Jogjakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki wisata alam yang beragam. Salah satu wisata baru di kawasan ini yang sangat terkenal yaitu Watu Goyang Mangunan. Wisata ini terletak di Kabupaten Bantul, Jogjakarta.

Wisata Jogja ini berada tepat di atas Bukit Mangunan yang memiliki pesona alam luar biasa indah. Tak hanya itu, wisata ini juga memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Daya Tarik Watu Goyang Mangunan

Watu Goyang Mangunan ini memiliki banyak tempat foto berbentuk gardu pandang yang menarik dan instagramable. Beberapa gardu pandang tersebut didesain secara unik, misalnya berbentuk helikopter atau dikelilingi dengan bunga-bunga. Tempat ini juga sangat cocok untuk melihat sunset dan sunrise yang memukau dengan berlatar belakang panorama alam yang indah.

Watu Goyang Jogja ini memang dikanal memiliki batu yang unik. Namun, jangan sekali-kali Anda naik ke atas batu tersebut hanya untuk mencari spot yang keren. Hal ini dikarenakan sangat berbahaya dan dapat merenggut nyawa Anda. Meski hanya berada di sekitar batu goyang saja, namun Anda juga dapat memandang panorama alam yang istimewa. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket liburan ke jogja terlengkap dengan harga terjangkau.

Saat Anda berada di tempat ini, Anda juga dapat memandang ke arah empat mata angin sekaligus yaitu selatan, barat, utara, dan berat daya. Akses menuju Watu Goyang Mangunan dapat ditempuh dengan menggunakan sewa bus jika berangkat secara rombongan. Untuk menyewa bus, Anda dapat menggunakan jasa sewa bus SHD milik kami yang ada di Jogja.

Foto

Sejarah Watu Goyang Mangunan

Nama wisata ini diambil karena di puncak tempat ini dulunya ada sebuah batu yang dapat bergoyang jika disentuh atau didorong. Konon, batu tersebut sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan merupakan tapak tilas dari Sultan Agung. Saat itu, Sultan Agung hendak pergi ke Mekkah dan menemukan tanah yang berbau wangi.

Akhirnya, Sultan Agung pun menelusuri letak tanah tersebut dengan dipandu oleh burung Merak. Setelah perjalanan panjang, burung itupun hinggap di sebuah batu dan kemudian terbang kembali. Saat burung itu terbang, batu tersebut goyang, sehingga sejak saat itu batu tersebut diberi nama watu goyang Mangunan.

Lokasi Tempat Wisata

Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa sewa mobil di jogja dengan sopir atau lepas kunci jika ingin lebih leluasa.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun Watu Goyang Jogja ini termasuk wisata yang baru, namun fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas berikut ini.

  1. Toilet umum
  2. Musala
  3. Area parkir yang luas
  4. Warung
  5. Gazebo

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Harga tiket masuk Watu Goyang Imogiri adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Meskipun demikian, Anda tetap wajib membayar biaya parkir kendaraan atau biaya-biaya lainnya. rincian masing-masing biaya tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut.

KeteranganHarga
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp 3.000
Parkir MobilRp 7.000
Parkir MinibusRp 15.000
Parkir BusRp 20.000
Bunga BesarRp 20.000
Bunga KecilRp 10.000
FotoRp 2.500 per lembar

Wisata Watu Goyang Jogja ini sangat cocok bagi Anda yang senang berfoto atau sedang mancari spot foto yang keren. Meskipun biaya tempat ini gratis, namun keindahan alam yang disuguhkan tempat ini sungguh memukau dan tidak akan mengecewakan. Tak hanya itu, pengunjung juga akan betah di tempat ini dengan menikmati berbagai fasilitasnya.

Jangan lewatkan wisata unik lainnya: Watu Payung Jogja

Demikian beberapa uraian mengenai wisata Watu Goyang Mangunan Bantul. Jika Anda berlibur ke tempat ini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen. Ajak juga keluarga dan sahabat untuk datang kesini. Selain itu, jagalah selalu kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.