Beberapa tempat wisata baru di wilayah Perbukitan Menoreh kini menjadi tujuan wisata alternatif di Jogja. Terakhir, objek wisata Gunung Gajah di Kulonprogo mendadak populer di media sosial karena keindahan alamnya. Sejak dibuka pada pertengahan 2017 lalu, tebing ini memang semakin banyak menarik minat wisatawan dari berbagai daerah.

Di Pemalang sebenarnya ada juga objek wisata bernama Gunung Gajah. Namun Tebing Gunung Gajah Kulon Progo ini punya keunikan tersendiri.

Berbagai Wahana di Tebing Gunung Gajah

Puncak wisata Gunung Gajah memiliki ketinggian 916 meter dpl. Untuk sampai ke atas Anda harus melakukan trekking seperti di Puncak Suroloyo atau wisata tebing lainnya. Memang dibutuhkan tenaga ekstra, namun semua akan terbayar saat sampai di atas. Anda bisa melihat indahnya Waduk Sermo dan garis pantai selatan yang juga terlihat samar-samar dari sini.

Tempat wisata ini terletak di Desa Hargotirto, Kokap, Kulonprogo. Uniknya, ternyata wilayah Tebing Gunung Gajah masuk dalam dua provinsi sekaligus yaitu Jawa Tengah dan DIY. Jaraknya pun tidak jauh dari pusat kota, sehingga cukup mudah dijangkau dengan sepeda motor ataupun mobil. Kami juga menyediakan paket wisata Jogja yang salah satunya mengunjungi tempat wisata ini.

Foto

Sejarah Nama Tebing Gunung Gajah

Meski berada di daerah perbukitan, namun tempat wisata ini cenderung disebut tebing. Alasannya karena memang terletak di antara lereng-lereng dan tebing yang ketinggiannya hampir 1.000 m dpl. Nama Gunung Gajah sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar, karena salah satu puncaknya berbentuk seperti kepala gajah.

Munculnya tempat wisata Tebing di Kulon Progo ini tak lepas dari kegigihan Arif B. Sayoga. Beliau dibantu oleh masyarakat dari dusun Teganiang dan Katerban berhasil mewujudkan sebuah objek wisata baru. Latar belakangnya adalah kecintaan terhadap lingkungan. Dengan adanya tempat wisata ini, dia ingin agar tidak ada lagi aktivitas perusakan hutan di wilayah tersebut.

Lokasi Tempat Wisata

Untuk menuju kelokasi wisata ini, Anda bisa rental mobil di kulon progo dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas yang Tersedia

Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia di Tebing Gunung Gajah. Beragam fasilitas yang menunjang kenyamanan memang telah dibangun disini. Berikut daftar fasilitas yang tersedia:

  • 3 toilet (8 pintu)
  • Musala
  • Area parkir luas
  • Café (2 buah)
  • Tempat bermain anak
  • Spot foto klasik dari atas pohon
  • Spot foto tematik bentuk bulan sabit dan gembok cinta
  • Flying Fox
  • Menyusuri gua dan tebing
  • Treetop
  • WiFi Gratis

Di antara berbagai fasilitas yang ada disini, Treetop adalah wahana terfavorit wisatawan. Selain itu, tidak banyak tempat wisata umum yang menyediakan tempat bermain khusus anak seperti di sini.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Biaya yang harus dikeluarkan untuk berwisata di Tebing Gunung Gajah Kulon Progo ini tergolong murah. Selain biaya masuknya, tiket berbagai wahana hanya berkisar Rp15 ribu-Rp50 ribu saja. Berikut daftar selengkapnya:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000
Parkir BusRp 15.000
Spot Foto KlasikRp 10.000
Spot Foto TematikRp 20.000
Wisata PinusRp 10.000
Wisata Susur GoaRp 25.000
TreetopRp 50.000
Ayunan TebingRp 15.000
Susur TebingRp 50.000

Agar liburan Anda lebih menyenangkan, disarankan supaya Anda dan rombongan mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Pasalnya trek menuju puncak tebing dan semua wahananya cukup menguras fisik.

Wisata romantis di atas ketinggian Jogja: Bukit Bintang

Objek wisata Gunung Gajah di Kulonprogo ini memang berbeda dengan yang lain. Pengelola tidak hanya mengandalkan spot foto dengan latar belakang pemandangan saja. Disediakan pula berbagai wahana seru dengan keamanan yang terjamin dan didampingi instruktur. Anda bisa datang kesini untuk merasakan sensasi wisata alam yang berbeda.