Keindahan pantai di Gunungkidul selalu identik dengan hamparan pasir putih yang luas. Namun, Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda ketika berlibur ke Pantai Siung ini. Eksotisme keindahan pantai semakin terlihat sempurna dengan adanya tebing-tebing menjulang tinggi di sekelilingnya. Tempat wisata ini juga sering menjadi spot para atlet panjang tebing berlatih climbing.

Bagi Anda yang hobi climbing dan berpetualang tempat ini sangat menarik karena Anda bisa menyalurkan hobi sekaligus menikmati panorama keindahan alam yang indah.

Sekilas Tentang Pantai Siung

Menurut penuturan penduduk setempat, nama Pantai Siung diambil dari bentuk sebuah tebing yang memiliki bentuk cukup unik. Bentuk tebing ini mirip dengan gigi kera atau Siung Wanara dan membentang dari arah timur ke barat. Tebing dengan bentuk seperti gigi siung yang menjulang tinggi tersebut menambah daya tarik pantai ini. Anda dapat melihat keindahan pantai ini dari atas tebing dengan melewati jalan setapak menuju puncak tebing.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi yang berada di sekitar pantai menjadi ciri khas dan keunikan dari Pantai Siung Jogja ini. Bahkan tebing-tebing tersebut menjadikan Pantai ini diakui dengan 250 jalur climbing yang berstandar internasional. Banyak para atlet yang sering berlatih climbing di tebing-tebing karang Pantai Siung ini. Jika beruntung, Anda pun bisa menyaksikan secara langsung bagaimana atlet-atlet berlatih dan berlomba.

Panorama Keindahan Pantai Siung yang Menawan

Pemandangan pohon jati yang tumbuh di sepanjang bukit kapur akan memanjakan mata Anda ketika perjalanan menuju lokasi bibir pantai. Ketika sampai di bibir pantai Siung Wonosari, birunya air laut dan ombak yang bergulung menuju hamparan pasir putih menjadi ciri khas pemandangan alam yang ada di pantai selatan. Pemandangan menawan lainnya berupa air terjun yang secara alami terbuat dan mengalir di sela batuan tebing yang tidak terlalu tinggi saat ombak datang.

Lihat juga: Pantai Kesirat

Anda pun bisa menikmati indahnya pemandangan air laut yang menawan dari atas tebing Pantai Siung yang terdapat di sekelilingnya. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 – 15 menit untuk berjalan kaki melewati jalan setapak untuk menuju atas tebing. Gunakan alas kaki yang nyaman dan safety agar tidak mudah terpeleset. Sesekali ada kera-kera yang tiba-tiba turun dari atas tebing. Manfaatkan waktu santai Anda dengan menikmati keindahan laut di bawah pohon rindang di sekitar pantai.

Lokasi Tempat Wisata

Untuk menuju ke tempat lokasi wisata pantai ini, Anda bisa rental mobil di jogja lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia

Pengelolaan pantai ini terbilang sudah cukup baik dan didukung dengan fasilitas-fasilitas memadai seperti berikut ini:

  • Toilet
  • Mushola
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Area parkir yang luas
  • Rumah panggung yang merupakan pondok pemanjat yang bisa dimanfaatkan untuk tempat menginap dengan kapasitas maksimal 20 orang
  • Area panjat tebing
  • Camping ground

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Pantai seringkali menjadi destinasi pilihan liburan bagi para wisatawan yang ingin berlibur dengan budget minim. Karena Anda memang tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati segala keindahan di pantai ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Pantai Siung buka setiap hari selama 24 jam sehingga tempat ini sering dijadikan tempat wisata untuk camping Anda pun bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai salah satu destinasi paket wisata jogja karena lokasinya cukup dekat dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Gunungkidul. Berlibur bersama keluarga maupun teman-teman ke pantai ini tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Keindahan alam pantai yang selalu menghadirkan ketenangan sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Tempat wisata ini juga sering menjadi tempat berlabuh para nelayan yang mencari ikan. Sehingga Anda akan melihat beberapa kapal nelayan yang disandarkan di pinggir pantai. Sebagai wisatawan yang bijak, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di Pantai Siung ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.