Siapa yang tidak mengenal pantai yang menjadi primadona pariwisata di Gunungkidul ini? Popularitas Pantai Indrayanti memang sudah tidak diragukan lagi apalagi pantai ini sudah dikelola dengan baik dan profesional. Tak heran ketika hari libur tiba pantai ini selalu dipadati wisatawan yang datang dari luar kota. Ciri khas hamparan pasir putih yang melekati di pantai-pantai selatan Gunungkidul juga dapat Anda temukan di sini.

Panorama keindahan berupa birunya air laut dengan deburan ombak yang bergulung menuju pantai dan tebing karang di sekelilingnya menjadi daya tarik pantai ini. Jika Anda ingin datang kesana, Anda dapat rental mobil di jogja dengan sopir atau lepas kunci.

Keunikan dan Panorama Keindahan Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul ini hampir tak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai bis-bis berdatangan membawa rombongan wisatawan. Payung warna-warni di bibir pantai pun menghiasi pantai ini. Menikmati hamparan pasir putih yang luas dan jernihnya air laut di atas tikar di bawah payung pun akan membuat Anda merasa nyaman berada di sini. Sesekali Anda pun bisa bermain ombak di pinggir pantai dan berenang bersama teman maupun keluarga.

Pantai ini juga terkenal sebagai habitat ubur-ubur yang cukup banyak pada waktu tertentu. Sehingga Anda harus lebih berhati-hati dan jangan sampai memegangnya karena sengatan ubur-ubur cukup terasa. Terkadang banyak pula ditemukan ubur-ubur yang terdampar di pinggir pantai. Menikmati momen sunrise dan sunset Pantai Indrayanti Gunung Kidul selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu para penikmat alam. Jika Anda ingin melihat keindahan pantai Indrayanti Gunung Kidul dari ketinggian, bukit yang terletak di sebelah kiri pantai ini pun bisa didaki.

Foto

Asal Mula Pantai Indrayanti & Mitos

Sekilas nama pantai ini memang terdengar unik dan cukup berbeda dibandingkan nama-nama pantai lainnya karena seperti mengambil nama orang. Meskipun bukan nama resmi dari pantai ini, ternyata justru nama ini yang lebih menjual dan meningkatkan pamor Pantai Indrayanti hingga kancah internasional. Indrayanti sebenarnya merupakan nama sebuah restoran yang dimiliki oleh Bapak Indra dan Ibu Yanti yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Tanpa sengaja nama restoran ini kemudian melekat pada nama pantai ini dan lebih dikenal oleh para wisatawan.

Lihat juga keindahan: Pantai Ngrenehan

Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai paling terkenal di Gunungkidul. Seperti pantai selatan pada umumnya, pantai ini memiliki mitos yang melekat di lingkungan masyarakt. Mitos tersebut mengatakan, siapa saja yang menggunakan benda warna hijau saat dipantai maka Akan hanyut. Benda bisa berupa baju, mainan, bahkan kendaraan. Kepercayaan ini sudah lama ada, yang sebenarnya tidak bisa dibuktikan secara Ilmiah. Namun sebagai pendatang Anda tetap harus berhati hati.

Lokasi

Fasilitas Pantai Indrayanti

Fasilitas-fasilitas yang memadai dan modern sudah tersedia di sini mengingat pengelolaannya yang sudah sangat baik, di antaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Gazebo untuk tempat istirahat pengunjung
  • Tempat makan yang menjual kuliner khas pantai
  • Penyewaan tikar dan payung pantai
  • Penyewaan jetski
  • Tempat bermain anak
  • Menara lifeguard beserta petugas yang berjaga
  • Penginapan di sekitar pantai

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Sama halnya dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati panorama keindahan yang ada. Tiket masuk Pantai Indrayanti Wonosari ini sangat terjangkau. Namun, jika Anda ingin menikmati setiap fasilitas yang disediakan maka jangan lupa menyiapkan budget dengan kisaran berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Toilet dan Kamar MandiRp 2.000,- – Rp 5.000,-
Sewa GazeboRp 30.000,-
Sewa Payung PantaiRp 20.000,-
Sewa JetskiRp 250.000,- per 15 menit

Jika ingin menikmati pemandangan indah pantai ini, sebaiknya tidak datang ketika hari libur tiba karena yang ada Anda akan menikmati lalu-lalang wisatawan yang padat. Panorama keindahan Pantai Indrayanti ini tidak akan membuat Anda kecewa meskipun harus melewati perjalanan yang jauh dan melelahkan. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai-pantai lainnya pun menjadikan pantai ini bisa dijadikan destinasi dalam satu paket wisata ke jogja.

Pantai Indrayanti pun menjadi salah satu ikon wisata pantai yang ada di Gunungkidul. Sehingga nama pantai inilah yang akan pertama kali terbesit ketika ingin berlibur ke pantai di Gunungkidul. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan karena peraturan di pantai ini cukup ketat. Pihak pengelola tidak akan segan-segan meminta denda Rp 10.000,00 bagi yang ketahuan membuang sampah sembarangan di Pantai Indrayanti.