Pantai Krakal sudah lama dikenal dan menjadi salah satu pantai yang banyak diminati para wisatawan. Hal itu ditandai dengan ramainya pengunjung yang datang baik dari dalam maupun luar negeri terutama ketika hari libur tiba. Pesona alamnya yang indah bak surga tersembunyi menjadi daya tarik utama pantai ini. Panorama alamnya yang mempesona juga mampu menarik para pecinta fotografi untuk hunting foto di sini.

Selain itu, Pantai Krakal juga memiliki keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas pantai ini seperti ombaknya yang sangat cocok untuk dijadikan spot surfing para peselancar.

Eksotisme Keindahan Pantai Krakal

Pantai Krakal memiliki garis pantai yang memanjang sekitar 40.000 meter dan merupakan pantai dengan garis terpanjang di antara deretan pantai lain di Gunungkidul. Hamparan pasir putihnya yang begitu luas dengan tebing dan batuan karang yang berada di sekitar pantai menjadi daya tarik utama pantai ini. Beragam biota laut banyak ditemukan di sini dan sering dijual penduduk di sekitar pantai. Salah satunya adalah ikan karang Damselfish yang berwarna khas kuning dengan aksen biru. Tak heran banyak yang menjadikan pantai ini sebagai spot memancing.

Eksotisme keindahan lainnya terlihat dari hamparan hijau pepohonan yang tumbuh di atas bukit atau tebing karang yang berada di kanan kiri pantai. Para wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan pantai dari ketinggian dengan menaiki bukit ini melewati jalan setapak. Selain itu, pantai ini memiliki keistimewaan berupa ombaknya yang cukup ganas dan menantang. Sehingga banyak para surfer yang memanfaatkannya untuk bermain selancar. Salah satunya adalah Reef Break atau ombak ganas dari batuan karang yang berada di pinggir pantai. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja 3 hari 2 malam.

Asal Mula Pantai Krakal

Pantai Krakal ternyata memiliki cerita dan sejarah unik dengan proses yang panjang hingga akhirnya terbentuk seperti sekarang ini. Adanya daratan Pantai Krakal terbentuk karena proses pengangkatan dasar laut hingga akhirnya muncullah pantai yang eksotis dan indah ini. Konon katanya Pantai Pulang Sawal yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Krakal dulunya merupakan pantai yang berada di bawah dasar laut. Ketika terjadi proses pengangkatan kerak bumi tersebut membuat dasar laut naik ke permukaan hingga membentuk daratan yang kini menjadi Pantai Krakal ini.

Lihat tempat wisata jogja lainnya: Wisata Alam Posong

Nama Krakal yang disematkan pada pantai ini aslinya adalah “KERAKAL” yang berarti batu-batuan kecil yang tersebar dalam Bahasa Jawa. Munculnya nama tersebut dilatarbelakangi dari bebatuan sebesar bulatan telur (kerakal) yang memiliki permukaan halus dan berwarna putih yang tersebar di hamparan pasir putih yang memanjang di pantai ini. Kerakal-kerakal yang tersebar tersebut menghiasi bibir pantai dan sangat laku dijual karena cocok untuk hiasan di taman-taman. Sehingga kerakal-kerakal di pantai ini pun habis dan hanya tersisa namanya saja.

Pantai Krakal

Lokasi Pantai Krakal

Alamat: Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Krakal

Fasilitas yang tersedia di pantai ini sudah sangat memadai dan dikelola dengan sangat baik. Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan di pantai ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan yang menjual makanan dan minuman
  • Gazebo di atas tebing dan pinggir pantai
  • Panggung terbuka dengan berbagai atraksi hiburan
  • Hotel dan penginapan di sekitar pantai
  • Spot surfing
  • Spot memancing
  • Spot foto menarik
  • Camping ground

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Sama halnya dengan pantai-pantai lain yang ada di deretan pantai selatan Gunungkidul, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini kisaran budget yang perlu Anda siapkan:

Tiket masuk retribusiRp 10.000,00
Parkir motorRp 2.000,00
Parkir mobilRp 5.000,00
ToiletRp 2.000,00 – Rp 4.000,00
Sewa penginapanRp 50.000,00 – Rp 500.000,00 per malam

Luasnya Pantai Krakal dan segala panorama keindahannya ini pun bisa dilihat dari atas ketinggian Bukit Kosakora yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini. Bukit ini merupakan bukit karang yang menjadi pembatas antara pantai yang satu dengan pantai lainnya. Anda pun bisa sepuasnya bermain dan menikmati setiap sudut keindahan yang ada. Selain itu, pantai ini juga bisa menjadi destinasi pilihan dalam satu paket wisata bersama pantai-pantai lain di sekitarnya.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga dari pagi sampai malam masih ada pengunjung yang datang terutama para wisatawan yang berkemah di sini. Pantai ini pun terkenal sebagai pantai yang bersih dan tidak banyak sampah berceceran di pinggir pantai. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Krakal ini dengan tidak mengotori dan tidak membuang sampah sembarangan di pantai.