Tak perlu bingung lagi untuk mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak agar tetap bisa memberikan edukasi meskipun sedang liburan. Agrowisata Bhumi Merapi bisa menjadi alternatif wisata yang tepat untuk tempat liburan bersama anak-anak maupun keluarga. Tempat wisata yang mengusung konsep wisata alam dan edukasi ini sudah dibangun sejak 20 Desember 2015.

Agrowisata Bhumi Merapi selalu ramai akan pengunjung terutama anak-anak dan orang tua yang ingin mengedukasi anak-anaknya dengan cara yang fun.

Sekilas Tentang Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi memang tergolong masih sangat baru namun sudah cukup banyak diminati oleh para wisatawan khususnya para orang tua dan anak-anak. Tempat wisata ini memang menarik untuk mengajak anak liburan sambil belajar banyak hal agar lebih dekat dengan alam. Berbagai media dan fasilitas yang tersedia di sini sangat mendukung konsep edukasi yang diusung tempat wisata ini.

Berbagai informasi yang menarik dan bermanfaat akan Anda dapatkan di sini sambil menikmati sejuknya udara di dataran tinggi lereng Gunung Merapi. Seperti arena outbound, arena satwa, arena tanaman, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau usaha pun bisa datang ke sini untuk mendapatkan jasa pelatihan dan pendampingan selama menjalankan bisnis di bidang yang ada di tempat wisata ini.

Foto

Aktivitas Seru di Agrowisata Bhumi Merapi

Banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selama berada di kawasan wisata Bhumi Merapi, seperti berikut ini:

  1. Mengunjungi kandang budidaya kambing PE yang merupakan persilangan antara kambing Benggolo (Jawa) dengan kambing Etawa (India). Kandang-kandang di sini pun memiliki nama-nama yang cukup unik seperti Kandang Kyai Nogotirto untuk kandang kambing pejantan, Kandang Nyai Nanggulan untuk kandang induk betina, dan Kandang Nyai Naroto untuk kandang melahirkan.
  2. Bermain di Taman Umbaran Kelinci yang memiliki beraneka ragam jenis kelinci yang lucu-lucu khususnya kelinci hias dengan bulu yang menarik.
  3. Mengunjungi kandang musing dan memberi makan musang-musang yang sudah jinak secara langsung berupa daging atau tumbuhan.
  4. Mengunjungi Goa Panggolo yang sudah berusia 200 tahun dengan panjang 350 meter dan dibuat oleh Kyai dan Nyai Panggolo ketika masa Perang Diponegoro. Untuk memasuki goa ini pengunjung harus bersama rombongan minimal 15 orang dengan tinggi badan di atas 150 cm karena air yang masuk ke dalam goa cukup tinggi.
  5. Mengunjungi taman reptilia yang menyuguhkan berbagai jenis reptil seperti ular maupun kura-kura.
  6. Berkunjung ke taman hidroponik yang menghadirkan berbagai jenis sayuran hidroponik dalam pot paralon yang bisa dibeli langsung. Uniknya, tanaman di taman ini menggunakan air seni kelinci sebagai pupuknya.

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi

Jika Anda ingin menuju lokasi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil di jogja terpercaya bisa lepas kunci atau dengan sopir.

Fasilitas yang Tersedia Agrowisata Bhumi Merapi

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di Agrowisata Bhumi Merapi ini sudah cukup lengkap dan memadai seperti berikut:

  • Olahan dari kambing seperti susu murni, pupuk organik, dan biogas
  • Kafetaria yang menjual berbagai makanan dan minuman
  • Spot foto menarik seperti Rumah Hobbit 1 dan 2, ikon berbentuk batang pohon
  • Area menunggang kuda
  • Joglo
  • Kantin atau warung makan
  • Paket pelatihan dan pendampingan wisata
  • Persewaan tenda mobil
  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Arena outbound

Tiket Masuk dan Biaya Lainnya

Berikut ini budget yang harus Anda siapkan jika ingin berlibur ke Agrowisata Bhumi Merapi berikut fasilitas-fasilitas yang tersedia:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 20.000,-
Naik Kuda PonoRp 10.000,-
Naik Kuda BesarRp 20.000,-
Sewa Tenda MobilRp 650.000,- (termasuk makan, bbq party dll)
Tiket MasukRp 150.000,- per mobil

Wisata bukit hijau yang indah di Jogja: Green Village Gedangsari

Biaya tambahan lainnya hanya diperlukan jika ingin memberi susu kepada kambing dengan harga satu dot susu Rp 2.500,00, memberi makan seikat rumput atau daun-daunan lain yang dihargai Rp 2.000,00. Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.30 WIB hingga 17.00 dan buka setiap hari. Pemandangan yang indah dengan berbagai tanaman dan pepohonan dengan suasana yang tenang dan asri menambah daya tarik wisata di Agrowisata Bhumi Merapi ini.

Udaranya yang dingin dan sejuk karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat Anda akan betah berlama-lama di sini. Selain nyaman dan pemandangan alamnya indah, tempat ini bisa menjadi solusi bagi Anda para orang tua yang ingin mengajak anak liburan dengan konsep edukasi. Sangat disarankan untuk mengambil paket wisata jogja jika ingin berlibur ke Agrowisata Bhumi Merapi agar bisa menikmati semua keindahan dan fasilitas yang ada.