Seakan-akan tidak ada habisnya objek wisata di Jogja dan sekitarnya. Selalu ada saja yang baru dan bisa diandalkan untuk menghibur diri sendiri bersama orang-orang tercinta. Goa Kalisuci adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak hanya bisa menikmati keindahan alam, anda pun bisa menyusuri sungai (rafting) dan gua (cave tubing).

Menikmati alam sambil menyusuri sungai dapat membuat anda menghilangkan kepenatan karena aktivitas harian. Nah, bila ingin melakukannya, simak ulasan di bawah ini!

Objek Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul

Perlu anda ketahui bahwa kawasan goa kalisuci adalah destinasi wisata susur goa pertama di Indonesia. Kawasan ini sebenarnya sudah ada sebelum goa pindul terkenal. Pesona keindahan dan keseruannya bisa dibilang hampir sama dengan yang ditawarkan oleh goa pindul. Dimana kedua objek wisata ini masih berada dalam satu wilayah kabupaten gunung kidul.

Ketika berkunjung ke goa kalisuci, anda akan menemukan berbagai keindahan, keunikan serta fenomena alam. Disana anda akan menyaksikan pemandangan menakjubkan yakni goa dan bukit karst dialiri air sungai bawah tanah. Uniknya, aliran air sungai itu menyusuri goa-goa serta area perbukitan membentuk sistem kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain.

Foto

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Hanya dengan tahu bagaimana alamnya, tentu anda sudah membayangkan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disana. Jika berkunjung ke objek wisata goa kalisuci, hal pertama yang dilakukan adalah menikmati alamnya. Menghirup udara segar khas sungai dan area perbukitan. Lalu, menyaksikan alam nan hijau dengan pepohonan yang tumbuh alami.

Jangan lewatkan wisata negeri di atas awan: Gunung Ireng

Aktivitas utama yang tidak boleh anda lewatkan adalah rafting beserta cave tubing. Untuk kegiatan susur sungai dan susur goa ini pihak pengelola goa kalisuci menyediakan peralatan khusus. Adapun peralatan yang disediakan yakni perahu karet khusus rafting, helm pengaman, tali serta jaket pelampung. Goa ini memiliki kedalaman 2-3 meter dengan langit-langit yang cukup tinggi.

Saat di lokasi basecamp pengelola, anda butuh tenaga lebih untuk menuruni tangga tebing bebatuan yang curam dan terjal. Hati-hati saat menuruni tangga karena cukup licin, memungkinkan anda tergelincir. Meskipun begitu, kegiatan menyusuri tangga tersebut memiliki keseruan dan keasyikan tersendiri, terutama saat sampai di pintu goa kalisuci. Perjalanan menuju pintu gua ini membutuhkan waktu selama 10 menit.

Petualangan Seru Saat Rafting di Goa Kalisuci

Dalam menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung yang ikut rafting, maka selama kegiatan tersebut berlangsung ditemani oleh pemandu. Pemandu ini sudah ahli dalam rafting. Bagi pemula rafting pun tak perlu takut karena aliran sungai bawah tanah ini cukup tenang. Sebelum rafting dan cave tubing dimulai, anda akan diberi pengarahan serta penjelasan oleh pemandu.

Setelah itu, anda akan diberi waktu mengenakan perlengkapan rafting. Selanjutnya petualangan seru dan menyenangkan dimulai. Hanyut dengan perahu karet bersama orang-orang tercinta mengikuti arus air menyusuri sungai bawah tanah. Selesai menyusuri sungai bawa tanah, anda akan menyusuri goa kalisuci. Lalu, menuju Luweng Senglat – Luweng Geleng dan berakhir di Goa Mburi Omah.

Waktu tempuh untuk penyusuran tersebut sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 500 meter. Pemandu akan menjelaskan banyak hal tentang seperti pembentukan goa, potensi goa hingga mengarahkan perjalanan sampai ke titik terakhir. Jadi, tak hanya berwisata, melainkan pula berpetualang dan belajar banyak hal tentang alam. Destinasi wisata ini kami rangkum dalam paket wisata ke jogja 2 hari.

Suasana Goa Kalisuci

Ketika anda memasuki goa akan merasakan kegelapan karena tidak ada penerangan. Memang sengaja tidak diberikan penerangan oleh pengelola, demi terjaganya kelestarian ekosistem di dalam goa. Walaupun gelap, anda tetap dapat menikmati keindahan pemandangan serta suasana alami goa.

Nantinya akan melihat relief stalaktit dan stalakmit yang menghiasi keindahan goa kalisuci yang berpadu dengan gemericik aliran sungai jernih. Sungguh kegiatan yang dapat memberikan pengalaman seru, menantang dan memberikan kebahagiaan tersendiri. Dapat mengikuti aktivitas ini pun membuat anda belajar sejarah kalisuci gunung kidul.

Lokasi Goa Kalisuci Jogja

Letak goa kalisuci di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta 55893. Kalau dari pusat kota Wonosari berjarak sekitar 12 km. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta bisa melalui Jalan Nasional III dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit atau melalui Jl. Imogiri – Dlingo dengan waktu tempuh 1 jam 29 menit.  Jam buka kawasan wisata Goa Kalisuci 08.00 – 16.00 WIB. Jika Anda ingin kesana, anda dapat sewa mobil avanza di jogja atau jika pergi dengan rombongan lebih dari 10 orang, Anda rapat rental mobil hiace jogja.

Fasilitas Goa Kalisuci Gunung Kidul

Sejak dinobatkan sebagai objek wisata di Gunung Kidul, kawasan goa kalisuci dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Berikut fasilitas yang ada disana :

  • Area parkir
  • Toilet umum
  • Basecamp
  • Ruang ganti
  • Warung-warung sederhana
  • Pemandu wisata
  • Perlengkapan cave tubing (perahu karet, ban, jaket pelampung dan helm)

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Berikut harga tiket masuk sampai harga cave tubing kali suci 2019:

KeteranganHarga
Parkir KendaraanRp 5.000,-
Cave Tubing Kali SuciRp 75.000,-

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Berlibur ke tempat wisata alam goa kelinci ini cukup hemat. Padahal kalau dihitung dengan apa yang didapatkan oleh pikiran dan batin, tidak akan ada biaya yang setara. Menikmati alam, mendengarkan bunyi alami gemericik air mampu memberikan ketenangan dalam pikiran.

Wisata romantis di Jogja: Embung Nglanggeran

Jangan lupa bawa kamera anda untuk mengabadikan semua kegiatan selama disana. Ajak teman-teman, anggota keluarga, pasangan atau rekan kerja untuk turut serta menyaksikan pemandangan alam memukau di Yogyakarta ini. Ada banyak objek wisata di Gunung Kidul lain yang dapat anda kunjungi juga seperti goa pindul. Mungkin anda akan menemukan banyak perbedaan antara cave tubing goa kalisuci vs cave tubing goa pindul.