Eksotisme panorama Yogyakarta tak pernah lekang oleh waktu. Selalu saja ada hal baru yang ditawarkan kota gudeg ini. Salah satunya kawasan wisata alam yang memanjakan mata para pengunjung. Di bagian selatan Yogyakarta saja misalnya, ada Puncak Becici yang menyajikan keindahan alam dari atas ketinggian. Syahdunya pohon pinus yang menjulang tinggi.

Terletak di wilayah Bantul, wisata alam ini ternyata menyimpan sejuta pesona yang sayang untuk dilewatkan, terutama oleh para pengunjung dari luar kota.

Menikmati Keindahan Yogyakarta dari Puncak Becici

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah Puncak Becici sunrise. Pengunjung dapat melihat matahari terbit dan tenggelam tanpa terhalang bangunan. Anda bisa menaiki gardu pandang untuk menikmati semburat cahaya matahari. Di lokasi ini, Anda juga bisa melihat siluet Candi Prambanan serta garis pantai Parangritis. Pemandangan yang sangat cocok dinikmati bersama orang terkasih atau teman-teman terdekat.

Kawasan Puncak Becici ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Hanya saja kawasan tersebut termasuk zona RPH Mangunan. Mengingat lokasinya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Terpentin dari pohon pinus disini masih dipanen secara berkala. Pada waktu tertentu, Anda dapat melihat hasil terpentin dari pohon pinus disini.

Lihat tempat wisata lainnya: Jurang Tembelan

Foto

Sejarah Wisata Puncak Becici

Dulunya, Puncak Becici dijadikan tempat bertapa salah seorang putra dari pendiri Desa Muntuk. Lokasi tepatnya berada di bagian barat hutan pinus. Saat meninggal, ia meminta jenazahnya disemayamkan di tempat yang bersama. Dari sinilah nama Becici diambil, yakni dari gabungan kata suci dan berdiam diri (ambeg).

Catatan sejarah tersebut sayangnya tak banyak diketahui orang. Selama ini, kawasan di sekitar Kebun Buah Mangunan hanya dikenal sebagai objek wisata. Terlebih setelah kedatangan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Ditemani presiden Jokowi, Obama berkeliling di sekitar hutan pinus tersebut. Terlihat bebera kali, ia berswafoto dengan keluarga dan presiden Jokowi.

Meskipun jarak tempuh ke Puncak Becici terbilang cukup jauh dan tak tersedia transportasi, tapi Anda tak perlu khawatir. Kami menyediakan layanan sewa mobil Jogja yang siap mengantar Anda sampai tujuan. Performa kendaraan dijamin prima untuk memastikan liburan Anda tak terganggu.

Lokasi Tempat Wisata

Fasilitas Yang Tersedia

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang datang, pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas pendukung di Puncak Becici, seperti:

  1. Gardu pandang
  2. Hammock
  3. Camping ground
  4. Toilet
  5. Mushola
  6. Tempat istirahat pengunjung

Harga Tiket Masuk & Parkir Kendaraan

Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk untuk dapat menjelajahi hutan pinus ini. Selain biaya masuk, ada beberapa biaya tambahan yang dapat dicek di bawah ini.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Kawasan HutanRp 2.000
Tiket Masuk Panggung Sekolah HutanRp 2.500
Tiket Masuk Studia AlamRp 2.000
Tiket Masuk Jelajah AlamRp 10.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 5.000
Parkir BusRp 20.000
HammockRp 10.000
Camping GroundRp 15.000
Foto PreweddingRp 200.000
Video ClipRp 250.000
Film KomersialRp 1.000.000

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di kawasan Puncak Becici. Dengan biaya terjangkau, ada ragam aktivitas seru untuk dijajal. Kalau masih ingin menjelajahi kawasan Bantul, Anda bisa melipir sebentar ke Hutan Pinus Pengger. Sama-sama menyajikan keindahan hutan pinus, tetapi dari sudut kota yang berbeda. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket tour jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Nah, mulailah persiapkan itinerary perjalanan Anda ke Yogyakarta. Jangan lupa masukkan Puncak Becici ke dalam destinasi wisata Anda. Dijamin, liburan Anda bakalan lebih seru dan menyenangkan. Kapan lagi bisa melepas penat dari sela-sela kesibukan? Apalagi kalau bisa berlibur bersama keluarga atau orang terkasih.