Keasrian alam Pantai Watu Kodok dengan panorama keindahan yang begitu mempesona menjadi daya tarik utama para wisatawan datang ke pantai ini. Meskipun akses jalan menuju pantai ini belum sebagus pantai-pantai lainnya, pantai ini tetap diminati banyak wisatawan dan pengunjung. Keindahan alam laut yang mempesona dengan hamparan pasir putih yang luas dan jernih memang selalu menarik perhatian.

Anda akan menemukan pemandangan yang masih sangat asri dan alami sehingga suasana tenang pun akan mudah didapatkan.

Eksotisme Keindahan Pantai Watu Kodok

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas ini dapat Anda manfaatkan untuk bermain pasir bersama anak-anak. Sesekali para wisatawan juga bisa berenang dan bermain ombak di pinggir pantai asal tidak terlalu ke tengah karena takut berbahaya. Pantai Watu Kodok memiliki ciri khas berupa pohon cemara udang dan pandan laut yang tumbuh di sekitar pantai. Pohon-pohon ini sering dijadikan tempat berteduh dan bersantai. Bahkan ada pula yang menata dan membuat bangunan kayu di pohon tersebut untuk dapat dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang.

Alamnya yang masih sangat asri dengan hamparan pasir putih yang luas membuat pantai ini banyak diminati para pecinta alam untuk berkemah. Tak jarang beberapa acara seperti malam keakraban atau pramuka pun sering diadakan di sini. Anda pun bisa menyaksikan eksotisme keindahan langit senja dan beranjaknya matahari yang berpadu dengan garis horizon laut dari atas bukit karang yang berada di sisi timur. Bukit ini juga memiliki beberapa spot foto menarik seperti sebuah replika kapal atau spot bingkai kayu dihiasi bunga warna-warni yang berbentuk love dengan background luasnya laut. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja dengan lengkap.

Asal Mula Pantai Watu Kodok

Nama Watu KodokĀ  yang mengandung arti watu = batu dan kodok = katak memang terdengar unik. Nama ini diambil karena terdapat dua buah batu karang yang memiliki bentuk seperti kodok atau katak. Batu karang yang terletak di sisi barat dan timur pantai tersebut kemudian menjadi ikon dari pantai ini. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Drini di sisi timur dan Pantai Sanglen di sisi barat yang dibatasi batu karang.

Dari bukit ini Anda bisa menikmati keindahan Pantai Drini dan Pantai Watu Kodok Yogyakarta sekaligus sambil bersantai di bawah gazebo. Bahkan Anda pun bisa langsung berkunjung ke Pantai Drini melalui jalan setapak yang berada di sebelah timur bukit ini. Hati-hati ketika berada di tebing ini karena cukup curam dan hanya dibatasi pagar kayu. Suasana tenang dan angin sepoi-sepoi yang berhembus akan membuat Anda betah berlama-lama di atas bukit ini.

Alamat dan Rute Lokasi

Fasilitas yang Tersedia

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Watu Kodok Wonosari dan terbilang cukup memadai meskipun pantai ini tidak seramai pantai-pantai terkenal lainnya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Camping ground
  • Gazebo dan gubuk untuk beristirahat
  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Spot foto menarik
  • Penginapan di sekitar pantai

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk memasuki kawasan pantai ini Anda tidak perlu merogoh kocek mahal sama halnya dengan pantai-pantai lain di sekitarnya. Cukup dengan membayar biaya tiket masuk dan biaya parkir saja Anda sudah bisa menikmati setiap sudut keindahan yang ada.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000,-
Parkir MotorRp 10.000,-
Parkir MobilRp 10.000,-
Parkir BusRp 10.000,-

Biaya tambahan yang diperlukan berupa biaya keamanan Rp 10.000,00 per orang untuk keamanan jika ingin camping di sini. Berkemah di pantai ini menjadi salah satu kegiatan favorit para wisatawan. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan suasananya yang cukup tenang karena tidak terlalu padat. Sehingga para wisatawan pun dapat menikmati keindahan alam yang ada di pantai ini sepuasnya.

Akses jalannya cukup mudah namun Anda harus melewati jalan setapak yang belum beraspal sehingga sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Bagi Anda yang datang dari luar kota bisa memanfaatkan jasa sewa motor yang ada di Jogja. Pantai Watu Kodok terkenal sebagai pantai yang sangat bersih sehingga jangan sampai Anda mengotori pantai ini dengan membuang sampah sembarangan. Sebagai wisatawan yang bijak, tentu harus menjadi kesadaran bersama untuk ikut menjaga keasrian alam yang ada di Pantai Watu Kodok ini.