Tidak hanya terkenal dengan eksotisme wisata pantainya, Gunungkidul juga terkenal memiliki kekayaan wisata alam lainnya berupa air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Gedad yang baru-baru ini menjadi primadona baru di Gunungkidul. Eksotisme pemandangan yang ada dan udaranya yang sejuk dengan pemandangan yang masih sangat alami membuat banyak orang penasaran dan ingin berkunjung ke sini.

Spot-spot yang menarik untuk berfoto pun sengaja dibuat untuk menarik lebih banyak pengunjung terutama bagi para wisatawan generasi milenial.

Sekilas Tentang Air Terjun Air Terjun LEPO Dlingo

Air terjun Lepo Dlingo ini berada di tengah perkampungan penduduk dan memiliki keunikan tersendiri berupa tiga aliran air dari atas tebing. Selain itu, terdapat pula kubangan air yang berjumlah empat kolam dengan airnya yang sangat jernih. Pemandangan hijau sekitar dengan air sungai yang jernih pun menghadirkan panorama yang mempesona yang akan membuat takjub siapapun yang datang ke sini.

Kunjungi juga wisata candi yang sempat tenggelam: Candi Sambisari

Konon katanya, keindahan air terjun di sini bisa disandingkan dengan Erawan Falls di Thailand. Meskipun ketinggian air terjun ini tidak seberapa, namun aliran airnya cukup deras dan hampir tidak pernah kering. Tak salah jika nama yang diberikan adalah Lepo yang merupakan singkatan Ledok Pokoh atau lembah di Dusun Pokoh. Air terjun ini pun seperti menjadi oase yang bagi penduduk setempat.

Hal Menarik di Air Terjun LEPO Dlingo

Air Terjun Lepo memiliki 3 air terjun dengan ciri khas masing-masing yang cukup berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri. Air terjun pertama yang ada di kawasan ini berada di samping tempat penarikan sumbangan dengan ketinggian yang cukup rendah yaitu kurang dari 1 meter. Sedangkan air terjun yang kedua berada di bagian bawah air terjun pertama dan terlihat lebih tinggi dengan ketinggian sekitar 10 meter.  Air terjun ketiga pun tidak kalah menarik dan memiliki ketinggian serta bentuk jatuhan air yang hampir sama dengan air terjun kedua.

Terdapat batuan pada dinding sekitar air terjun yang berbentuk persegi panjang dan tampak tersusun rata. Selain itu, terdapat 3 kolam alami yang dipagari dinding batu kapur alami yang begitu artistik di bawah air terjun Lepo Yogyakarta tersebut dengan kedalaman yang berbeda-beda, di antaranya adalah:

  • Kolam pertama dengan kedalaman kurang dari 2 meter dan biasanya digunakan oleh orang dewasa untuk berenang.
  • Kolam kedua dengan kedalaman sebatas pinggang orang dewasa.
  • Kolam ketiga dengan kedalaman yang paling dangkal karena tertutup endapan kapur.

Lokasi

Untuk menuju lokasi wisata alam air terjun LEPO Dlingo ini, Anda bisa sewa mobil murah lepas kunci di jogja atau dengan sopir.

Fasilitas

Meskipun terbilang masih baru, tempat wisata ini sudah didukung fasilitas yang cukup memadai untuk mengakomodir kebutuhan para wisatawan yang datang, di antaranya:

  • Warung yang menjual makanan dan minuman
  • Aula besar yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan acara
  • Penyewaan pelampung
  • Penyewaan tikar
  • Toilet dan ruang ganti
  • Mushola
  • Area parkir

Tarif dan Biaya Tiket Masuk

Untuk menikmati segala keindahan dan fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini budget yang harus Anda siapkan jika ingin menghabiskan liburan di sini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000,-
Parkir MotorRp 3.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Sewa PelampungRp 10.000,-
Sewa TikarRp 10.000,-

Melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari sambil bermain-main di air terjun ini bersama keluarga maupun teman tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Awasi anak-anak Anda dan waspada dengan batu yang licin ketika bermain di batuan maupun kolam alami yang ada. Bermain dan berenang di kolam alami yang ada sambil merasakan pijatan alami dari air terjun yang mengalir derasa bisa menjadi aktivitas pilihan untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Anda bisa menjadikan tempat wisata ini sebagai pilihan paket wisata jogja bersama tempat-tempat wisata lainnya yang berada di kawasan Mangunan. Kondisi alam di Air Terjun Lepo Dlingo ini masih sangat asri sehingga menjadi tanggung jawab bersama untuk tetap menjaga kelestarian alamnya. Salah satunya dengan cara tidak mengotori dan tidak membuang sampah sembarangan di Air Terjun Lepo.