Surga tersembunyi lainnya di Gunungkidul dapat ditemukan di Pantai Pok Tunggal yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Indrayanti. Lokasinya memang agak tersembunyi di antara hutan jati dan perbukitan karang. Anda pun harus melewati jalanan yang belum beraspal sehingga harus ekstra hati-hati. Perjalanan yang melelahkan pun akan terbayar lunas ketika sampai di pantai ini dan melihat keindahannya yang begitu mempesona.

Berbagai aktivitas menarik dan seru pun bisa Anda lakukan di sini sehingga liburan akan terasa lebih mengesankan dan menyenangkan.

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

Pantai ini memiliki sungai bawah tanah sebagai sumber air tawar bagi penduduk di sekitar pantai ini. uniknya, air tawar yang terdapat di aliran sungai bawah tanah tersebut tidak tercampur dengan asinnya air laut. Sehingga bagi Anda yang ingin menggunakan air ini tidak perlu takut asin. Pantai Pok Tunggal terkenal memiliki tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan yang menjulang tinggi. Tebing tersebut memiliki bentuk seperti benteng dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta rock climbing.

Bagi Anda para penikmat alam yang hobi berkemah, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan area camping bersama teman maupun keluarga. Hamparan pasir patihnya yang luas dan terbentang di pinggir pantai menjadi spot utama bagi para wisatawan yang ingin berkemah di sini. Spot-spot untuk diving dan snorkeling juga tersedia di pantai ini karena ombaknya terbilang cukup tenang meskipun berada di deretan laut selatan. Kondisi air lautnya yang masih sangat alami, jernih, dan tenang sangat mendukung aktivitas seperti menyelam. Sangat disarankan untuk membawa diving dan snorkeling sendiri.

Asal Mula Pantai Pok Tunggal

Nama panti ini memang terdengar unik dan ternyata menyimpan cerita menarik di balik pemberian nama tersebut. Pantai yang baru dibuka pada tahun 2012 oleh masyarakat setempat ini memiliki ikon khas berupa pohon Duras yang tumbuh di pinggir pantai. Pohon ini kemudian diambil menjadi nama dari pantai ini. Pohon (Pokok) Duras yang hanya satu buah saja sehingga dinamakan Pok (Pohon) dan Tunggal (satu).

Pantai ini dulunya masih sangat sepi dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai pantai pribadi karena hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaan pantai ini. Lambat laun pantai ini mulai dikenal oleh masyarakat dan para wisatawan sehingga fasilitas yang ada pun mulai dikembangkan. Meskipun sudah tidak sealami dulu karena terlalu banyak orang menjamahnya, pantai ini tetap tidak kehilangan pesonanya.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan para pengunjung yang datang. Berikut ini fasilitas yang dapat Anda manfaatkan ketika berlibur ke pantai ini:

  • Camping ground
  • Penyewaan tenda dome dengan tarif Rp 60.000,00 per malam
  • Spot foto menarik
  • Gazebo
  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Penyewaan payung pantai dan alas tikar

Harga Tiket Masuk Pok Tunggal

Biaya yang dikeluarkan untuk berlibur ke Pantai Pok Tunggal ini relatif murah dan cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek mahal-mahal. Anda hanya cukup menyiapkan budget untuk membayar tiket masuk, biaya parkir, dan biaya tambahan jika ingin camping dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tiket masuk: Rp 10.000,00 per orang
  2. Parkir motor: Rp 2.000,00 per unit
  3. Parkir mobil: Rp 5.000,00 per unit
  4. Biaya keamanan untuk camping: Rp 5.000,00 – Rp 10.000,00

Menikmati keindahan alam dengan suasana yang tenang di pinggir Pantai Pok Tunggal tentu akan menjadi momen mengesankan bagi Anda bersama keluarga maupun teman-teman. Eksotisme keindahan alam yang ada di pantai ini akan membuat Anda betah berlama-lama berada di sini. Penat karena rutinitas sehari-hari pun bisa hilang ketika melihat indahnya pesona alam yang ada di sini.

Lokasinya yang cukup dekat dengan pantai-pantai lain di deretan laut selatan membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi pilihan paket tour. Sebagai wisatawan yang bijak, tentu sangat penting untuk menjaga kebersihan di Pantai Pok Tunggal ini agar keasrian alamnya tetap terjaga. Salah satunya dengan cara tidak mengotori dan tidak membuang sampah sembarangan di Pantai Pok Tunggal.