Gunungkidul memiliki beberapa pantai yang namanya sudah sangat dikenal, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Siung dan Pantai Baron. Namun beberapa tahun terakhir ini mulai banyak bermunculan pantai-pantai baru. Salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung Gunungkidul, sebuah pantai unik dengan ciri khas berupa dua batu (watu) besar yang menjulang tinggi.

Lokasi pantai Gunung Kidul satu ini memang belum banyak diketahui wisatawan. Lantas apa yang membuatnya menarik untuk dikunjungi?

Keindahan Tersembunyi dari Pantai Watu Lumbung

Pantai ini lebih familiar di kalangan orang-orang yang hobi memancing di laut. Sebab letak Watu Lumbung memang tersembunyi di antara dua pantai Gunung Kidul lainnya yaitu Wediombo dan Gunung Batur. Namun setibanya di sana, Anda akan disambut dengan pemandangan yang jarang ditemui di pantai lain.

Jangan lewatkan pantai dengan pasir putih yang menakjubkan: Pantai Ngrenehan

Lingkungan di Pantai Watu Lumbung Gunung Kidul ini dipenuhi oleh batuan karang. Lalu di bagian tengahnya, terdapat dua buah batu berukuran besar yang bentuknya seperti lumbung. Anda juga bisa melihat pemandangan hijau nan indah dari perbukitan yang ada di sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan disambut oleh kera ekor panjang karena ini merupakan kawasan cagar alam.

Foto

Sejarah Pantai Watu Lumbung

Tidak banyak informasi tentang sejarah dibukanya Pantai Watu Lumbung, begitu pula kisah di balik pemberian namanya. Namun menurut beberapa sumber nama Watu Lumbung diadopsi karena adanya batu (watu) besar berbentuk seperti lumbung padi. Batu itu pula yang menjadi daya tarik utama dari pantai Gunung Kidul yang satu ini.

Batu-batu cadas yang menutupi permukaan pantai disebut-sebut berasal dari Gunung Batur. Sementara batu besar yang mirip dengan lumbung tersebut bukanlah batuan kapur. Melainkan batu yang berasal dari letusan gunung berapi jutaan tahun silam. Sebenarnya tempat ini sangat menarik, namun karena lokasinya agak masuk ke pedalaman, banyak wisatawan yang enggan berkunjung.

Lokasi

Fasilitas yang Tersedia di Tempat Wisata

Ada beberapa fasilitas yang tersedia bagi pengunjung di pantai ini. Berikut daftar fasilitas yang ada disini.

  • Tidak tersedia fasilitas umum seperti toilet, musala dan penjual makanan
  • Bebas memilih spot foto alam
  • Spot memancing
  • Jalan setapak untuk mengitari lingkungan pantai
  • Membeli lobster atau kepiting langsung dari nelayan
  • Akses jalan menuju pantai kurang begitu baik

Banyak orang yang belum tahu rute untuk menuju Pantai ini. Untuk itu Anda mungkin perlu menggunakan jasa sewa mobil Jogja dan memilih sopir yang paham rute menuju pantainya.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Tidak ada biaya tetek bengek selain tiket masuk Pantai Watu Lumbung dan parkir kendaraan. Itu lantaran di kawasan pantai memang belum dibangun fasilitas pendukung apapun. Jadi, tempat ini cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 5.000

Tempat wisata pantai Gunung Kidul yang satu ini masih sangat minim perhatian dari pemerintah. Bahkan untuk fasilitas seperti penginapan yang ada di dekat pantai pun masih belum tersedia karena lokasinya memang agak jauh dari keramaian. Meski pantainya masih sepi, Anda tetap wajib menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja murah terlengkap.

Berhubung fasilitasnya masih sangat minim, saat ke Pantai Watu Lumbung Gunungkidul sebaiknya bawa perbekalan. Sebab perjalanan dari tempat pembelian tiket hingga ke pantainya bisa dibilang cukup melelahkan. Bawalah air minum dan makanan secukupnya serta siapkan kondisi fisik yang prima. Maka liburan Anda pasti akan lebih menyenangkan.