Berkunjung ke Jogja, rasanya tak lengkap kalau tak berwisata. Kota gudeg ini tak habis-habisnya menawarkan tempat wisata terbaru. Setelah sebelumnya heboh dengan Puncak Becici, kali ini ada Gardu Pandang Mangol Kencana yang menarik perhatian citizen. Berlokasi di atas ketinggian, eksotisme kota Yogyakarta terlihat jelas dari sini. Bahkan pemandangan indah Gunung Merapi dan Merbabu terpotret indah di hadapan pengunjung.

Berada di daerah Gunung Kidul, gardu pandang satu ini menawarkan berbagai aktivitas menarik. Wisatawan tak akan dibuat bosan menghabiskan waktu di tempat ini.

Panorama Matahari Terindah di Yogyakarta

Termasuk salah satu objek wisata baru, lokasi ini mulai ramai dipadati pengunjung. Tak hanya di akhir pekan, di hari biasa pun wisatawan datang berbondong-bondong. Kebanyakan dari mereka datang di pagi ataupun sore hari. Alasannya serupa, ingin melihat sunrise dan sunset dengan background pegunungan di Mangol Kencana Gunung Kidul.

Dari foto-foto yang diunggah ke media sosial, tampak jelas keindahan kota Jogja dari landscape Gardu Pandang Mangol Kencana. Terlebih suasana malam khas perkotaan dengan kerlap-kerlip lampu yang menambah kemeriahan suasana. Saat cuaca cerah di sore maupun pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan semburat jingga secara jelas. Ditemani semilir angin yang berhembus, Anda akan benar-benar diajak terkesima sejenak. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata ke yogyakarta dengan harga terjangkau.

Sejarah Gardu Pandang Mangol Kencana

Gardu Pandang Mangol Kencana telah dirintis sejak tahun 2015. Sebelumnya, tempat ini tak banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun beberapa waktu keberadaannya sempat menjadi buah bibir citizen. Hal tersebut dikarenakan suasana sunset terpotret jelas dari lokasi tersebut. Tak ayal banyak orang dibuat kagum dan bertanya-tanya, dimana lokasi sebenarnya.

Nama Mangol Kencana sendiri sarat akan makna. Diketahui ‘mangol’ berarti menonjol, dikarenakan ada sebuah batu yang menonjol di kawasan tersebut. Sementara kencana artinya tambang ‘emas’. Masyarakat sekitar berharap wisata Mangol Kencana dapat menjadi sumber pendapatan bagi warga sekitar. Mengingat pengelolaan tempat dilakukan secara swadaya oleh warga sekitar.

Lokasi Tempat Wisata

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan supir+bbm harga terjangkau.

Bagi wisatawan yang ingin datang kesini namun sulit menemukan transportasi umum, sewa motor Jogja dapat membantu. Anda dapat menikmati pemandangan yang terhampar di sepanjang perjalanan menuju Gunung Kidul. Melewati area bukit bintang, landscape kota Jogja akan terlihat sangat jelas dari ketinggian. Bila memungkinkan, berhenti sebentar untuk mengambil gambar.

Foto

Fasilitas Yang Tersedia

Walaupun baru-baru ini saja ramai, para pengelola tidak ingin kecolongan. Demi menunjang kenyamanan pengunjung, beberapa fasilitas umum tersedia, seperti:

  1. Gazebo
  2. WC umum
  3. Mushola
  4. Camping ground
  5. Warung tenda

Dengan seiring berjalannya waktu, tentunya akan makin banyak fasilitas yang dibangun disini. Namun untuk saat ini fasilitas yang tersedia sudah cukup baik untuk kelas tempat wisata baru.

Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Mangol Kencana

Nah, ada tarif distribusi yang ditetapkan oleh pengelola wisata bagi para pengunjung Mangol Kencana. Tarifnya sangat terjangkau dan tidak memberatkan bagi wisatawan. Berikut tarif selengkapnya seperti terlampir di bawah ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000

Uraian di atas seputar Mangol Kencana dapat membantu Anda menentukan pilihan berlibur. Tak harus jauh-jauh ke luar kota, kalau Jogja saja bisa memberikan keindahan menakjubkan. Liburan tetap murah, tapi mendapatkan sensasi tak kalah seru dari di luar negeri. Kalau bukan Anda, siapa lagi yang menghargai panorama alam di negeri sendiri?

Jangan lewatkan wisata indah bukti berbentuk wajah manusia: Bukit Widosari

Tak ada lagi alasan malas bertandang ke Jogja. Ada begitu banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama disini. Gardu Pandang Mangol Kencana hanya satu dari sekian banyak tempat wisata di Jogja yang harus masuk itenerary perjalanan Anda. Sempatkan diri Anda menghabiskan sore sembari bersantai ditemani secangkir kopi dan semilir angin.