Eksotisme keindahan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan. Salah satunya adalah Pantai Kukup yang memiliki keistimewaan berupa sebuah pulau kecil yang berada di tengah pantai. Sekilas pemandangan yang ada di pantai ini mirip dengan Tanah Lot Bali. Panorama alam berupa hamparan pasir putih dan keanekaragaman biota laut menjadi daya tariknya.

Para wisatawan pun akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam yang ada dengan fasilitas lengkap yang cukup memadai di sini.

Daya Tarik Pantai Kukup

Selain panorama alamnya yang indah, terdapat keunikan dan keistimewaan lain yang bisa Anda temukan di pantai ini. Banyak yang menjadikan pantai sebagai tujuan berburu sunrise dan sunset. Dua momen terbaik ini dapat Anda nikmati dengan sempurna ketika berada di atas bukit. Pantai Kukup juga mendapat julukan akuarium alami di Jogja karena memiliki beraneka ragam biota laut. Sebagai contoh ikan hias air laut yang beraneka ragam warna yang kemudian banyak dipelihara di gedung Aquarium Laut yang masih dalam satu area di pantai ini.

Ciri khas lain yang menjadi daya tarik utama pantai ini adalah adanya sebuah Pulau Jumino yang dihubungkan oleh jembatan dengan batu karang di pinggir pantai. Para wisatawan bisa menikmati keseluruhan keindahan pantai ini dari ketinggian. Terdapat pula gardu pandang yang bisa dijadikan tempat untuk istirahat. Pantai ini hanya memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang. Di pinggir pantai terdapat batuan karang yang bisa dijadikan tempat untuk duduk-duduk sambil bersantai menikmati pemandangan yang ada.

Aktivitas Menarik di Pantai Kukup

Tentu sangat sayang jika tidak memaksimalkan potensi yang ada di pantai ini untuk melakukan aktivitas-aktivitas menarik seperti berikut ini:

  1. Menikmati keindahan pantai dari atas bukit karang yang diberi nama Pulau Jumino dengan melewati jembatan yang menghubungkannya dengan bukit karang yang berada di pinggir Pantai Kukup
  2. Berfoto di spot-spot menarik dan instagramable di sekitar pantai seperti di atas bukit karang maupun bebatuan karang yang ada di pinggir pantai
  3. Memancing ikan mengingat pantai ini kaya akan keanekaragaman biota laut dengan berbagai jenis spesies di dalamnya
  4. Snorkeling dan berenang bersama ikan-ikan di sini
  5. Berbelanja dan menikmati kuliner yang ada karena banyak sekali toko souvenir dan oleh-oleh yang berjualan di sekitar pantai

Lokasi Pantai Kukup

Jl. Pantai Kukup Ngepung, Kemadang Kec. Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta 55881 (Lihat map)

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Kukup

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang sudah cukup memadai dan dapat mengakomodasi kebutuhan wisatawan yang datang, di antaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Pendopo atau balai pertemuan
  • Hotel dan penginapan
  • Resort dengan fasilitas kolam renang di pinggir tebing
  • Toko souvenir
  • Warung makan yang menjual makanan dan minuman

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Berlibur ke pantai memang selalu menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu libur tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Berikut ini kisaran budget yang harus Anda siapkan:

Tiket Masuk RetribusiParkir MotorParkir Mobil
Rp 100.000Rp 2.000Rp 5.000

Harga-harga makanan dan souvenir yang dijual di sini tergolong murah dan terjangkau. Banyak pula penjual mainan anak sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi pilihan wisata bersama keluarga. Tak jarang pantai ini juga menjadi destinasi pilihan dalam satu paket wisata bersama pantai-pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Sepanjang, dan lain sebagainya.

Keistimewaan yang menjadi daya tarik pantai ini mampu menjadi magnet untuk para wisatawan datang ke sini. Alamnya yang indah dengan fasilitas yang lengkap akan membuat Anda betah berlama-lama libur di sini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di Pantai Kukup agar keasrian alamnya tetap terjaga dengan tidak mengotori dan tidak membuang sampah sembarangan di sini.