Yogyakarta memang sudah banyak dikenal orang dengan keberadaan wisata yang beragam, baik wisata alam maupun buatan. Salah satu wisata alam yang bisa Anda nikmati saat berada di Kota Gudeg ini adalah wisata pantai. Selain ada Pantai Parangtritis, Pantai Ngrenehan juga menjadi pantai yang cukup terkenal.

Pantai dengan keunikan tersendiri dibanding pantai lain di mana memiliki pemandangan teluk yang dikelilingi oleh perbukitan kapur. Hal menarik yang lainnya mengenai pantai Ngrenehan Jogja sudah kami rangkum dalam paket wisata jogja dan akan dijelaskan di bawah ini.

Mengenal Pantai Ngrenehan

Pantai yang berada di sisi selatan ini memiliki ombak yang tenang. Di samping itu, terdapat juga pasir di bagian bibir pantai yang putih dan juga bersih. Ketika Anda berada di Pantai Ngrenehan Wonosari, Anda akan merasakan suasana yang nyaman dengan udara yang sejuk dan bersih. Dengan suasana dan pemandangan yang indah, Anda pun dapat bermain dan berfoto-foto.

Ikon wisata Jogja yang tidak mungkin dilewatkan: Candi Prambanan

Perlu diketahui bahwa selain menjadi tempat wisata, pantai terbaik di Jogja ini juga menjadi tempat kapal para nelayan. Begitu Anda sampai di lokasi wisata ini, Anda bisa melihat perahu nelayan yang berjejer. Para nelayan di sekitar pantai iniĀ  biasanya membolehkan ikan hasil tangkapannya dibeli oleh para wisatawan, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli ikan segar dari nelayan. Selain itu, Anda juga dapat menikmatinya langsung di warung-warung yang ada.

Foto

Lokasi Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Jogja berlokasi di Desa Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk kendaraan umum yang menuju ke lokasi wisata ini sendiri bisa dikatakan tidak ada. Oleh karena itu, Anda diharuskan membawa kendaraan pribadi. Namun bila Anda datang dari luar kota dan tidak memungkinkan membawa kendaraan sendiri, maka Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja.

Dengan menyewa kendaraan, resiko tersesat selama perjalanan menuju lokasi pun dapat diminimalisir. Terlebih lagi sekarang ini sudah tersedia aplikasi peta, salah satunya yaitu Google Map yang bisa Anda manfaatkan. Jalan menuju Pantai Ngrenehan pun akan semakin mudah. Perjalanannya sendiri memang cukup menantang karena berkelok dan juga naik turun, akan tetapi pemandangan pantainya tidak akan membuat Anda menyesal.

Fasilitas Yang Tersedia di Tempat Wisata

  1. Mushola
  2. Toilet umum
  3. Tempat parkir
  4. Warung makan
  5. Area camping
  6. Tempat Pelelangan Ikan

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, Anda tidak perlu khawatir akan merogoh kocek yanh banyak. Hal ini dikarenakan biaya untuk tiket masuk dan juga parkir kendaraan masih tergolong sangat murah jika dibandingkan dengan pantai yang lainnya. Berikut ini daftar harga untuk tiket masuk dan parkir kendaraan di Pantai Ngrenehan Gunung Kidul.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 3.000
Parkir Bus BesarRp 20.000
Parkir Bus SedangRp 15.000
Parkir MobilRp 5.000
Parkir Sepeda MotorRp 3.000

Salah satu pantai di sisi selatan Yogyakarta ini mungkin belum Anda kenal dengan lebih mendalam. Namun meskipun begitu keindahan dan keunikan pantai Ngrenehan Gunungkidul ini tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Terlebih lagi bagi Anda yang sedang lelah dengan rutinitas sehari-hari dan butuh liburan dengan sesuatu yang beda.

Wisata religi, masjid bawah tanah dengan arsitekstur unik: Sumur Gumuling Tamansari

Itulah beberapa hal menarik dari Pantai Ngrenehan yang semoga dapat menambah pengetahuan dan keinginan Anda untuk datang berkunjung ke pantai ini. Jangan lupa untuk mendatangi lokasi wisata ini bersama dengan teman ataupun keluarga dekat Anda agar liburan terasa semakin menyenangkan.