anda akan ke Jogja, jangan lupa memasukkan tempat ini ke daftar wisata anda.