Obyek wisata di Yogyakarta terkenal ada banyak dan beragam, mulai dari wisata alam hingga obyek wisata buatan. Salah satu obyek wisata alam yang ada di sana adalah Bukit Teletubbies Sleman. Bagi Anda yang sedang berada di Yogyakarta dan ingin pergi berlibur, maka tempat wisata unik ini bisa menjadi pilihan.

Sebelum Anda memutuskan berkunjung, simaklah beberapa informasi yang berkaitan dengan bukit ini.

Sekilas tentang Bukit Teletubbies

Karena letaknya yang ada di atas bukit, maka Bukit Teletubbies Yogyakarta pun menyimpan beragam keindahan terutama panorama Kota Yogyakarta. Meskipun tidak begitu tinggi, bukit ini tetap memiliki keindahan tersendiri. Pemandangan rumah domes yang seolah seperti telur berjejer saat dilihat dari atas serta pemandahan sunset di sere hari apabila cuaca sedang cerah akan membuat Anda betah berada disini.

Selain itu, ada juga gardu pandang dan juga tulisan Bukit Teletubbies dengan ukuran raksasa di mana bisa dijadikan sebagai spot untuk selfie. Gubug atau gazebo untuk tempat berteduh atau hanya sekedar duduk beristirahat sembari menikmati angin yang sepoi-sepoi dari atas bukit. Di sana juga ada panggung kecil yang bisa digunakan untuk mengadakan acara ataupun pertunjukan seni. Tempat wisata ini sudah kami rangkum dalam paket wisata jogja agar waktu liburan Anda lebih efesien.

Asal Mula Nama Bukit Teletubbies

Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini termasuk wisata bukit atau ada di perbukitan. Namun ketika Anda tiba di sana, Anda tidak akan mendapati gundukan bukit hijau seperti yang ada di serial Teletubbies. Di sana Anda akan melihat gardu pandang yang letaknya ada di timur atau di atas daerah wisata rumah teletubbies atau rumah domes.

Rumah domes ini memiliki bentuk setengah bulat yang mirip dengan rumah yang ada di serial Teletubbies. Oleh karena itu, bukit yang ada di atas rumah domes ini dinamakan dengan Bukit Teletubbies. Pada awalnya, bukit ini hanya berupa ladang yang dipenuhi dengan beragam tumbuhan palawija milik penduduk setempat. Tumbuhan ini sendiri sengaja ditanam untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Kemudian pengelola Rumah Domes melihat adanya peluang untuk menjadikannya tempat wisata dan terbentuklah Bukit Teletubbies. Pada awal dibukanya, di tempat wisata ini hanya terdapat gazebo yang sederhana serta beberapa bangku yang digunakan untuk tempat duduk. Namun untuk saat ini sudah tersedia menara pandang atau gardu pandang serta taman dan gazebo yang semakin menarik para wisatawan untuk datang ke lokasi ini.

Lihat juga tempat wisata di jogja lainnya: Pantai Sundak

Lokasi Bukit Teletubbies


Bukit Teletubbies Jogja berlokasi di Desa Sumberharjo, Kecamatan  Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini memang cukup jauh lokasinya jika ditempuh dari pusat kota Jogja.

Letaknya sendiri berada di sisi timur kota Yogyakarta dan tidak jauh dari Candi Ijo, rumah domes, serta Tebung Breksi. Oleh karena itu, setelah dari Bukit Teletubbies  Anda bisa melanjutkan perjalanan ke obyek wisata lain yang letaknya cukup berdekatan ini.

Anda bisa menggunakan sewa mobil di Jogja supaya lebih mudah. Sudah dilengkapi dengan supir yang siap mengantar Anda bersama keluarga kemana pun. Anda juga bisa memilih lepas kunci, jika ingin mengendarai sendiri tanpa menggunakan supir.

Fasilitas yang Tersedia

  1. Tempat parkir
  2. Mushola
  3. Toilet
  4. Gazebo
  5. Gardu pandang
  6. Spot foto

Harga Tiket dan Parkir Kendaraan

Sebelum masuk ke wisata ini, Anda tentu perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. Biayanya sendiri biasanya terdiri dari tiket masuk dan juga biaya untuk parkir kendaraan apabila Anda membawa kendaraan sendiri. Harga tiketnya sendiri bisa dikatakan masih sangat terjangkau. Berikut ini daftar harga untuk tiket masuk Bukit Teletubbies dan parkir kendaraan.

KeteranganHarga
Tiket MasukSeikhlasnya
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke obyek wisata ini dengan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya Anda membawa sepeda motor. Hal ini dikarenakan kondisi jalannya cukup sempit dan menanjak sehingga akan menyusahkan apabila Anda menggunakan mobil. Apalagi jika Anda berpapasan dengan mobil lainnya dari arah berlawanan, maka justru akan membahayakan.

Demikian tadi beberapa hal yang berkaitan dengan obyek wisata Bukit Teletubbies Yogyakarta yang mungkin perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda dapat mengunjungi Bukit ini tanpa rasa ragu dan bisa bersenang-senang selama di sana terlebih jika bersama dengan keluarga dan kerabat dekat.