Wisata di sebelah utara Jogja memang berpusat di kawasan Kaliurang, terutama wisata alamnya. Di antara beberapa tujuan wisata alam di Kaliurang, yang terfavorit adalah Tlogo Putri Kaliurang. Objek wisata Jogja yang satu ini terletak di lereng selatan Gunung Merapi. Tempatnya sejuk dan dikelilingi pemandangan eksotis.

Disini Anda bisa melakukan banyak aktivitas bersama teman atau keluarga karena banyak wahana yang tersedia. Harga tiketnya dan biaya perjalanan menuju ke sana pun pun relatif terjangkau.

Tlogo Putri Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang tidak hanya menawarkan keindahan alam saja, tetapi fasilitas di dalamnya terbilang lengkap. Pusat daya tarik wisata Jogja ini adalah sebuah embung atau bendungan, yang sebenarnya dari segi ukuran tidak terlalu besar. Di embung tersebut wisatawan bisa menaiki wahana bebek air atau kano. Selain itu ada pula sejumlah wahana lain, termasuk tempat bermain khusus anak.

Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, sehingga Anda tidak akan terlalu lelah di perjalanan. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota untuk sampai di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kondisi jalan menuju lokasi wisata Jogja yang satu ini terpantau cukup baik.

Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata jogja murah terlengkap untuk mengisi hari libur anda bersama keluarga atau rombongan.

Sejarah dan Mitos Wisata Air Tlogo Putri

Tlogo atau telaga yang dimaksud di sini adalah sebuah bendungan air seperti yang dijelaskan tadi. Lantas dari mengapa dinamakan Tlogo Putri? Di tempat ini sebenarnya ada sebuah air terjun dan telaga. Konon kedua tempat tersebut sering digunakan mandi para bidadari kayangan. Jika seseorang menggunakan air dari situ untuk membasuh wajahnya, maka ia akan jadi awet muda.

Objek wisata instagrammable di Sleman: Bukit Teletubbies

Objek wisata Jogja ini sebenarnya sempat punya kolam renang yang cukup terkenal sejak tahun 80-an. Akan tetapi beberapa tahun lalu kolam renang itu sempat tidak lagi dikelola karena kurangnya peminat. Padahal bagunan kolam renang Tlogo Putri termasuk yang paling mencolok. Namun sepertinya pihak pengelola sudah menggantinya dengan wahana lain yang lebih menarik.

Lokasi Tempat Wisata

Untuk menuju lokasi tempat wisata ini, kami telah menyediakan jasa sewa mobil jogja murah dengan sopir atau lepas kunci.

Fasilitas yang Tersedia

Banyak sekali fasilitas yang telah tersedia di Tlogo Putri. Beragam fasilitas berikut ini tentunya akan membuat Anda semakin betah berlibur disini.

  • Wahana bianglala
  • Taman bermain anak
  • Panggung hiburan (khusus akhir pekan)
  • Wahana Bebek air
  • Wahana Kano
  • Trekking mengelilingi bukit
  • Trekking menuju air terjun Tlogo Muncar
  • Basecamp Lava Tour Merapi untuk pendaftaran
  • Warung-warung yang menjual kuliner khas
  • Toilet umum
  • Musala
  • Area parkir

Foto

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Berapa tiket masuk Tlogo Putri Kaliurang? Harganya sangat terjangkau. Anda bisa menyimak selengkapnya harga tiket masuk dan parkir di table berikut ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 6.000
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRp 10.000
Parkir BusRp 20.000

Wisata Jogja Tlogo Putri dibuka mulai pukul 07.00 pagi WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Jadi sebaiknya datang ke sini di siang hari agar bisa melakukan berbagai aktivitas sampai puas. Udara sejuk membuat wisatawan betah dan ingin berlama-lama di objek wisata ini. Kalau sedang beruntung, Anda juga bisa bertemu segerombolan monyet yang tinggal di hutan sekitar.

Kaliurang memang menyimpan sejuta potensi keindahan alam yang mungkin belum semuanya terekspos. Tlogo Putri Kaliurang hanya sebagian kecil yang kini telah menjadi salah satu tempat wisata Jogja terfavorit. Fasilitasnya cukup lengkap dan harga tiketnya juga tergolong murah. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan Jogja dan sekitarnya.