Bagi Anda yang sedang berlibur atau bahkan sedang tinggal di Jogjakarta, ada banyak sekali wisata-wisata bernuansa alami yang dapat mempercantik feed di Instagram Anda. Tak hanya itu, wisata-wisata bernuansa alam ini juga terbukti dapat menghilangkan penat setelah berjibaku dengan pekerjaan selama sepekan. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda jadikan pelarian saat lelah adalah Taman Bunga Matahari Samas.

Meski awalnya ditujukan sebagai penahan angin, taman bunga matahari menjadi salah satu wisata alam Instagenic untuk para pecinta bunga di kawasan Kota Pelajar. Tempat wisata ini sudah kami rangkum dalam paket wisata jogja terlengkap.

Keindahan Taman Bunga Matahari Samas

Taman bunga di Jogjakarta yang satu ini, bertempat di kawasan Pantai Samas, Bantul. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini justru dikunjungi karena taman bunga mataharinya. Ketika ribuan bunga matahari ini bermekaran, maka ratusan pengunjung bak semut menemukan gula. Bahkan artis Ibu Kota seperti Adipati Dolken pun pernah mengabadikan moment di taman ini.

Selain tertata rapi, lahan dari Taman Bunga Matahari Samas ini juga sangat luas. Jadi Anda tak perlu khawatir tidak kebagain spot untuk berfoto. Karena sangat tertata dengan rapi, foto yang dihasilkan pun akan semakin sempurna, terlebih jika cuaca mendukung. Deburan ombak Pantai Samas juga menarik banget untuk dijadikan background foto terbaik. Nah, bagi Anda yang berminat untuk berkunjung kemari, bisa kok sewa mobil Jogja di agen persewaan mobil kami.

Foto

Sejarah Unik Taman Bunga Matahari Samas

Awalnya, para warga sekitar Pantai Samas merasa kesulitan menanam cabai, dikarenakan angin pantai yang sangat kencang menyebabkan cabai-cabai yang belum sempat tumbuh itu berguguran. Kemudian munculah ide untuk menanam bunga matahari di sekitaran pantai. Ide tersebut lalu di kembangkan dengan baik oleh warga sekitar hingga tumbuh menjadi taman bunga matahari Samas yang cantik di Bantul.

Ketika ditanam beberapa bulan sebelum terkenal, tanaman bunga matahari itu ternyata sudah memberikan efek yang sangat baik bagi para tumbuhan cabai. Karena dihadang oleh tanaman bunga cantik berwarna kulit tersebut, cabai-cabai jadi tidak berjatuhan lagi oleh kencangnya angin pantai. Kemudian, berbulan-bulan setelahnya munculah wisatawan yang berkunjung demi berburu spot fotogenic, yang bahkan saat ini jumlah pengunjung hingga ribuan.

Lokasi Tempat Wisata

Jl. Lintas Sel, Trukan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fasilitas yang Tersedia

Beberapa fasilitas telah tersedia di tempat wisata ini. Berikut fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan yang ada di Taman ini.

  1. Lahan parkir yang luas
  2. Kamar kecil
  3. Mushola
  4. Spot-spot foto yang gak ada duanya
  5. Akses menuju Pantai Samas

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Berikut harga tiket masuk ke Taman Bunga Matahari Samas.

  1. Harga tiket masuk : Rp. 5.000,-/orang
  2. Harga parkir motor : Rp. 3000,-
  3. Harga parkir mobil : Rp. 5000,-

Rute  menuju Taman ini tergolong mudah diakses dengan kendaraan roda empat. Bahkan jika ditempuh dengan roda dua pun juga tidak masalah. Selain bermain di taman bunga, Anda juga bisa mampir untuk melihat keindahan Pantai Samas.  Mengingat tempat ini begitu alami, Anda yang sedang berkunjung usahakan untuk selalu menjaga kelestarian dan tidak melakukan hal yang dapat merusak keindahan.

Kunjungi juga wisata telaga di puncak tertinggi Gunung Kidul: Embung Batara Sriten

Demikian ulasan mengenai wisata taman bunga hits di Jogjakarta yang dapat saya berikan. Semoga dapat menjadi referensi liburan Anda di akhri pekan ini. Ingat untuk mengajak seluruh anggota keluarga untuk liburan bersama terutama ke Taman Bunga Matahari Samas. Terimakasih sudah membaca artikel ini.