Goa Jepang Kaliurang hampir terdapat di berbagai daerah. Salah satu yang paling terkenal terletak di Kaliurang, Jogja. Goa ini tidak terbentuk secara alami, melainkan peninggalan penjajahan Jepang. Goa ini, dulu digunakan sebagai tempat perlindungan tentara Jepang. Menurut sejarah, goa ini dibangun pada tahun 1942 – 1945. Kini, goa tersebut banyak dijadikan sebagai tempat wisata.

Goa yang terletak di lereng Gunung Merapi ini, menjadi tempat wisata yang eksotis. Jika Anda berkunjung, Anda akan melihat banyak kawanan monyet di sana.

Pesona Goa Jepang Kaliurang

Goa ini terletak di pegunungan yang memiliki pemandangan mempesona. Pengunjung dapat melihat pemandangan eksotis gunung merapi yang menjulang tinggi. Gunung ini terkadang diselumuti oleh awan. Meski demikian, Anda masih tetap bisa menyaksikan pesona keindahannya.

Perjalanan menuju Goa Kaliurang sangat menyenangkan. Anda bisa melihat pemandangan alam sekitar yang membuat lelah Anda tidak terasa. Tempat ini sangat cocok sekali untuk Anda yang ingin menyaksikan pemandangan pegunungan yang hijau dan eksotis. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Foto

Sejarah Singkat Goa Jepang Kaliurang

Baik sejarah maupun misteri Goa Jepang Kaliurang cukup menarik untuk disimak. Karena syarat akan sejarah Indonesia di zaman penjajahan dulu. Selain bersejarah, tempat ini pun sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Sehingga menjadikannya sebagai destinasi wisata yang cukup populer di Jogja.

Goa Jepang ini memiliki sekitar 25 goa buatan. Masing-masing goa tersebut memiliki ruang penghubung. Goa ini berbeda dengan Goa Jepang yang lain. Umumnya, goa lain kebanyakan digunakan untuk penyimpanan senjata. Sementara itu, Goa yang terletak di Kaliurang adalah untuk perlindungan.

Rute Menuju Lokasi Goa Kaliurang

Destinasi wisata bersejarah ini terletak di Jalan Kaliurang KM 25, Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke tempat ini tidak terlalu sulit. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, tempat ini hanya berjarak sekitar 30 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja hanya sekitar 50 menit saja.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Jogja. Salah satu yang bisa diandalkan adalah Sewamobiljogja.id. Selain mobil, menyediakan juga layanan rental mobil Jogja untuk mengakses Goa Jepang Kaliurang, dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Fasilitas yang Tersedia

Di tempat ini telah disediakan berbagai fasilitas menarik. Dengan demikian, pengunjung akan nyaman dan betah menghabiskan waktu di sana. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan:

  1. Di tempat ini telah tersedia fasilitas trekking. Fungsinya untuk memudahkan pengunjung agar dapat menjangkau goa. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat tersebut.
  2. Di tempat ini Anda tidak perlu takut kehabisan spot foto menarik. Karena, Ada banyak spot instagramble yang bisa Anda jadikan sebagai latar.
  3. Toilet adalah salah satu fasilitas umum yang juga ada di Goa Kaliurang. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir jika mendadak ingin buang air kecil, maupun besar.
  4. Setelah lelah mengelilingi tempat wisata, Anda bisa beristirahat di sebuah tempat makan. Anda bisa menikmati hidangan khas Jogja, atau sekedar mencicipi kehangatan kopinya.
  5. Tempat wisata ini memiliki area parkir yang terbilang luas

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Tiket masuk Goa Jepang Kaliurang sangat terjangkau. Untuk informasinya, Anda bisa melihat melalui tabel berikut:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 10.000

Jogja adalah gudangnya tempat wisata yang syarat akan budaya, sejarah dan keindahan alamnya. Goa Jepang Kaliurang adalah salah satunya. Destinasi wisata ini mudah sekali dijangkau. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap. Sehingga, sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Wisata goa yang seru dan favorit di Jogja: Goa Pindul

Nah, itulah ulasan tentang Goa Jepang Kaliurang yang terdapat di Jogja. Jika berencana berkunjung, pastikan Anda mempersiapkan segalanya. Karena letaknya yang berada di gunung, gunakanlah pakaian tebal agar tidak kedinginan saat berada disana. Selamat berwisata.