Yogyakarta merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki pesona alam yang beragam, khususnya di daerah Kulon Progo. Di Kulon Progo ini banyak sekali destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi, seperti pantai, air terjun, waduk, perbukitan, dan puncak. Salah satu puncak di daerah Kulon Progo yang cukup populer yaitu Bukit Widosari.

Puncak Widosari ini memiliki keindahan alam yang luar biasa memesona. Adapun informasi lebih lanjut mengenai pesona lain dari wisata ini akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

Daya Tarik Bukit Widosari

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu adanya bongkahan batu raksasa yang unik dan menambah daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, puncak ini jika dilihat dari bawah akan terlihat menyerupai dengan bentuk wajah manusia. Di area ini juga dibangun beberapa gardu pandang berlatar belakang keindahan alam yang eksotis dengan dikelilingi oleh pagar pengaman.

Jangan lewatkan pantai pimadona di Gunung kidul: Pantai Indriyanti

Saat pagi hari, Anda dapat menikmati sunrise di tempat ini dengan berlatar belakang Gunung Merapi, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu. Anda juga akan dimanjakan dengan keindahan garis pantai laut yang begitu kontras dengan perpaduan hijaunya perbukitan dan langit biru pada siang hari. Nikmati juga keindahan sunset pada sore hari.

Puncak Widosari juga dekat dengan beberapa destinasi wisata yang tak kalah menarik, seperti Bukit Menoreh Borobudur, Puncak Suroloyo, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin berwisata di sini dan di sekitar wisata ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa sewa mobil jogja atau jenis mobil lainnya di sewa mobil jogja.

Foto

Sejarah Bukit Widosari

Sejarah Bukit Widosari Kulon Progo sendiri tidak banyak diketahui. Namun, konon katanya Gunung Widosari ini dulunya pernah menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro. Bahkan hingga saat ini, tempat ini juga masih sering digunakan untuk tempat lelaku, baik oleh orang-orang sekitar atau orang luar daerah.

Tempat ini juga memiliki beberapa pantangan atau larangan yang tidak boleh Anda lakukan. Pantangan tersebut yaitu tidak diperbolehkannya membakar dupa, kemenyan, atau benda sejenisĀ  lainnya di tempat ini. Maka dari itu, saat Anda berada di Puncak Widosari ini usahakan untuk menghindari pantangan-pantangan tersebut apapun alasannya.

Lokasi Puncak Widosari

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Widosari

Puncak Bukit Widosari ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya:

  1. Toilet
  2. Area parkir yang luas
  3. Musala
  4. Warung makan
  5. Gazebo
  6. Gardu pandang/spot foto
  7. Tempat duduk
  8. Wifi gratis

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Wisata Bukit Widosari dapat Anda kunjungi setiap hari pada pukul 06.00-18.00 WIB. Harga tiket masuk tempat wisata ini juga cukup murah. Adapun harga tiket masuk, parkir kendaraan, dan beberapa keperluan lainnya akan diberikan pada tabel berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000 – Rp 5.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 5.000
Sewa Tulisan Untuk FotoRp 2.000

Keindahan alam dan kesejukan Puncak Widosari ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang hendak refreshing dan melepas penat. Di sana, Anda dapat menikmati keindahan alam dan ketenangan kota Joga dari atas bukit yang hijau. Tempat ini juga menyediakan spot foto menarik yang dapat membantu Anda untuk mengabadikan momen. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja terlengkap dengan biaya terjangkau.

Demikian beberapa ulasan mengenai Bukit Widosari yang unik dan dapat Anda temui di Kulon Progo. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat berjalan menuju puncak ini, karena sisi-sisi puncak ini terdapat jurang yang dalam. Selamat berlibur dan menikmati kebersamaan dengan keluarga dan orang terdekat.