Menyempatkan waktu liburan untuk lebih dekat dengan alam dengan camping seru bersama keluarga maupun teman tentu menjadi pengalaman yang mengesankan. Salah satu tempat wisata alam menarik yang sangat cocok untuk berkemah adalah wisata Posong yang berada di dataran tinggi Temanggung. Posong merupakan tempat wisata alam yang terbilang cukup baru dan viral di media sosial.

Pemandangan 7 puncak gunung di area Jawa Tengah dapat terlihat jelas dari puncak bukit ini. Tempat wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata di area Jawa Tengah dengan lokasi yang cukup dekat dengan Kota Jogja.

Keindahan Wisata Alam Posong Temanggung

Posong menjadi salah satu keindahan lain yang tersembunyi di balik gunung kembar Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Tempat wisata ini menghadirkan pesona sunrise dan sunset yang begitu indah dari atas bukit. Bahkan Posong terkenal dengan golden sunrise-nya yang begitu menakjubkan. Perjuangan yang melelahkan ketika melewati tanjakan dan jalan terjal yang berkontur batu dan sempit pun akan terbayar tatkala melihat keindahan dari atas bukit ini. Panorama keindahan berupa hijaunya perkebunan penduduk dan terasering menjadi pemandangan lain yang sangat menarik untuk dinikmati.

Kunjungi juga obyek wisata bagi pecinta gunung: Gunung Nglanggeran

Spot utama Posong berupa sebuah spot di atas bukit yang biasanya ramai digunakan wisatawan untuk menunggu datangnya sunrise dan disarankan untuk datang ke tempat wisata ini ketika pagi hari sekitar pukul 04.00 WIB. Bayangan semu Gunung Merapi, Merbabu, Muria, Telomoyo, dan Ungaran mulai terlihat ketika perlahan-lahan matahari pagi beranjak naik. Pemandangan sunset ketika sore hari pun tidak kalah mempesona. Bahkan ketika malam hari, milyaran bintang atau milky way dan pemandangan kelap-kelip lampu kota pun melengkapi panorama di tempat wisata ini.

Tips Liburan ke Posong

Agar liburan Anda lebih menyenangkan dan mengesankan, tips-tips berikut ini mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk dilakukan:

  • Bawa termos berisi air panas dan cangkir kopi sendiri jika datang terlalu pagi karena warung yang ada di sekitar tempat wisata biasa mulai buka pukul 07.00 pagi.
  • Cobalah untuk menikmati kopi posong Temanggung yang khas.
  • Bawa jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, dan celana training karena suhu disini lumayan dingin mengingat posisinya di dataran tinggi.
  • Berkunjunglah saat musim kemarau untuk mendapatkan view yang sempurna karena ketika hujan biasanya kabut lebih tebal.
  • Jangan buang sampah sembarangan agar keasrian alam di Posong tetap terjaga kelestariannya.

Wisata Alam Posong

Lokasi Wisata Alam Posong

Alamat: Lembah, Jl. Sindoro, Area Sawah, Tlahap, Temanggung, Temanggung Regency, Central Java 56264

Lihat: Google Map

Fasilitas yang Tersedia Bagi Pengunjung

Meskipun terbilang tempat wisata alam baru, beberapa fasilitas yang cukup memadai sudah tersedia di Posong seperti berikut ini:

  • Warung makan yang buka mulai pukul 07.00 WIB
  • Camping ground yang bisa digunakan bagi Anda yang ingin kemah di Posong
  • Toilet
  • Spot foto menarik seperti spot bingkai berbentuk love, spot kupu-kupu, dan jembatan di depan tulisan ‘Posong’
  • Gazebo
  • Berbagai Penginapan di Posong Temanggung
  • Area parkir

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong

Untuk menikmati setiap sudut keindahan di Posong, Anda tidak perlu merogoh kocek mahal dan cukup siapkan budget berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 7.000,-
Parkir KendaraanGratis

Bukit ini menjadi bukti sejarah ketika Pangeran Diponegoro memanfaatkan pos kosong untuk mengelabui penjajah. Sehingga nama Posong pun diambil dari singkatan pos kosong. Kini, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan dan spot favorit di Temanggung. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih leluasa dan Anda pun bisa memanfaatkan jasa sewa motor maupun sewa mobil yang ada.

Jangan lewatkan tempat wisata cahaya surga: Goa Jomblang

Perjuangan yang melelahkan ketika melewati tanjakan dan jalan terjal yang berkontur batu dan sempit pun akan terbayar tatkala melihat keindahan dari atas bukit ini. Berlibur bersama keluarga maupun pasangan untuk menikmati momen indah di bukit Posong ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Udara yang sejuk dan masih sangat asri membuat Anda akan betah berlama-lama di wisata alam Posong.