Kulon Progo menyimpan banyak keindahan alam yang mempesona. Pemerintah setempat agaknya memanfaatkan dengan baik potensi wisata di daerah ini hingga hampir setiap hari ada saja wisata alam terbaru di kawasan ini. Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas wisata baru di Kulon Progo, wisata alam Air Terjun Kembang Soka.

Meski tergolong wisata newbie, pamor Curug Kembang Soka gak kalah saing dengan wisata lainnya kok. Buktinya banyak wisatawan yang sering “ngadem” dari hiruk pikuk kota dengan mengunjungi wisata ini.

Hal Menarik di Air Terjun Kembang Soka

Berada di kaki Bukit Menoreh, Air Terjun Kembang Soka menawarkan keindahan alam khas daerah Kulon Progo. Letaknya sangat strategis, dan dapat di tempuh dari berbagai arah. Kondisi alamnya juga masih asri, airnya jernih dan sejuk. Cocok untuk menghilangkan penat dari tekanan pekejaan.

Wisata wajib untuk pecinta rafting di Jogja : Goa Kalisuci Gunung Kidul

Setelah sampai di lokasi Anda diharuskan untuk berjalan kaki sejauh 200km hingga bertemu kolam pertama. Lalu turun ke lembah dan berjalan melewati jembatan dimana kamu akan melihat air terjun pertama di depan jembatan. Masih terus berjalan kaki, hingga Anda mendapati sebuah air terjun besar yang di bawahnya terdapat kolam yang besar pula, dan itulah Air Terjun Kembang Soka yang kamu cari.

Foto

Sejarah Air Terjun Kembang Soka

Penamaan air terjun ini berasal dari nama sebuah pohon soka yang tumbuh di sekitaran Curug tersebut. Kawasan ini kemudian di kelola dengan baik oleh warga sekitar hingga menjadi lebih tertata seperti sekarang ini. Meskipun sudah banyak mengalami perbaikan, namun konsep alam sengaja masih dipertahankan.

Biasanya, pengunjung yang datang langsung menceburkan diri ke kolam atau sekedar main-main di pinggiran kolam. Kolam renang alami di kawasan ini juga memiliki kedalaman yang berbeda sehingga cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Kabarnya air terjun di Jogja ini juga menjadi lokasi favorit wisatawan asing loh.

Alamat Tempat Wisata

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas umum yang tersedia di lokasi bisa dibilang sudah cukup memadai. Sehingga hal ini menambah kenyamanan bagi para wisatawan atau pengunjung. Berikut ini fasilitas yang tersedia di Curug Kembang Soka.

  1. Tempat parkir luas
  2. Warung makan
  3. Mushola
  4. Toilet umum

Nah, untuk Anda yang ingin berkunjung berasama keluarga inti, percayakan kebutuhan sewa mobil ukuran kecil dengan melakukan rental mobil jogja kepada agen kami.

Harga tiket masuk dan parkir kendaraan

Biaya tiket masuk ke lokasi wisata ini sangat terjangkau. Pastinya tidak akan memberatkan Anda sebagai wisatawan. Berikut daftar harga masuk dan harga parkir kendaraan di Air Terjun Kembang Soka.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 6.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Parkir BusRp 10.000,-

Harga tiket masuk di atas dapat berubah sesuai dengan ketentuan dari pengelola.

Curug ini menjadi salah satu air terjun tersembunyi di Kulon Progo. Bak surga kecil, kawasan wisata ini terus diperbaiki akan dapat bersaing dengan tempat wisata di daerah lain. Kian hari akses menuju kawasan ini mulau rutin diperbaharui. Ada banyak penjaja makanan dan saung-saung sederhana yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat. Tempat wisata ini telah kami rangkum dalam paket wisata murah ke Yogyakarta.

Demikian ulasan mengenai wisata air terjun Kembang Soka yang dapat saya bagikan. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang sedang kamu kunjungi agar tetap terawat ya. Satu lagi, jangan lupa untuk mengdeepankan keamanan dan keselematan diri sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.